Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser

Cara Agar Video TikTok FYP dan Viral Dengan Mudah

3 min read

Cara Agar Video TikTok FYP dan Viral Dengan Mudah

TikTok berhasil merebut hati banyak orang di seluruh dunia, termasuk di tanah air. Banyak video-video yang viral setiap hari dari aplikasi tersebut. Ingin video kamu juga viral di aplikasi video pendek ini? Ternyata ada cara agar video TikTok FYP, lho.

Nah, di artikel ini kami akan coba menjelaskan cara agar TikTok FYP dan banyak like. Silahkan simak hingga selesai.

Penjelasan Singkat Tentang Fitur FYP TikTok

Bagi para pengguna aplikasi video singkat ini tentu sudah akrab dengan fitur bernama FYP atau ‘For Your Page’. Fitur ini merekomendasikan video untuk ditonton. Fitur ini akan menampilkan video di halaman utama saat pengguna membuka aplikasi.

Kehadirannya dapat membantu sebuah video agar banyak dilihat oleh banyak orang. Di sisi lain juga menyuguhkan video yang seru untuk ditonton untuk para pengguna.

Video yang muncul di FYP tidak berdasarkan kategori tertentu. Artinya, video kategori apapun bisa muncul entah itu quote, video lucu, motivasi, kuliner, dan sebagainya. Munculnya video tersebut berdasarkan kepopuleran dan algoritma tertentu.

Cara Agar Video Tiktok FYP dengan Mudah

Pada dasarnya tidak ada jadwal FYP TikTok. Kamu bisa meng-upload kapan saja, asalkan di jam-jam dimana aplikasi tersebut banyak digunakan.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui cara membuat konten yang menarik dan juga berpotensi nongkrong di halaman utama. Berikut caranya.

1.  Ketahui Jam Upload yang Ideal

Cara agar video tiktok fyp yang pertama adalah perlu kamu catat supaya konten TikTok bisa viral yaitu dengan mengetahui jam upload TikTok agar FYP.

TRENDING:  Tata Cara Menggunakan Facebook Ads Untuk Kepentingan Usaha

Ingat, tidak setiap jam pengguna aplikasi tersebut membukanya. Adakalanya mereka sibuk dan tidak bisa mengaksesnya di waktu-waktu tertentu.

Maka dari itu, ketahui cara FYP di TikTok jam yang sering diakses oleh para penggunanya. Jam yang paling sering diakses yaitu siang, sore dan malam hari. Berikut informasi jamnya.

  • Pukul 12 siang sampai jam 1 siang.
  • Jam 5 sore sampai jam 6 sore.
  • Jam 7 malam sampai jam 11 malam.

Pada waktu-waktu tersebut, umumnya pengguna aplikasi sedang menikmati waktu istirahat. Siang hari biasanya mereka sedang beristirahat kerja, sore hari adalah waktu dimana mereka pulang kerja, dan malam hari waktu mereka santai memegang handphone.

2. Membuat Tulisan yang Menarik untuk Caption

Selain konten, kamu juga perlu memperhatikan tulisan untuk caption. Pasalnya, video yang menarik juga harus disempurnakan dengan tulisan caption yang juga tidak kalah bagus.

Pada bulan November tahun 2021, pengguna aplikasi ini bisa menikmati jumlah caption yang semakin banyak Pasalnya platform ini sudah menambah jumlah karakter untuk caption dari 100 menjadi 300 karakter.

Kamu juga bisa membuat tulisan untuk memancing penonton berkomentar. Contohnya seperti caption berupa pertanyaan clickbait yang membuat penonton ‘gatal’ untuk berkomentar.

3. Selalu Berusaha untuk Membuat Konten yang Menarik

Memang tidak mudah untuk membuat sebuah video yang menarik untuk para penonton. Terlebih dalam waktu yang tergolong singkat. Namun kamu harus tetap berusaha untuk menyajikan yang terbaik agar konten bisa FYP.

Buatlah sebuah konten yang dapat meningkatkan engagement antara kamu dengan audiens atau follower. Teruslah berusaha untuk membuat video yang berkualitas.

Banyak ide yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. Adapun ide-idenya mulai dari video unik, lucu, motivasi, dan masih banyak lainnya. Pastikan juga konten yang kamu buat original.

4. Kerja Sama dengan Content Creator Lain

Cara yang keempat ini bisa menjadi salah satu cara mudah untuk menarik jumlah follower dan penonton. Carilah content creator yang sama-sama sedang membangun akun TikTok. Pastikan juga orang yang akan kamu ajak kerja sama sudah memiliki jumlah follower yang tergolong banyak.

TRENDING:  Jam FYP Tiktok untuk Posting Video Supaya Viral

Pastikan orang yang kamu ajak berkolaborasi sudah memiliki pengikut yang cukup banyak. Begitu juga dengan pengikut kamu.

5.Buat Konten yang Banyak Peminatnya

Lihatlah konten seperti apa yang sering masuk ke FYP. Kemudian cari tahu juga konsep seperti apa yang saat ini banyak disukai oleh pengguna aplikasi tersebut.

Dengan cara tersebut, sedikit banyaknya kamu akan tahu konten seperti apa yang bisa berpotensi masuk FYP.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti challenge content yang sedang ramai. Membuat content semacam ini juga bagus untuk meningkatkan pengikut. Selain itu, juga akan membantu meningkatkan kepopuleran kamu.

6. Perhatikan Penggunaan Lagu  

Musik adalah fitur tambahan yang akan mendongkrak keunikan pada content yang kamu buat. Cobalah untuk menggunakan beberapa lagu yang sedang populer saat ini.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur editing yang dapat menciptakan relevansi antara video dan musik.

Fitur lagu ini juga akan membantu konten kamu agar bisa muncul di halaman For You. Namun, pastikan lagunya sesuai dengan konten yang kamu buat, ya.

7. Riset dan Gunakan Hashtag

Cara agar video tiktok fyp yang terakhir dengan menggunakan hastag. Riset terlebih dahulu tagar apa yang saat ini sedang trend. Pastikan juga tagar yang kamu gunakan relevan dengan tema content yang kamu buat.

Carilah berbagai tagar yang sedang trending. Kemudian silahkan kamu gunakan pada kolom caption. Jangan lupa juga untuk menggunakan tagar berikut pada content yang kamu upload:

  • #FYP
  • #foryou
  • #foryourpage

Sisanya silahkan kamu cari yang relevan, populer dan sesuai dengan content yang kamu buat. Kamu juga bisa mencari hashtag FYP TikTok 2021 atau tahun sekarang yang sedang trend di internet. Kemudian kamu copy paste di content milikmu.

TRENDING:  Cara Menggunakan TikTok dengan Praktis Agar Memperoleh Manfaatnya

Cara jualan di tiktok shop akan lebih mudah laris ketika konten video yang kamu posting FYP.

Penyebab Konten TikTok Tidak Masuk For You Page

Selain cara di atas, kamu juga perlu tahu apa yang menjadi penyebab TikTok tidak FYP. Berikut sudah kami rangkum penyebabnya di bawah ini:

1. Adanya Perubahan Algoritma Pada Aplikasi

Halaman For You akan merekomendasikan content menarik untuk ditonton oleh penggunanya. Fitur tersebut berjalan sesuai dengan algoritma yang suatu waktu bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan platform terkait.

2. Trend Content yang Berubah-Ubah

Content yang sedang viral maupun yang sedang tren selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Bahkan perubahannya bisa saja dalam hitungan hari saja.

Konten lama yang viral akan diganti dengan konten yang baru. Begitu juga dengan perubahan tren yang selalu berbeda-beda. Inilah yang menjadi tantangan terbesar para content creator yang harus kamu taklukan.

3. Ada Konten Lain yang Jauh Lebih Menarik

Alasan terbesar kenapa konten kamu sulit masuk FYP yaitu karena ada konten lain yang jauh lebih menarik. Kamu harus siap menerima hal ini karena persaingan di TikTok saat ini sudah semakin kompetitif dalam pembuatan konten.

Inilah yang menjadi alasan kenapa riset sebelum membuat konten itu sangat penting agar bisa membuat video yang lebih bagus. Terlebih jika kamu membuat konten yang konsepnya sedang trend dan banyak dibuat oleh pengguna aplikasi tersebut.

Cara agar video TikTok FYP yang sudah kami paparkan di atas sedikit banyaknya bisa membantu kamu untuk membuat konten yang menarik. Jangan lupa juga untuk tetap konsisten agar bisa berhasil masuk ke fitur halaman For You.

Pencarian popular: cara fyp tiktok
Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser