5 Bantuan yang Cair Bulan Juli 2021 dan Cara Cek Penerimanya

Pemerintah sudah menggulirkan bantuan ke warga yang terimbas wabah Covid-19 sampai bulan Juli 2021 ini. Minimal ada lima bantuan yang akan cair bulan Juli 2021.

Baca Juga: Cara Cek Penerima BLT UMKM di BRI dan BNI, Siapkan KTP, LOGIN eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id

Arah dari pemberian bantuan itu untuk menolong warga untuk bertahan dan bangun dari kritis ekonomi karena wabah virus corona. Adapun bantuan yang cair di bulan Juli 2021 berbentuk tunai dan non tunai.

Inilah Lima bantuan yang akan cair  bulan Juli 2021 akan mengarah ke banyak kalangan masyarakat.

Pendistribusian bantuan yang bakal cair bulan Juli 2021 tetap sama seperti saat-saat awalnya. Dikutip dari beragam sumber, berikut 5 bantuan yang akan cair bulan Juli 2021.

1. BLT UMKM/Banpres BPUM

Untuk beberapa aktor Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) beritanya akan balik memperoleh Bantuan Produktif untuk Usaha Micro (BPUM). Bantuan yang diatur Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (kemenkop ukm) diberi semenjak wabah Covid-19. Banpres BPUM mempunyai tujuan untuk menolong beberapa aktor usaha kecil.

Besaran BLT UMKM yang bakal cair pada Juli 2021 sejumlah Rp 1,2 juta. Untuk ketahui pendistribusian BLT UMKM dapat dilihat lewat https://eform.bri.co.id/bpum.

2. Bantuan Sosial Tunai (BST)

Sama dengan namanya, dana BST diatur oleh Kemensos. Dana BST sebesar Rp 300.000,- tahapan pertama usai pada April 2021 kemarin. Tetapi, sekarang BST diberitakan akan balik cair di bulan Juli 2021. Proses pengujian BST bisa disaksikan dari situs cekbansos.siks.kemsos.go.id atau https://dtks.kemensos.go.id/.

Baca Juga: Cara Lengkap Cek Bansos Selama PPKM Darurat

3. Bantuan PKH

Bantuan Program Keluarga Harapan yang direncanakan cair di bulan Juli 2021 kedepan. Bantuan yang diatur Kementerian Sosial (Kemensos) itu mempunyai tujuan untuk penuhi keperluan dasar untuk kesehatan ibu hamil, anak umur 0–6 tahun, lanjut usia, sampai penyandang disabilitas.

Nominal bantuan yang diberi berbeda sesuai keadaan ekonomi yang menerima bantuan. Tetapi, bantuan PKH umumnya sekitar di antara Rp 900 ribu sampai Rp 3 juta rupaih /bulan.

Persiapkan KTP atau Kartu Tanda Penduduk dan melakukan pengujian yang menerima bantuan PKH lewat situs:
https://cekbansos.kemensos.go.id./

4. Bantuan BPNT

Tipe bantuan yang bakal cair di bulan Juli 2021 seterusnya adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Bantuan yang diatur Kemensos ini berupa bahan pangan sebesar Rp 200 ribu. Pendistribusian BPNT ini teratur diberi setiap bulan sepanjang satu tahun dengan keseluruhan Rp 2,4 juta.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ialah yang tercatat dalam Data Terintegrasi Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Untuk lakukan pemeriksaan bantuan BPNT bisa lewat situs dtks.kemensos.go.id atau https://cekbansos.kemensos.go.id./.

5. BLT Dana Desa

Bantuan Pemerintah yang bakal cair bulan Juli 2021 seterusnya adalah yang mengambil sumber dari Dana Desa.

Sesuai namanya, pendistribusian bantuan ini diatur oleh Kementerian Dusun (Kemendesa). Nominal BLT Dana Dusun yaitu Rp 300 juta per KPM. Daftar yang menerima BLT Dana Dusun bisa dijumpai lewat website sah https://sid.kemendesa.go.id/

Itu beberapa bantuan yang cair bulan Juli 2021 dimulai dari PKH, BPNT sampai BLT UMKM atau Banpres BPUM. Baca langkah ceknya supaya tahu apa kalian sudah tercatat sebagai yang menerima bantuan atau mungkin tidak.

Check Also

Buruan Cek Daftar Penerima Bansos Tunai Rp. 300.000, Begini Cara Cek dan Pencairannya

Kementrian Sosial (Kemensos) telah melanjutkan program pemberian bantuan sosial tunai (BST) senilai Rp. 300.000 untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *