Apa Itu Cashback Yuk Intip Keuntungan Yang Diperoleh Dari Promo Cashback

Apa Itu Cashback? Yuk Intip Keuntungan Yang Diperoleh Dari Promo Cashback

Apa Itu Cashback – Saat berbelanja apa yang pertama kali Anda perhatikan selain harga dari produk tersebut? Kebanyakan dari Anda pasti akan menjawab promo. Meskipun ada beberapa orang yang memperhatikan kualitas barang terlebih dahulu daripada diskon.

Di era digital saat ini bisnis e-commerce ikut mengalami perkembangan yang kian pesat. Konsekuensi dari persaingan ini disebabkan karena banyaknya orang yang menggeluti bisnis tersebut. Walaupun begitu, selalu saja ada strategi dan trik jitu yang digunakan pelaku bisnis untuk menargetkan konsumen agar mau membeli produk-produk yang dipasarkan.

Strategi ini bisa dimulai dengan menawarkan berbagai promo menarik yang menggiurkan dan sayang untuk ditolak. Bahkan Anda mungkin sering melihat ataupun mendengarkan promo cashback mulai dari 20% hingga 50%. Namun apakah Anda tahu apa itu cashback dan bagaimana cara menggunakannya?

Sebelum munculnya aplikasi fintech atau financial technology, uang kembali atau cashback biasanya dalam bentuk voucer belanja. Atau dengan kata lain Anda akan menerima pengembalian uang jika membeli sebuah produk dengan nominal tertentu yang telah ditetapkan sesuai dengan persentase promo cashbacknya.

Sebagai contoh apabila Anda membeli barang dengan harga 300 ribu rupiah dengan cashback sebesar 100 ribu rupiah. Berartinya Anda harus membayar seharga 300 ribu rupiah terlebih dahulu, selanjutnya Anda akan mendapatkan voucer senilai 100 ribu rupiah sebagai hadiah dari promosi tersebut.

TRENDING:  6 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju agar Sukses

Apa Itu Cashback?

Seperti yang telah diuraikan di atas, cashback merupakan sebuah penawaran berupa persentase pengembalian uang kepada pembeli baik dalam bentuk uang tunai maupun uang virtual bahkan produk tertentu yang mana harus memenuhi persyaratan pembelian berdasarkan kebijakan yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara cashback ataupun oleh pihak toko.

Belakangan ini promo cashback tidak lagi diberikan dalam bentuk pengembalian uang kepada pembeli, akan tetapi diberikan cashback tertentu oleh penyelenggara promo cashback dalam bentuk deposit.

Deposit sendiri adalah semacam tabungan yaitu uang Anda disimpan di dalam akun e-money Anda sep
Trik ini dilakukan supaya konsumen atau pihak pembeli bersedia melakukan pengembalian uang dengan memanfaatkan tabungan depositnya kepada pihak pembeli promo cashback. Atau bisa juga agar pembeli masih mau menggunakan jasa dari aplikasi maupun yang tempat ia mendapatkan promo cashback tersebut.

Oleh karenanya saat ini telah banyak varian maupun jenis-jenis cashback yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumennya. Agar lebih paham berikut uraian mengenai jenis-jenis cashback.

Varian Cashback

1. Cashback kartu kredit

Cashback kartu kredit merupakan salah satu strategi atau program yang dijalankan oleh bank-bank tertentu. Pada program ini nasabah akan diberikan keuntungan oleh pihak penerbit kartu kredit, yang mana pihak tersebut akan memberikan pengembalian uang atau cashback tertentu apabila Anda berhasil mencapai sebuah transaksi atau Anda berhasil melakukan transaksi dengan nilait tertentu.

TRENDING:  Pengertian Net Working Capital dan Rumusnya

Tidak hanya memberikan pengembalian sejumlah uang, cashback kartu kredit pun biasanya akan memberi potongan harga atau diskon dari hasil pembelanjaan Anda. Namun tentu saja nominal cashback serta jumlah persentasenya dari promo tersebut tergantung dari kebijakan yang dibuat oleh masing-masing bank.

Bagi Anda yang tertarik dengan cashback ini, Anda harus lebih memilih kartu kredit mana yang bisa memberikan cashback terbesar serta tidak memiliki syarat-syarat yang memberatkan. Selain itu perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan seperti kerjasama bank tersebut dengan pihak merchant dan fitur lainnya.

2. Cashback Online Shop

Sesuai dengan namanya. cashback online shop merupakan cashback yang dikeluarkan oleh toko online atau marketplace. Cashback ini bisa Anda dapatkan apabila Anda berhasil melakukan transaksi pembeli di online shop ataupun marketplace dengan nominal tertentu.

Untuk promo cashbak online shop biasanya bukan berbentuk pengembalian uang baik tunai maupun virtual, akan tetapi pihak penyelenggara memberikan cashback yang bisa Anda gunakan nantinya pada pembelian selanjutnya.

Sehingga nantinya Anda akan menerima potongan harga beberapa persen sesuai ketentuan dan nilai cashback yang Anda peroleh dari online shop atau marketplace yang bersangkutan. Promo seperti ini telah terbukti memberikan keuntungan bagi kedua pihak yakni pihak toko online begitupun dengan pihak konsumen.

TRENDING:  Pengertian Segmentasi Targeting Positioning dalam Bidang Marketing

3. Cashback properti

Cashback property merupakan program yang diselenggarakan oleh pengembang atau developer property dengan memberikan keuntungan berupa cashback jika pihak konsumen mau melakukan transaksi pembelian terhadap properti yang dijual seperti apartemen, ruko, dan lain sebagainya.

Secara umum.

Pihak pengembang properti akan memberikan cashback dalam bentuk barang untuk pelengkap properti di antaranya TV, kulkas, AC, dan lain-lain. Tidak jarang pihak developer juga akan memberikan cashback berupa mobil atau motor apabila harga dari properti terbilang sangat mahal.

Bentuk trik promosi ini telah terbukti sangat jitu untuk membuat konsumen tertarik, sebab konsumen akan menganggap telah menghemat dengan membeli properti yang cukup mahal ditambah dnegan mendapatkan cashback yang mahal pula.

4. Casback motor

Cashback motor juga berupa promo yang diselenggarakan oleh leasing atau pihak perusahaan pembiayaan dengan memberikan cashback jika konsumen berhasil membeli kendaraan yang dijual oleh perusahaan tersebut.

Umumnya perusahaan pembiayaan ini memberikan cashback seperti tablet, laptop, handphone, dan lain sebagainya. Bahkan tidak jarang perusahaan leasing akan memberikan lagi satu unit kendaraan misalnya untuk setiap pembelian satu unit mobil maka akan mendapatkan cashback berupa satu unit motor juga.

Itulah tadi informasi mengenai apa itu cashback? Sebenarnya masih banyak promo cashback menarik lainnya tergantung dari pihak penyelenggara cashback. Namun artikel ini hanya membahas beberapa contoh dari promo cashback tersebut, semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger – Mendapatkan uang sekarang ini tidak lagi hanya bisa didapatkan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *