10 Tips Merintis Usaha Online untuk Pemula

2 min read

Usaha online sekarang ini menjadi salah satu jenis usaha yang paling banyak dipilih karena mudah untuk dilakukan. Supaya semakin mudah dan cepat sukses, ada baiknya untuk melihat tips merintis usaha online yang akan dibagikan di sini.

10 Tips Merintis Usaha Online Supaya Usaha Berkembang 100% Berhasil

Tentunya semua tips ini kalau diikuti dengan baik, dan dijalankan perlahan dapat membuat usaha menjadi lebih besar dan berkembang sesuai dengan harapan.  

1. Membuat Rencana

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat bisnis online ini adalah merencanakan usaha yang ingin dilakukan. Tentukan usaha apa yang ingin dibuat, pastikan untuk merencanakan dengan baik dan benar, dan lakukan perencenaan dengan teliti. 

Pada saat ingin menentukan produk ataupun jasa yang ingin dijual, pengusaha dapat terlebih dahulu melihat daftar bisnis online yang memiliki mangsa pasar luas. Dengan begini, tidak akan sulit untuk menentukan calon konsumen dan target pasar yang diinginkan. 

2. Perhatikan Produk

Selanjutnya apabila sudah ditemukan, maka wajib untuk memperhatikan kualitas produk ataupun jasa yang ditawarkan. Karena salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh pembeli dengan teliti adalah kualitas dari produk dan jasa yang dijual. 

TRENDING:  7 Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing untuk Menjalankan Bisnis

Di sini perencanaan matang sangat diperlukan, dari mulai pengemasan sampai pengiriman harus diperhatikan dengan baik. Sesuaikan dengan jasa ataupun produk yang ingin dijual, supaya ketika tiba tidak membuat pelanggan kecewa sama sekali. 

3. Menentukan Platform Penjualan Bisnis Online Shop

Sekarang ini calon pengusaha semakin mudah dalam membuat usaha online, karena sudah ada cara mudah usaha online yang hanya memanfaatkan platform dan marketplace yang sudah ada. Tidak perlu membuat website ataupun blog, cukup memanfaatkan yang sudah ada.

Untuk platform ini, pengusaha dapat memilih salah satu yang menurutnya paling menguntungkan dan mudah dioperasikan. Namun tidak ada salahnya juga untuk menggunakan semua platform tersebut, asalkan mampu mengoperasikannya sekaligus. 

4. Foto Produk dengan Menarik 

Apapun yang ditawarkan, baik itu produk ataupun jasa pastikan untuk menggunakan visualisasi yang menarik. Misalnya untuk jasa penulisan, pastikan untuk membuat penawaran dengan visualisasi yang relevan dan tetap menarik minat pelanggan.

Apabila berkaitan dengan produk, maka dapat memajang foto produk tersebut dan pastikan untuk membuatnya semenarik mungkin. Namun hindari berbohong, supaya pelanggan tidak kecewa dan tetap menjadi pelanggan setia. 

5. Memperhatikan Kualitas Produk

Tips merintis usaha online selanjutnya adalah memperhatikan kualitas yang ditawarkan, baik itu produk maupun jasa. Pastikan hanya yang terbaik yang ditawarkan ke pelanggan, jangan sampai pelanggan mendapatkan keduanya dengan kualitas buruk yang tentunya dapat membuat kecewa. 

TRENDING:  Cara Mencairkan Uang di Dana Lewat Alfamart dengan Cepat

Karena itu double atau bahkan tiga kali pengecekan sangat penting untuk dilakukan sebelum barang benar-benar dikirim ke pelanggan. Apabila pelanggan mendapatkannya dengan kualitas terbaik, tentu membuatnya senang dan betah untuk berbelanja kembali. 

6. Mengetahui Calon Konsumen

Cara menjadi online shop sukses sebenarnya tidaklah sulit, asalkan mengetahui bagaimana dasar yang baik dalam menjalankan usahanya. Salah satu yang menjadi dasar penting dalam menjalankan sebuah usaha adalah mengetahui calon konsumen atau targetnya. 

Konsumen merupakan individu yang paling berpengaruh terhadap income suatu perusahaan karena itu wajib diperhatikan dengan baik. Ketahui bagaimana sifat dan karakter yang dimiliki oleh konsumen, dengan begitu tidak akan sulit dalam menentukan rencana ke depannya.    

7. Membuat Nama Bisnis Menarik

Hal yang dapat menarik perhatian konsumen dengan mudah adalah nama perusahaan yang mudah diingat, dan tentunya catchy. Dengan nama bisnis yang menarik seperti itu, tentunya secara tidak langsung dapat membuat konsumen ikut tertarik. 

Jangan lupakan juga untuk membuat slogan yang menarik sebagai pelengkap dari nama bisnis tersebut. Gunakan slogan yang mudah untuk diingat, dan sesuai dengan produk. Dengan begitu pelanggan akan dengan cepat mengingat bisnis yang dimiliki. 

8. Melakukan Pemasaran dengan Efektif 

Selanjutnya yang menjadi tips merintis usaha online supaya sukses adalah melakukan pemasaran dengan baik, dan seefektif mungkin. Karena percuma saja kalau semuanya sudah baik, namun tidak dipasarkan sama sekali ke calon konsumen. 

TRENDING:  7 Resiko Usaha Rongsokan yang Perlu Diketahui oleh Pemula

Hal tersebut tidak akan membuat konsumen mengenal usaha apa yang dijalankan, dan produk ataupun jasa apa yang ditawarkan. Oleh karena itu pastikan untuk melakukan pemasaran dengan efektif, supaya produk ataupun jasa dapat dikenal.  

9. Memanfaatkan Sosial Media dengan Optimal 

Namanya usaha online, maka wajib untuk memanfaatkan media online dengan maksimal. Apalagi sekarang media online sudah sangat banyak penggunanya, jadi sangat mudah untuk mendapatkan calon konsumen baru, tanpa perlu repot melakukan pemasaran secara konvensional. 

Hal ini dapat menjaring lebih banyak konsumen, sekaligus menekan biaya pemasaran yang dilakukan. Karena pemasaran yang dilakukan jauh lebih luas, hanya modal yang dibutuhkan tidak sebesar pemasaran secara konvensional. 

10. Sabar dan Kerja Keras

Terakhir hal yang sangat penting dan wajib untuk dilakukan supaya usaha online dapat sukses adalah sabar dan kerja keras. Karena tidak ada usaha yang tidak memiliki tantangan, semuanya harus dicapai dengan kerja keras, sabar, dan ketekunan.

Oleh karenanya tips yang terakhir ini sangat efektif, dan harus dilakukan supaya nanti hasil dari usaha tersebut dapat menjadi maksimal. 

Itulah tadi beberapa tips merintis usaha online yang dapat membuat usaha menjadi lebih sukses. Pastikan untuk menjalankan usahanya ini dengan baik, satu-persatu supaya usaha ini dapat berjalan dengan optimal.