E-CommerceShopee

5 Cara Pengembalian Barang di Shopee Anti Gagal

Cara pengembalian barang di Shopee
Cara pengembalian barang di Shopee

Memahami cara pengembalian barang di Shopee untuk penggunanya menjadi pengetahuan wajib terlebih waktu mengalami pengalaman kurang baik. Pelanggan yang mengembalikan paket kiriman biasanya disebabkan oleh barang rusak baik pada bagian luar maupun dalamnya. Tapi jangan khawatir karena jika dikirimi produk kurang berkualitas, masih bisa diganti.

Kesalahan dari pengirim tentu harus kita pahami dan tidak boleh langsung marah-marah atau menghujat sampai keterlaluan. Apalagi kesalahan bukan hanya dari pihak penjual tapi bisa saja dari kita yang tidak membaca deskripsi dengan benar. Maka dari itu tidak perlu panik karena kerugian masih bisa dicegah.

Shopee sudah memiliki layanan return paket buat konsumen sehingga bisa menukarkan produk kiriman dengan yang baru. Tentu saja buat kamu yang belum paham caranya, harus mengetahui tentang ketentuan dan syaratnya dulu. Tidak boleh asal mengembalikan terlebih jika alasan tidak jelas dan merugikan salah satu pihak.

5 Cara Pengembalian Barang di Shopee Jika Tidak Sesuai Pesanan

Dalam mengembalikan paket kiriman kurir dari penjual, paling tidak terdapat 5 langkah penting sehingga cukup singkat dan tidak menyulitkan. Terlebih lagi bila sebelumnya sudah menyiapkan langkah-langkah awal seperti menghubungi penjual dan customer service. Berikut ini langkah paling penting buat kamu yang mau mengembalikan paketan Shopee:

1. Login dan Menuju Fitur Return

Langkah atau cara pengembalian barang di Shopee pertama, pasti harus melakukan login terlebih dahulu pada akun yang dipakai untuk membeli produk. Kamu bisa login dengan cara paling nyaman entah via alamat email atau paling cepat pakai nomor telepon. Jangan lupa memasukkan password bila memang diperlukan.

Tunggu sampai semua menu dan fitur muncul sehingga siap kita pakai seperti biasanya. Dalam proses return, kamu dapat langsung menuju pada menu halaman saya. Selanjutnya tinggal klik saja produk belanjaan dan cari menu pesanan diterima. Nantinya kamu tinggal klik fitur ajukan pengembalian barang atau dana.

2. Alasan Pengembalian Paketan Harus Jelas

Alasan kenapa paketan mau dikembalikan seperti kita ketahui harus jelas dan berasal dari kesalahan penjual atau jasa pengiriman. Misalnya barang kurang atau cacat yang disebabkan pengiriman atau kesalahan penjual memilihkan produk. Disini kamu bisa foto paketnya dulu lalu kirimkan langsung pada penjual atau pihak Shopee.

Pada langkah selanjutnya pada return product, kamu diwajibkan menuju pada menu bagian produk. Nanti disana akan terdapat menu pilihan tentang alasan mengapa barang dikembalikan. Selain itu bisa tambahkan foto yang sudah diambil sebagai bukti tambahan. Kalau semuanya sudah lengkap, maka proses terakhir tinggal kirimkan saja.

3. Mengemas Barang untuk Dikembalikan

Bila sudah mengirim bukti foto dan alasan, cara pengembalian barang di Shopee selanjutnya yaitu tinggal melakukan pengemasan. Nantinya lebih bijak bila kamu sebagai konsumen tetap membuat kemasan paket dengan bentuk dan keamanan baik. Walau barang rusak atau cacat, tidak boleh dikembalikan secara sembarangan kepada penjual.

Kamu bisa mempelajari bagaimana teknik mengemas pakai bubble wrap atau pengaman lainnya. Pada proses pengemasan ini, diwajibkan dilengkapi dengan tempat label dari jasa pengiriman. Hal ini harus selalu ada karena bila sudah dibuang maka proses tidak dapat dilanjutkan kembali. Harus tetap disertakan walau sudah sobek.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula

4. Mengirim Paketan Kepada Penjual

Jika sudah siap, maka paketan harus segera disiapkan dengan alamat tujuannya yaitu Warehouse Shopee Indonesia. Kamu bisa mencari alamatnya pada website utama marketplace ini. Selain itu harus menambahkan ID pelanggan pada paketan, di mana disini jasa pengiriman yang disarankan adalah menggunakan Pos Kilat Khusus saja.

Pos Kilat Khusus merupakan salah satu layanan dari Kantor Pos Indonesia di mana kelebihannya dalam kecepatan pengiriman. Maka dari itu lebih disarankan karena cepat sampai sehingga bisa segera mengembalikan produk kiriman. Selain lebih cepat, alasan kenapa Pos Kilat lebih disarankan kamu pakai karena biaya gratis.

5. Menunggu Proses Validasi

Lalu langkah cara pengembalian barang di Shopee terakhir yaitu menunggu validasi dilakukan yang bisa memakan waktu 3-5 hari lamanya. Hal ini memang perlu pengecekan detail oleh pihak Shopee secara langsung. Karena waktu validasi data lumayan lama, tidak perlu menunggu dan santai saja pasti bisa berhasil.

Kemungkinan berhasil ini sendiri sudah pasti terjadi kalau dalam pengiriman paket return dilengkapi dengan resi pada mask. Ini merupakan syarat atau ketentuan utama kenapa tim bisa menerima pengembalian tersebut. Jadi, harus dimasukkan resi pada saat kamu melakukan proses pengemasan sehingga sesuai sama ketentuan dari perusahaan.

Menggunakan cara mengembalikan barang di Shopee saat ini sudah dijamin sangat maksimal terutama jika langsung menghubungi customer service serta penjualnya sekalian. Tidak terdapat perdebatan atau kerugian dari salah satu pihak sehingga semuanya tetap mendapatkan yang diinginkan, baik kita sebagai pembeli maupun penjualnya sekalipun.

Meski tata caranya singkat dan mudah bukan berarti kamu bisa meremehkan proses mengembalikan barang terutama saat menghubungi penjual. Usahakan pakai bahasa dan alasan yang baik dan tidak menyakiti pihak lain. Hasilnya nanti kamu bisa mendapat produk yang diinginkan dengan cara pengembalian barang di Shopee tersebut.


SEKARANG ANDA BISA MENDAPATKAN ORDERAN TIAP HARI DARI SHOPEE

Lebih Dari 2.258+ Orang Belajar Di KELAS SHOPEE

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:E-Commerce