cara berjualan di Instagram

Cara Berjualan Di Instagram : Kiat-Kiat Jitu Memulai Olshop Terbaikmu

Instagram dan jualan visual

Saat ini penjualan online memang telah menjadi tren yang tidak bisa disepelekan. Salah satu platform yang tengah naik daun untuk dijadikan sebagai lahan berjualan adalah Instagram. Seperti yang diketahui, cara berjualan di instagram merupakan sebuah media sosial yang memiliki basis visual.

Karena itulah di platform ini kamu mendapatkan dukungan penuh untuk mengunggah foto-foto menarik dari barang jualanmu. Malahan saat ini, tiap penjual di Instagram berlomba-lomba untuk memperlihatkan keunikan desain foto di profil mereka. Percaya atau tidak, saat ini, kapabilitas desain dan tema di feed Instagram juga mempengaruhi ketertarikan pembeli lho.

Di dalamnya terdapat berbagai macam menu dan fitur, yang bisa dijadikan pendukung. Misalnya saja dengan adanya banyak filter yang disediakan untuk membuat tampilan foto yang diunggah menjadi lebih ciamik lagi. Instagram juga dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi dua arah.

Misalnya seperti adanya DM atau biasa disebut Direct Message, kemudian fitur memberikan balasan pada setiap instagram story yang diunggah, hingga bisa juga pastinya meletakkan komentar pada foto-foto tertentu yang ada di feed atau profil pengguna.

Adanya hal ini memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah. Nah, inilah yang mendukung niatmu untuk menjadikannya sebagai lading jualan. Bayangkan deh, kamu bisa melakukan obrolan dengan calon customer dengan gampang, bisa langsung menyasar ke spesifik barang jualan tertentu.

Ohiya, Instagram juga bisa langsung disambungkan ke beberapa platform online lainnya, untuk kemudian memudahkan calon pelanggan menemukan informasi lebih lanjut lagi mengenai usahamu.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa cara mantap yang bisa kamu praktekkan, untuk memaksimalkan pembuatan online shopmu di Instagram :

TRENDING:  Cara Sukses Jualan Online Bagi Pemula

Tentukan apa yang akan kamu jual.

Langkah pertama cara berjualan di instagram adalah menemukan ide jualan atau barang yang laku dijual di instagram. Tahapan ini akan jadi agak susah ya jika kamu berangkat tanpa ide spesifik mengenai barang yang ingin kamu pasarkan.

Namun akan jadi lebih mudah jika kamu memang sudah memiliki sederet daftar barang yang menurutmu boleh untuk dicoba. Pikirkan apa yang kira-kira menarik saat ini, sembari mencari tahu barang-barang di akun lain yang saat ini tengah ramai.

Ingat, kamu harus menghadirkan sesuatu baru dan unik. Namun kamu bisa juga ikut dalam tren penjualan yang sedang marak saat ini, misalnya seperti kosmetik ala korea, lalu jastip luar negeri, atau bisa juga menggunakan kesempatan menjual baju-baju import, tapi dengan syarat bahwa tentu saja selama kamu bisa menghadirkan sesuatu yang berbeda.

Jangan sampai barangmu merupakan seratus persen copy-paste dari barang tetangga sebelah ya. Karena jika begini, kamu akan susah mendapatkan pembeli.

Temukan barang dagangan yang cocok untukmu dengan melakukan riset. Lihat produk apa saja yang sekiranya sedang hype saat ini, dan mulailah untuk melihat apakah ada peluang untuk masuk di dalamnya.

Edit profile Instagram

Cara berjualan di Instagram

Setelah menentukan barang yang ingin kamu jual, jangan langsung buru-buru buka tokonya ya. Kamu harus menyelesaikan beberapa PR dulu nih terkait dengan Instagram profilmu. tips jualan di instagram adalah dengan memaksimalkan penggunaan profil untuk menarik calon konsumen. Profil di Instagram anggaplah sebagai toko yang kamu jadikan tempat untuk membuka lapak.

Sekarang pikirkan kalau toko itu using, catnya kusam, banyak debu dan sampah, penampilannya tidak menarik, menurutmu bakalan ada yang datang dan membeli tidak? Hmm, bisa jadi calon pelanggan kabur semuanya tuh. Nah, sama juga seperti profil Instagram mu, kalau isinya tidak tertata, temanya tidak jelas, bio yang tertera di profil juga tidak lengkap, apakah pelanggan bisa percaya? Tentu saja tidak.

TRENDING:  5 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang

Dalam menata Instagram dan profilmu, ada beberapa hal yang utama yang harus kamu perhatikan ; jangan membuat keterangan atau biodata alay, buatlah dengan serius, dengan menampilkan nama tokomu, alamat (jika bisa sambungkan langsung dengan Google maps), kemudian letakkan kontak-kontak yang bisa dihubungi, dan juga link atau tautan ke situs resmimu, atau platform lain yang mendukung jualanmu.

Tulis deskripsi yang menarik disertai dengan penjelasan barang yang kamu tawarkan. Deskripsikanlah dengan gaya seprofesional mungkin. Selanjutnya, pakailah template untuk tiap foto. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Instagram adalah tempat jualan visual, karena itu jangan sampai visual dari produkmu malah tidak bisa dijual sama sekali.

Pakailah template agar tampilan profilmu terlihat rapi, menjanjikan, dan berpengalaman. Jangan sampai calon pembeli kabur ketika baru masuk ke profilmu dan menemukan foto-foto yang tidak tertata. Selanjutnya buatlah logo untuk online shopmu, Kalau kamu belum memiliki logo, atau mungkin kesulitan membuatnya sendiri, maka kamu bisa meminta bantuan ahli grafis untuk membuat satu yang gampang diingat, eye catching dan tidak mainstream.

Pakai foto kualitas HD

Setelah beres pekerjaan rumahmu untuk mengurusi profile, nomor kontak, template dan logo, cara jualan online di instagram selanjutnya adalah mulai mengunggah barang-barang jualanmu. Dalam mengunggah foto, jangan sampai kamu menggunakan foto yang resolusinya kecil.

Mengapa? Karena akan membuat tampilan foto menjadi pecah. Akibatnya profilmu batal untuk terlihat indah. Pilihlah dna pastikan foto yang kamu unggah memiliki resolusi yang tinggi, sehingga ketika diunggah tetap bisa memperlihatkan detail-detail dari produk yang ada.

TRENDING:  Pengertian Supply Chain Management Menurut Para Ahli: Komponen dan Tujuan

Hal yang selama ini kerap disepelekan pedagang online adalah mengabaikan perihal foto yang kurang bagus, dan tetap diunggah asalkan ada saja. Padahal foto yang kurang baik justru akan menjadikan profil Instagram terlihat seperti penjual abal-abal.

Kalaupun kamu sedang menggunakan sistem dropship, karena itu kamu tidak memegang barangnya secara langsung, maka pastikan kamu meminta pada penjualnya foto-foto produk dengan kualitas penuh. Berjualan di Instagram dengan foto yang tidak jelas, sama saja seperti membeli kucing dalam karung, lho.

Belajar membuat caption dan deskripsi

Dalam tiap foto, Instagram menyediakan lahan kosong untuk diisi dengan caption, judul, atau deskripsi tertentu mengenai produk. Karena jumlah karakter yang disediakan terbatas, maka kamu harus memikirkan bagaimana cara membuat caption dan deskripsi yang benar, agar mampu mempresentasikan barang jualanmu, namun tetap cukup, dan tidak terpotong tulisannya.

Kamu bisa mulai belajar dengan cara melihat-lihat referensi yang ada di online shop lain. Biasanya di dalam deskripsi disertakan mengenai detail dan penjelasan produk, lalu sistem pemesanan, alur pembayaran, serta kontak yang bisa dihubungi.

Oh Iya, kamu juga bisa meletakkan judul promosi ya, untuk menarik perhatian para calon pembeli. Biasanya promosi ini diberikan berkaitan dengan beberapa momen tertentu, misalnya saja seperti grand launching tokomu, lalu adanya hari-hari besar nasional, bisa juga mengikuti hari-hari besar belanja online, yang saat ini banyak sekali digunakan.

Nah, itu dia beberapa poin utama tentang bagaimana cara sukses bisnis online dengan cara berjualan di instagram bagi kamu yang masih pemula. Selamat mencoba!

 

Check Also

Google Translate Langkah Gampang Terjemahkan Banyak Bahasa

Google Translate: Langkah Gampang Terjemahkan Banyak Bahasa

Google Translate adalah service penerjemah bahasa digital yang dikeluarkan oleh perusahaan internet¬†terkenal, Google. Service ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *