6 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju agar Sukses
6 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju agar Sukses

6 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju agar Sukses

Sukses menerapkan cara memulai bisnis online shop baju mungkin menjadi pengetahuan awal yang paling penting buat kamu jika mau memulai bisnis jualan pakaian. Terlebih lagi dalam usaha lewat media internet selalu perlu perencanaan awal supaya dapat berjalan sesuai keinginan dan bisa menghalau semua risiko buruk.

Umumnya kondisi tidak diinginkan seperti marketing gagal dan penjualan kurang ramai disebabkan karena rencana awal kurang solid. Apalagi dalam dunia fashion di mana keinginan para calon pembeli mengenai model dan warna suatu pakaian terus berubah-ubah. Jadi, menghadapi perubahan pasar juga harus diwaspadai supaya tidak gagal.

BACA JUGA:  Cara Gratis Ongkir Shopee untuk Pembeli, Belanja Jadi Hemat

Tapi menurut banyak orang, berbisnis pakaian secara online sebenarnya lebih baik dibandingkan produk lain terutama daya tahannya. Berbeda dengan produk berupa makanan di mana memiliki waktu kadaluwarsa sehingga saat tidak terjual akan sia-sia. Bila berjualan pakaian lebih awet asalkan disimpan secara baik menyesuaikan bahan pembuatannya.

6 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Terbaik Supaya Cepat Sukses

Sama seperti bisnis lainnya, jualan pakaian online baik lewat media sosial atau marketplace pasti banyak saingannya. Meski begitu bukan berarti peluang para pengusaha baru menjadi menyusut bahkan malahan cenderung tetap sama. Tentunya peluang sukses tidak mungkin terjadi bila melewatkan langkah memulai usaha fashion online, diantaranya:

BACA JUGA:  Pengertian E Commerce Menurut Para Ahli dan Manfaatnya Bagi Dunia Bisnis

1. Riset Produk

Cara memulai bisnis online shop baju pertama yaitu harus melakukan pertimbangan riset produk. Apalagi sekarang sudah banyak brand atau merk fashion baik lokal dan import sehingga wajib tahu apa yang mau dijual. Selain itu wajib mencari tahu bagaimana cara memperolehnya terutama biar lebih murah.

Tentu saja bahan akan berpengaruh juga terhadap nilai jual suatu produk fashion termasuk baju. Maka dari itu saat mau membeli stok ketahui dulu berapa harga dari produsen apakah lebih terjangkau atau tidak. Sebagai langkah awal, mencoba mencari tahu ongkos pembuatan sendiri atau import juga penting.

2. Riset Pasar

Selanjutnya kamu bisa mencari target pasar di mana bisa dibedakan antara produk untuk orang dewasa, remaja atau anak-anak. Disini seller dapat memprediksi sendiri seberapa banyak keuntungan penjualan karena tahu targetnya. Tentu harus ditambah mengetahui cara menjual, termasuk dijual pakai media mana apakah online atau konvensional.

BACA JUGA:  Bentuk-Bentuk Kepemilikan Bisnis yang Ada di Indonesia

3. Daftar ke Marketplace

Bila sudah menentukan riset dengan baik, maka cara memulai bisnis online shop baju selanjutnya adalah gabung pada salah satu marketplace terbaik. Untuk wilayah Indonesia sendiri ada banyak pilihannya seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak atau Blibli. Semuanya memiliki kelebihan dan ketentuan sendiri-sendiri bagi seller atau calon seller.

Misalnya pada Shopee dan Tokopedia di mana kita bisa menjual produk dalam bentuk satuan atau eceran. Berbeda pada Blibli atau marketplace sejenisnya karena cenderung harus membeli dalam jumlah besar sekaligus. Tapi tenang saja karena syarat masuk marketplace itu sama dan mudah di akses semua orang.

4. Membangun Website dan Media Sosial

Selain daftar pada marketplace, perlu membangun kepercayaan calon pembeli dengan cara memiliki website serta media sosial sendiri. Tentu memiliki website sendiri sudah menjadi bukti kalau kita profesional dan serius dalam berbisnis. Selain itu bisa dijadikan tempat lain untuk transaksi konsumen dibanding hanya lewat marketplace saja.

BACA JUGA:  5 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang

Hal ini juga berlaku pada media sosial di mana Facebook atau Instagram seringkali jadi objek terbaik dalam berjualan online. Keduanya juga penting dalam kegiatan promosi kita karena banyak orang yang melihat setiap harinya. Kalau website dan media sosial bisa dikembangkan, maka prospek bisnis lebih terjamin.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang

5. Beriklan

Lalu tidak kalah pentingnya, cara memulai bisnis online shop baju para pemula pasti wajib menggunakan iklan. Tentu paling mudah bisa kita tambahkan pada sebuah website yang sudah kita bangun sebelumnya sehingga lebih murah. Tapi cukup sulit karena harus mempelajari teknik SEO seperti para blogger internet.

BACA JUGA:  Ketahui Cara Jualan Online di Shopee Membuahkan Hasil Sukses

Walau sulit tapi punya manfaat besar di masa depan, maka dari itu tetap wajib dilakukan meski konten didalamnya tidak dibuat sendiri. Kalau merasa terlalu ribet atau sulit, bisa menggunakan jenis iklan lainnya yaitu dengan endors. Kamu bisa minta dipromosikan barang dagangannya pada influencer terutama Selebgram.

6. Kumpulkan Data Pelanggan

Terakhir seller wajib mencatat atau memiliki data mengenai pelanggan pada toko online milik sendiri. Hal ini bukan hanya catatan tentang para pembeli saja tapi mengenai orang-orang yang sudah pernah menghubungi admin. Misalnya untuk bertanya mengenai produk tertentu dan tidak hanya lewat marketplace tapi media sosial.

Dalam bisnis apapun pasti terdapat risiko sehingga sebagai seorang pebisnis harus mampu mengambil keputusan besar. Misalnya dalam rangka Scale Up yaitu meningkatkan skala bisnis dalam ruang lingkup lebih luas. Karena berjualan baju, maka bisa menambahkan produk aksesoris, celana, hoodie dan berbagai produk fashion lainnya.

BACA JUGA:  7 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Terbukti Ampuh!

Bila rajin mengamalkan langkah memulai usaha jualan baju secara online maka dapat menemukan strategi awal terlebih dahulu. Strategi tersebut bisa menjabarkan kelebihan dan kekurangan toko kamu sehingga dapat terus diperbaiki demi konsumen. Jadi, cara memulai bisnis online shop baju akan mendewasakan pengusaha dalam mengurusi bisnisnya.

 


SEKARANG ANDA BISA MENDAPATKAN ORDERAN TIAP HARI DARI SHOPEE

Lebih Dari 2.258+ Orang Belajar Di KELAS SHOPEE

Check Also

Kronologi Apesnya Bill Hwang, Kehilangan Rp 280 T Dalam 2 Hari

Kronologi Sialnya Bill Hwang, Kehilangan Rp 280 T Dalam 2 Hari

Miliarder Bill Hwang baru saja ini alami kemalangan besar. Pasalnya ia kehilangan US$ 20 miliar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *