biaya tenaga kerja tidak langsung

3 min read

Apa itu Letter of Credit?

Letter of Credit atau surat kredit adalah instrumen pembayaran internasional yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk mengamankan pembayaran dalam perdagangan internasional. Ini adalah surat yang dikeluarkan oleh bank atas permintaan pembeli untuk pembayaran kepada penjual jika pembeli tidak dapat memenuhi kewajiban pembayaran.

Letter of Credit
Source www.sampleletterword.com

Letter of Credit adalah jaminan pembayaran yang memberikan keamanan dan kepercayaan kepada kedua belah pihak transaksi perdagangan internasional. Dalam konteks bisnis internasional, surat kredit dapat membantu mengurangi risiko pembayaran tidak lancar atau gagal.

Bagaimana Letter of Credit Bekerja?

Letter of Credit bekerja dengan cara yang sederhana. Pembeli dan penjual menjual dan membeli barang atau jasa. Kemudian, pembeli mendekati bank dan meminta untuk mendapatkan surat kredit. Setelah itu, bank mengeluarkan surat kredit atas permintaan pembeli dan memastikan bahwa pembayarannya dijamin.

Letter of Credit


Source www.sampleletterword.com

Jika barang atau jasa yang dikirimkan memenuhi syarat yang diatur dalam surat kredit, maka bank pembeli (the issuing bank) akan membayar jumlah yang dijanjikan kepada bank penjual (the confirming bank). Setelah itu, bank penjual akan membayar jumlah yang setara dengan pembayaran kepada penjual.

TRENDING:  contoh surat serah terima dokumen

Jenis-Jenis Letter of Credit

Ada beberapa jenis letter of credit yang dapat dipilih oleh pembeli dan penjual. Beberapa di antaranya termasuk:

  • Letter of Credit tetap
  • Letter of Credit tak terpakai
  • Letter of Credit bersifat jangka pendek
  • Letter of Credit bersifat menggulung
  • Letter of Credit Bersifat konfirmasi

Letter of Credit
Source www.sampleletterword.com

Ketika memilih jenis letter of credit, pembeli dan penjual harus mempertimbangkan kebutuhan dan persyaratan mereka dalam perdagangan internasional.

Bagaimana Menerbitkan Letter of Credit?

Untuk menerbitkan Letter of Credit, Anda perlu meningkatkan hubungan dengan bank Anda dan mengajukan permohonan dengan dokumen yang diperlukan. Biasanya, bank akan memerlukan dokumen berupa:

  • Inquiry Letter
  • Application Letter
  • Proforma Invoice
  • Commercial Invoice
  • Bill of Lading
  • Certificate of Origin
  • Packing List
  • Inspection Certificate
  • Fumigation Certificate (jika diperlukan)

Letter of Credit
Source www.sampleletterword.com

Pastikan untuk menyediakan dokumen yang lengkap dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh bank.

Keuntungan Menggunakan Letter of Credit

Sebagai instrumen pembayaran internasional, Letter of Credit memiliki beberapa keuntungan. Beberapa keuntungan untuk pembeli dan penjual di antaranya adalah:

  • Keamanan transaksi
  • Mengurangi risiko gagal bayar
  • Memperluas pasar Internasional
  • Mempercepat proses pembayaran
  • Memungkinkan perdagangan kredit

Letter of Credit
Source www.sampleletterword.com

Biaya terkait Letter of Credit

Ada beberapa biaya terkait Letter of Credit yang harus diperhatikan. Biaya terkait letter of credit biasanya meliputi:

  • Biaya menerbitkan Letter of Credit
  • Biaya konfirmasi Letter of Credit
  • Biaya pengiriman dokumen (Shipping Cost)
  • Biaya administrasi
  • Biaya penanganan
TRENDING:  cara menghitung persentase penjualan

Letter of Credit
Source www.sampleletterword.com

Pastikan untuk mempertimbangkan biaya yang terkait dengan letter of credit dalam rencana keuangan Anda ketika melakukan perdagangan internasional.

Kesimpulan

Letter of Credit adalah instrumen penting dalam perdagangan internasional. Itu memberikan keamanan dan kepercayaan bagi kedua belah pihak dan membantu mengurangi risiko pembayaran tidak lancar atau gagal. Ketika menggunakan letter of credit, pastikan untuk memahami persyaratan dan biaya terkait serta memilih jenis letter of credit yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Letter of Credit
Source www.sampleletterword.com

Cara Kerja Letter of Credit

Banyak perusahaan yang menggunakan letter of credit telah merasa aman dan terjamin setelah mengetahui cara kerja letter of credit. Berikut adalah penjelasan mengenai cara kerja letter of credit:

1. Pembukaan Letter of Credit

Pembukaan letter of credit adalah proses dimana pihak importir atau pembeli mengajukan permintaan pembayaran kepada pihak bank melalui surat permintaan pembayaran. Hal ini dilakukan agar pihak bank dapat memastikan bahwa biaya pembayaran telah disetujui oleh importir atau pembeli sebelum melakukan pengiriman barang.

Pembukaan Letter of Credit
Source www.youtube.com

2. Penerbitan Letter of Credit

Setelah baki pembayaran telah disetujui oleh importir atau pembeli, pihak bank akan menerbitkan letter of credit sebagai jaminan pembayaran kepada pihak eksportir atau penjual. Dalam hal ini, pihak bank akan menjamin bahwa pembayaran akan dilakukan secara penuh dan tepat waktu saat persyaratan yang disepakati telah terpenuhi.

TRENDING:  Inilah Resep Mie Ayam Untuk Jualan Agar Laris Manis

Penerbitan Letter of Credit
Source icoemis.ub.ac.id

3. Persyaratan Letter of Credit

Persyaratan letter of credit harus dipenuhi oleh pihak eksportir atau penjual barang lain yang diperdagangkan di pasar internasional. Persyaratan ini mencakup pengiriman jumlah barang yang disepakati, kondisi barang, dokumen pengapalan, dan waktu pengiriman. Adapun persyaratan yang tercantum dalam letter of credit harus sesuai dengan perjanjian dagang antara kedua belah pihak.

Persyaratan Letter of Credit
1. Jumlah dan kondisi barang yang dijual
2. Dokumen pengapalan
3. Waktu pengiriman

4. Pengiriman Barang

Ketika persyaratan yang dicantumkan dalam letter of credit telah terpenuhi, maka pihak eksportir atau penjual akan memeriksa dan mengirimkan barang ke importir atau pembeli. Pengiriman barang harus sesuai dengan persyaratan yang tercantum dalam letter of credit.

Pengiriman Barang Letter of Credit
Source kikotweetz.blogspot.com

5. Pembayaran

Setelah pihak bank menerima dokumen pengapalan dari pihak eksportir atau penjual dan semua persyaratan telah terpenuhi, maka pembayaran akan segera dilakukan kepada pihak eksportir atau penjual. Pembayaran juga dapat dilakukan setelah pihak importir atau pembeli telah menerima barang yang sudah diantar oleh pihak eksportir atau penjual.

Pembayaran Letter of Credit
Source kejuruan.porosilmu.com

If you are wondering about the definition of letter of credit, you can check out letter-of-credit-adalah article! This article provides a clear explanation of what letter of credit is and how it works in international trade.

Sampura-sampai jadi!

Itulah ulasan tentang letter of credit. Semoga informasi yang disajikan dapat membantu kamu untuk memahami apa itu letter of credit serta manfaat dan risiko yang ada di dalamnya. Jangan lupa, berbisnis memang memerlukan risiko, namun dengan pengetahuan yang baik, kamu bisa mengurangi risiko tersebut.
Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di kesempatan selanjutnya!

Saran Video Seputar : biaya tenaga kerja tidak langsung

barang inferior adalah barang

1. Pengenalan Surat Penawaran Barang Surat penawaran barang adalah sebuah surat resmi yang dibuat oleh pemilik usaha atau penjual sebagai salah satu cara untuk...
Andri Afrizal Hakim
3 min read

metode penyusutan aset tetap

1. Pengertian Iklan Baris Iklan baris adalah jenis iklan yang umum digunakan dalam media massa. Iklan baris memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis...
Andri Afrizal Hakim
4 min read