E-CommerceShopee

4 Manfaat Status Star Seller Shopee bagi Penjual

4 Manfaat Status Star Seller Shopee bagi Penjual
4 Manfaat Status Star Seller Shopee bagi Penjual

Menyandang status star seller Shopee pastinya memberikan pengaruh positif bagi toko online kamu. Star seller sendiri merupakan status khusus yang diberikan pada toko jika menunjukkan kinerja optimal dalam melayani setiap pembeli. Ini adalah bentuk apresiasi dari marketplace tersebut bagi seller yang bergabung di platform itu.

Tetapi agar memperoleh predikat ini juga perlu usaha agar dapat memenuhi ketentuan dan persyaratan dari Shopee. Misalnya memenuhi batas minimal penjualan dalam periode satu bulan yakni paling sedikit 100 unit. Ketentuan lainnya toko harus mendapat penilaian atau rating paling sedikit 4.5 bintang.

Tentunya penilaian dengan angka tinggi tidak bisa diperoleh jika toko tidak memberikan layanan yang baik. Selain itu intensitas penjual dalam merespon chat dari konsumen juga menjadi pertimbangan status penjual star. Kalau telah mendapat status star seller Shopee, kamu dapat memperoleh beberapa manfaat berikut ini.

Kredibilitas Toko Lebih Terjamin dan Dipercaya Pembeli

Kesuksesan seorang seller online tidak hanya ditentukan oleh kualitas produk semata. Lebih dari itu, salah satu faktor paling berpengaruh terhadap suksesnya bisnis yaitu kepercayaan masyarakat terhadap bisnis kamu. Sama halnya jika berjualan lewat Shopee, memperoleh kepercayaan tidak bisa dibilang mudah.

Terlebih lagi ini adalah transaksi jual beli online dimana konsumen tidak akan mau beli di suatu toko jika tidak percaya. Tetapi berkat predikat atau status star seller Shopee, kamu akan mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen. Karena pada dasarnya predikat tersebut memang hanya tersemat pada penjual yang terseleksi saja.

Jadi, kalau terdapat label penjual star, kamu semakin gampang menjangkau konsumen karena mereka yakin dengan penjual berbintang. Jika belum menyandang predikat itu, ada baiknya kamu meningkatkan performa toko. Misalnya dengan cara mempromosikan produk lebih sering dan tentunya tidak melanggar aturan agar tidak mendapat poin penalti.

Kesempatan Berpartisipasi di Promo Shopee

Keuntungan lain menjadi star seller Shopee adalah mendapatkan kesempatan lebih besar dalam program-program promo Shopee. Platform marketplace ini sering kali mengadakan promo menarik atau bahkan flash sale dimana penjual juga ikut terlibat dalam program tersebut. Salah satu privilege yang didapatkan penjual berbintang yaitu tergabung pada promo.

Pastinya ini merupakan peluang emas agar intensitas penjualan bertambah. Karena saat ada program promo pastinya akan lebih banyak konsumen mencari produk kebutuhan mereka. Penjual berstatus star yang diajak berpartisipasi oleh marketplace oranye tersebut bisa turut memasarkan produknya dengan harga terjangkau dan mendapatkan banyak transaksi pembelian.

Mendapat Exposure yang Lebih Luas

Coba perhatikan ketika membuka aplikasi Shopee lalu mencari sebuah produk. Berdasarkan pencarian tersebut, biasanya yang muncul di bagian teratas adalah produk dari toko berbintang. Sementara toko tanpa label star seller biasanya popularitasnya tidak lebih baik dibandingkan yang sudah menyandang predikat itu.

Manfaat jadi star seller Shopee berikutnya yaitu memperoleh exposure lebih banyak dan luas. Artinya, item barang yang kamu perdagangkan dapat berpeluang lebih sering terlihat pada halaman pencarian dengan kata kunci relevan. Dengan begitu, produk-produk dari toko kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Untuk itu, usahakan agar kamu memenuhi persyaratan agar terpilih menjadi penjual star. Selain mengupload di toko pada platform tersebut, ada baiknya kamu juga mempromosikan produk melalui sosial media atau aplikasi chat seperti WhatsApp, LINE, hingga Telegram. Dengan begitu jangkauan calon konsumen akan lebih luas.

Agar berstatus star seller Shopee, kamu juga dapat menerapkan strategi membuka peluang reseller maupun dropshipper. Jika toko sudah mempunyai barang dengan stok banyak, saatnya menjalin kerjasama dengan para mitra reseller dan dropshipper. Karena mereka akan ikut menjual produkmu. Di sisi lain, mereka juga memperoleh keuntungan tersendiri.

Baca Juga: Cara Menjadi Star Seller Shopee

Pendapatan dari Penjualan Semakin Tinggi

Pada akhirnya semua penjual baik online maupun offline pasti ingin memperoleh keuntungan finansial yang tebal. Dampak positif dari predikat penjual star di Shopee tentunya bisa meningkatkan performa penjualan kamu. Alhasil, pendapatan dari hasil penjualan juga semakin besar dan terus meningkat.

Berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengembangkan bisnismu menjadi lebih besar. Misalnya dengan cara menambah produk, menambah stok barang, dan sebagainya. Pengembangan bisnis setelah menjadi star seller Shopee juga bisa dengan memasang iklan melalui berbagai metode. Seperti iklan di Shopee hingga Facebook atau lainnya.

Perlu diketahui bahwa status sebagai star seller bisa dicopot sewaktu-waktu jika memang terjadi penurunan performa. Oleh karena itu, sebaiknya selalu pertahankan dan tingkatkan kinerja toko supaya tetap menjadi penjual terpercaya. Berikan layanan terbaik kepada para konsumen agar mereka puas baik dengan produk maupun pelayanan.

Membuka toko di Shopee memang mudah, akan tetapi dibutuhkan usaha ekstra kalau kamu ingin toko tersebut dipandang oleh konsumen. Selalu tunjukkan performa terbaik dan jangan sampai melakukan aksi-aksi pelanggaran yang menyalahi aturan. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh status sebagai star seller Shopee.


SEKARANG ANDA BISA MENDAPATKAN ORDERAN TIAP HARI DARI SHOPEE

Lebih Dari 2.258+ Orang Belajar Di KELAS SHOPEE

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:E-Commerce