apa itu mlm dan cara kerjanya

Apa Itu Bisnis MLM dan Bagaimana Cara Kerjanya? Simak Penjelasan Lengkapnya…

Banyak sekali peluang bisnis di luar sana yang bisa membuat Anda sukses, dan di antaranya yang sering menjadi kontroversial adalah bisnis MLM (Multi Level Marketing). Oleh karenanya disini saya akan ulas tentang apa itu bisnis mlm secara lebih mendalam.

Di Indonesia sendiri banyak sekali perusahaan MLM yang memang resmi dan memiliki legalitas yang jelas, tapi banyak juga yang ilegal serta menjanjikan keuntungan yang di dapatkan dengan cepat.

Tak jarang juga kita melihat berita adanya penipuan yang berkedok mlm. Contohnya saja seperti kasus first travel yang ternyata menggunakan skema ponzi dalam sistemnya.

BACA JUGA:  Ini Penjelasan tentang Pengertian Ekspor dan Impor Beserta Contohnya

Nah, jika Anda penasaran tentang apa itu bisnis mlm, yuk langsung saja kita ulas…

Apa itu bisnis MLM?

Bisnis MLM atau Multi Level Marketing adalah sebuah strategi pemasaran berantai atau berjenjang, dimana sales (penjual) tidak hanya mendapatkan bonus dari produk yang berhasil mereka jual, tapi juga mendapatkan bonus lain dengan cara merekrut member baru.

Biasanya bonus yang di dapatkan dengan merekrut member baru lebih besar ketimbang dengan berjualan produk itu sendiri.

Hal inilah yang mengakibatkan member mlm paling sering mencari orang untuk direkrut, karena ya itu tadi, bonus dan keuntungannya lebih besar.

Bagaimana sistem kerjanya?

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa sistem pemasaran mlm itu berjenjang jadi kalau saya urutkan dan dapatkan yang ada di lapangan menjadi seperti ini.

BACA JUGA:  Peluang Bisnis Es Pisang Coklat dengan Keuntungan yang Banyak

Awalnya, perusahaan yang menggunakan sistem MLM merekrut anggota, biasanya dengan cara membeli sebuah paket produk serta mendapatkan keuntungan tertentu.

Dan di dalam paket produk tersebutpun terdapat pilihan lagi seprti misalnya level 1,2,3 atau bronze, platinum, gold dan semakin tinggi statusnya semakin banyak pula akan mendapatkan bonus.

apa itu mlm dan sistem kerjanya
apa itu mlm dan sistem kerjanya

Diatas adalah gambar sistem binary yang biasa di terapkan pada MLM. oke, apa itu sistem binary? Baik mari kita bahas.

Jadi biasanya sistem binary ini yang paling banya digunakan oleh perusahaan yang menggunakan sistem MLM.

Dimana Anda hanya bertugas mencari / merekrut dua orang untuk menjadi kaki Anda di kanan dan di kiri. Kemudian jika Anda berhasil merekrut anggota. Maka setiap kali si anggota yang Anda rekrut tadi menghasilkan penjualan atau berhasil merekrut member baru, maka Anda juga akan mendapatkan komisi.

BACA JUGA:  Pengertian Saham Menurut Para Ahli dan Jenis Saham Berdasarkan Kategori

Begitu seterusnya sampai member yang paling bawahpun Anda akan mendapatkan komisi tanpa perlu capek-capek merekrut member lagi.

Jadi biarkan saja memeber di bawah Anda atau downline Anda yang mencari member dan Anda tetap mendapatkan hasilnya.

Kurang lebih seperti itulah cara kerja yang sering di terapkan oleh MLM.

Sehingga seringkali terjadi, para member MLM hanya fokus merekrut dan mencari member baru untuk mendapatkan bonus yang sudah di janjikan perusahaan.

Jadi mereka kebanyakan tidak mementingkan produknya yang penting mendapatkan member baru. Inilah yang sering terjadi di lapangan. Kalau Anda mendapati pengalaman yang berbeda boleh ceritakan di kolom komentar di bawah.

Seputar halal haram bisnis mlm

Menurut MUI sendiri tidak semua bisnis MLM itu haram. Ada juga sistem MLM yang di perbolahkan dengan syarat tertentu. Biasanya MLM yang di haramkan itu yang menggunakan sistem binary di atas karena merugikan.

BACA JUGA:  Cara Sukses Jualan Online Bagi Pemula

Kenapa merugikan? kan padalah menguntungkan. Iya, menguntungkan jika Anda sudah join duluan dan merekrut member.

Tapi bagi yang join belakangan akan sulit sekali untuk mendapatkan bonus-bonus yang sudah di janjikan perusahaan. Sementara jika berhasil merekrut member baru, malah yang di atas yang sudah tidak bekerja mencari member baru juga mendapatkan bonus.

Untuk lebih jelasnya seputar halal dan haram mlm Anda bisa membaca artikel ini.

Artikel tersebut di tulis oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi MA yang memang pakar di bidang muamalah.

Saya sendiri jika berbicara tentang halal dan haram suatu perkara yang bukan di ranah saya. Saya tidak berani, lebih baik Anda membaca langsung dari sumber yang terpercaya di atas.

BACA JUGA:  10 Rekomendasi Jualan Makanan Yang Laku Setiap Hari

Penutup

Demikianlah ulasan tentang apa itu mlm dan bagaimana cara kerjanya yang saya pahami. Jika ternyata pemahaman saya ini salah, silahkan luruskan dengan cara komentar di bawah dengan menjaga adab dalam menyampaikan pendapat.

Saya sangat menerima masukan apapun yang membangun yang dapat menambah wawasan saya tentang bisnis MLM ini.

Bisnis MLM sendiri menurut saya citranya sudah jelek, karena ada sebagian orang yang menggunakan cara-cara yang tidak etis untuk merekrut member.

Jika saat ini Anda ingin bergabung di sebuah MLM saran saya pelajari dulu betul-betul tentang bisnis yang ingin Anda jalani.

Lihat referensi atau ulasan di internet baik di sosial media ataupun via google untuk menambah wawasan Anda tentang bisnis tersebut.

BACA JUGA:  Pengertian Pemasaran, Jenis Pemasaran, Serta Fungsi Pemasaran Ilmu Bisnis

Semoga ulansan tentang apa itu mlm dan bagaimana cara kerjanay bsia menambah pengetahuan Anda.

Check Also

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger – Mendapatkan uang sekarang ini tidak lagi hanya bisa didapatkan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *