8 Ide Bisnis Saat Pandemi Paling Menguntungkan

8 Ide Bisnis Saat Pandemi Paling Menguntungkan

Pandemi Covid- 19 yang sudah memasuki usia 1 tahun lebih di Indonesia masih belum menunjukkan tanda-tanda kepergiannya. Hal ini membawa banyak kekhawatiran untuk berbagai pihak. Salah satu kerugian yang paling banyak dialami oleh hampir seluruh masyarakat adalah kerugian finansial atau ekonomi. Peraturan baru dan situasi seperti saat ini menuntut masyarakat untuk lebih cerdik dalam menentukan ide bisnis saat pandemi.

Baca Juga: 12 Usaha Sampingan Saat Pandemi Yang Bisa Kamu Coba!

Inilah 8 Ide Bisnis Saat Pandemi yang Menguntungkan

Ide bisnis di bawah ini dinilai lebih bisa bertahan di era pandemi seperti sekarang ini. Pasalnya, tidak semua bisnis mampu berjalan dan bertahan baik di situasi seperti sekarang. Berikut deretan ide bisnis versi Sosialin yang bisa kamu coba di masa pandemi.

1. Bisnis Masker Kain

Di masa pandemi seperti sekarang ini, masker menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat. Tidak hanyak sebagai pelindung kesehatan, masker mulai ‘dilirik’ sebagai salah satu accesoris yang dapat membantu menunjang penampilan. Hal inilah yang membuat pebisnis mulai tertarik memproduksi masker kain.

Masker kain bisa menjadi pengganti masker medis untuk melindungi kamu dari serangan virus. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis baru yang cukup menguntungkan. Kamu bisa bekerjasama dengan penjahit untuk membuat masker kain dengan model yang bervariasi. Tingginya permintaan pasar terhadap masker membuat bisnis ini bisa bertahan di tengah pandemi corona.

Masker kain memiliki motif atau model yang lebih bervariasi sehingga cocok untuk kamu gunakan saat sedang keluar rumah. Pastikan masker yang kamu jual sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kamu bisa memilih kain dengan motif-motif unik.

TRENDING:  11 Produk yang Laris Saat Pandemi di Lapak Online Shopee

2. Bisnis Pulsa dan Paket Data

Bisnis yang satu ini memang tidak akan ada matinya. Di era digital seperti sekarang ini, smartphone menjadi barang utama yang hampir semua orang memilikinya. Hal inilah yang membuat kebutuhan pulsa dan paket data menjadi tinggi. Terlebih di masa pandemi seperti ini, orang-orang lebih memilih menghabiskan waktunya untuk berkutat dengan smartphonenya dibanding berpergian keluar.

Kebutuhan pulsa dan paket data menjadi meningkat drastis. Peluang bisnis ini sangatlah menjanjikan. Kamu bisa mencari agen yang siap memberikan suplai deposit sebagai modal untuk berjualan. Awalnya, keuntungan dari bisnis ini memang tidak terlalu besar.

Namun jika diakumulasikan, keuntungan dari bisnis ini cukup banyak. Kamu bisa mempromosikannya secara online dan meminta pelanggan untuk membayarnya melalui transfer. Bisnis ini tidak membutuhkan terlalu banyak modal sehingga cocok untuk diterapkan oleh para pebisnis pemula.

3. Frozen Food

Masyarakat mulai malas untuk memasak karena harga bahan makanan yang ada di pasaran mulai melonjak naik dan sulit untuk didapatkan. Solusinya, orang-orang mulai beralih ke frozen food. Sesuai dengan namanya, makanan ini termasuk makanan beku yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas.

Makanan ini jauh lebih praktis dan cocok untuk dijadikan persediaan di rumah. Di masa pandemi seperti sekarang ini, makanan cepat saji yang praktis menjadi incaran banyak orang. Hal ini membuka peluang baru bagi para pebisnis untuk mendirikan bisnis frozen food.

Modal untuk memulai bisnis memang cukup menguras dompet. Namun, keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini terbilang menggiurkan. Kamu bisa mencari penyuplai frozen food yang dapat menjadi supplier tetap untuk bisnismu.

4. Pakaian Rumah

Dibanding pakaian mahal untuk jalan-jalan, pakaian rumah jauh lebih dibutuhkan saat ini. Bukan tanpa alasan, masyarakat kini menghabiskan lebih banyak waktunya dengan di rumah saja. Kebutuhan terhadap pakaian rumah yang meningkat ini membuka peluang bisnis baru yang menggiurkan.

TRENDING:  10 Rekomendasi Jualan Makanan Yang Laku Setiap Hari

Seperti yang diketahui, industri fashion tidak akan pernah kehilangan eksistensinya di dunia bisnis. Beberapa waktu terakhir ini, model pakaian tie dye sedang cukup viral di masyarakat. Hal ini mengundang para pebisnis untuk membangun bisnis pakaian rumah.

Kamu bisa menjual pakaian santai atau piyama lucu yang menarik. Agar lebih mudah laku, kamu bisa memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce sebagai tempat berpromosi. Buat produk pakaian yang terlihat unik dan nyaman agar pelanggan tertarik untuk membelinya. Kamu bisa bekerjasama dengan supplier atau tempat konveksi untuk membuat pakaian rumah.

5. Bisnis Camilan

Ide bisnis saat pandemi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah bisnis camilan. Untuk menemani waktu saat di rumah saja, camilan bisa menjadi pilihan yang tepat. Keberadaan e-commerce akan sangat membantu kamu untuk memasarkan produk camilan tersebut. Kamu bisa membuat camilan lezat dan murah seperti keripik singkong, basreng, keripik pisang, dan masih banyak lagi.

Agar lebih mudah, kamu bisa mengemasnya dalam takaran gram seperti 250 gram, 500 gram, dan 1000 gram. Hal ini akan membantu memudahkanmu dalam menjualnya. Kendati camilan memiliki daya tahan yang cukup lama, kamu bisa lebih bebas jika ingin mengirimnya ke pelanggan di luar kota. Modal untuk memulai bisnis ini terbilang cukup ringan. Pembuatan camilan dan penjualannya pun cukup praktis sehingga bisa diterapkan oleh berbagai kalangan, termasuk pemula dalam bisnis.

6. Peralatan Makan Unik

Saat ini, peralatan makan dengan model unik sedang banyak diperbincangkan. Peralatan makan yang unik dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Hal ini bisa menjadi peluang bagi kamu untuk membuka bisnis peralatan makan unik. Peralatan makan sedang sangat dibutuhkan saat ini sehingga kemungkinan bisnis ini untuk bisa bertahan di tengah pandemi lebih besar.

TRENDING:  3 Ide Bisnis Milenial Anti Ketinggalan Zaman

Kamu bisa menjual set peralatan makan, botol minum, sedotan stainless, dan lain sebagainya. Umumnya, target pasar utama dari bisnis ini adalah para anak muda.

7. Jasa Desain Grafis

Selain bisnis seperti diatas, bisnis jasa juga patut untuk kamu coba. Ide bisnis saat pandemi satu ini cocok untuk kamu yang menyukai bidang grafis. Keuntungan dari bidang jasa ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Desain grafis membantu para pebisnis untuk mempromosikan bisnisnya. Hal inilah yang membuat permintaan pasar terhadap bisnis jasa desain grafis menjadi meningkat.

Jasa desain grafis yang sudah professional dan memiliki jam terbang tinggi biasanya menetapkan harga yang cukup fantastis untuk setiap project yang diterimanya. Tidak heran jika mulai banyak orang yang membuka jasa kursus belajar desain grafis.

8. Minuman Kopi Literan

Semenjak pemberlakuan PPKM yang ditetapkan oleh pemerintah, banyak orang yang terbiasa nongkrong terpaksa harus berada di rumah saja. Agar tetap bisa menikmati kopi seperti di café-café, banyak pebisnis yang mulai beralih dengan menyediakan produk minuman kopi literan.

Sesuai dengan namanya, produk kopi satu ini tersedia dalam wadah yang jauh lebih besar sehingga dapat dinikmati bersama keluarga. Selain lebih praktis, harga dari kopi literan ini juga terbilang lebih terjangkau. Jika di daerahmu belum ada kopi literan, bisnis minuman satu ini bisa dicoba.

Demikianlah daftar ide bisnis saat pandemi yang wajib kamu coba. Pandemi membawa banyak perubahan pada berbagai bidang, termasuk bisnis. Deretan bisnis diatas dianggap mampu bertahan meski saat pandemi seperti sekarang ini. Bagaimana? Tertarik mencoba salah satunya?

Check Also

Ide Bisnis Milenial

3 Ide Bisnis Milenial Anti Ketinggalan Zaman

Pernah mendengar generasi milenial? Atau pembaca adalah salah satunya? Meskipun sering dikatakan sebagai generasi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *