cara berjualan di tokopedia untuk pemula

Cara Berjualan di Tokopedia untuk Pemula

Memulai jualan di Tokopedia merupakan pilihan yang tepat untuk Sosiolin yang punya usaha. Tokopedia menjadi salah satu marketplace yang punya lebih dari 90 juta pengguna di seluruh Indonesia. Bagi kamu yang baru memulai usaha baru tentu harus mengetahui cara berjualan di Tokopedia untuk pemula.

Tentu butuh strategi khusus dalam menjalankan bisnis online. Apalagi jika kamu memanfaatkan marketplace besar seperti Tokopedia. Jadi kamu harus benar-benar tahu cara berjualan di Tokopedia untuk pemula agar meminimalisir resiko kerugian. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengembangkan bisnis online jadi lebih besar dalam waktu yang singkat.

Cara Berjualan Di Tokopedia Untuk Pemula

Tokopedia merupakan perusahaan teknologi pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan kemitraan dengan jasa ekspedisi dalam mengantarkan pesanan online. Dengan begitu semakin memberikan kemudahan dan kecepatan pengiriman produk sampai ke tangan konsumen.

Nah, apabila kamu seorang pemula yang ingin berjualan di Tokopedia tentu harus memperhatikan banyak hal penting. Kamu harus mempelajari dengan baik agar produk yang kamu jual banyak peminatnya.

Berikut inilah cara berjualan di Tokopedia Untuk Pemula :

1. Buka toko dan mulai atur jualan di Tokopedia

Untuk mulai jualan di Tokopedia, kamu harus download aplikasinya terlebih dahulu di Playstore. Setelat itu buat akun dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Masuk ke aplikasi Tokopedia
  2. Klik akun lalu mulai Buka Toko Gratis
  3. Masukan nomor HP, lalu tunggu hingga kode OTP masuk dan lakukan verifikasi.
  4. Masukan nama Anda sesuai identitas KTP
  5. Tentukan nama toko beserta linknya (misal : Tokopedia.com/tokoanda)
  6. Jangan lupa lengkapi informasi toko dengan mengisi deskripsi toko dan upload identitas toko.
  7. Masukan alamat toko dengan lengkap untuk menandai lokasi di peta sehingga lebih mudah dalam melakukan pengiriman.
  8. Selesai! Kini toko Anda telah aktf dan siap mulai berjualan.
TRENDING:  Cara Jualan di Shopee untuk Pemula dengan Mudah

2. Posting produk jualan

Cara posting produk jualan pertama Anda sangat mudah, caranya sebagai berikut ini.

  1. 1. Buka aplikasi Tokopedia
  2. Tap Tambah Produk yang terletak di pengaturan toko atau halaman depan.
  3. Upload foto produk Anda dengan semenarik mungkin atau kualitas terbaik.
  4. Isi nama produk dan kategorinya.
  5. Tentukan harga yang tidak terlalu jauh dari harga pasaran.
  6. Lengkapi informasi produk dan jasa pengiriman yang meliputi jumlah stok, variasi, kondisi barang baru atau bekas, berat, dan deskripsi produk dengan lengkap.
  7. Tap Simpan untuk upload produk lal Simpan & Tambah Baru untuk menambah produk lainnya.

3. Lakukan promosi produk dengan menarik

Promosi di media sosial

Anda bisa membagikan produk jualan ke media sosial yang memiliki pengaruh besar seperti Instagram dan Facebook. Dan janngan lupa sertakan review atau ulasan dari pembeli untuk menarik pengunjung toko.

Promosi unik

Sesekali Anda bisa melakukan promosi unik dengan menawarkan Beli 1 Gratis 1, penawaran harga special, atau promo cashback.

Memanfaatkan fitur gratis Tokopedia

Berikan promo kepada pembeli menggunakan fitur vouche toko. Selain itu promosikan produk dengan Buat Post pada fitur feed.

Gunakan TopAds

Anda bisa menarik banyak konsumen dengan membuat tampilan produk berada di pencarian paling atas.

TRENDING:  Cara Jualan Pulsa di Shopee Sangat Mudah untuk Pemula

Kerja sama influencer

Promosikan produk Anda di media sosial melalui kerjasama dengan influencer terbaik.

Berikan sampel untuk konsumen

Anda bisa membagikan sampel dan meminta konsumen untuk melakukan review bermanfaat.

4. Membangun performa toko

Responsif tinggi

Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah respinsif ke konsumen dengan cara rajin diskusi dan menjawab pesan. Bahkan, performa bisa turun jika Anda membalsa lebih dari 7 jam.

Memproses pesanan dengan cepat

Gunakan fitur Oreder Prioritas untuk meningkatkan reputasi toko. Dengan begitu pesanan bisa langsung diproses dalam 1 jam.

Power Merchant

Anda bisa gunakan fitur premium Power Merchant yang memudahkan dalam mengelola toko.

Fitur Fulfillment

Lakukan penyimpanan barang dan pengiriman di seluruh gudang yang tersedia. Hal ini dapat menghemat biaya logistic

5. Meningkatkan kualitas komunikasi

Bangun komunikasi yang baik dengan konsumen mulai dari awal transaksi hingga akhir. Anda bisa membuat konsumen nyaman saat belanja di toko Anda. Berikan informasi mengenai produk dengan lengkap agar pelanggan mudah memahami.

Usahakan Anda melayani konsumen dengan ramah dan cepat tanggap. Anda harus pandai-pandai memenangkan hati konsumen agar mau membeli produk Anda. Lakukan komunikasi dengan konsumen jika ada kendala tertentu.

6. Merencanakan keuangan toko

Atur alur kas dengan detail untuk memudahkan pengelolaan keuangan toko. Hal ini untuk menghindari terjadinga resiko kehilangan uang untuk hal-hal yang tidak diketahui. Anda bisa buat pembukuan yang akurat seperti memisahkan antara gaji karyawan dan biaya operasional.

7. Mengelola toko dengan baik

Kelola toko dengan memastikan jumlah stok produk Anda tersedia dengan cukup. Sehingga Anda tidak akan mengecewakan pembeli dengan kehabisan stok. Lakukan pencatatan stok barang secara rutin agar pengelolaan barang bisa sesuai.

Selalu ikuti tren pasar agar toko Anda mampu bersaing dengan toko lainnya. Caranya sangat mudah yaitu dengan memantau inovasi dan perkembangan tren saat ini.

TRENDING:  Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang Bagi Pemula

Jangan ragu untuk gunakan aplikasi Mitra Tokopedia untuk memaksimalkan manajemen toko Anda. Dengan begitu akan mempermudah dan mempercepat pemesanan barang sehingga dapat meningkatkan keefisienan logistic.

8. Mengelola keuangan toko

Selalu rencanakan angaran bulanan untuk mengetahui setiap pengeluaran setiap bulan. Hal ini sangat membantu Anda agar tidak kebingungan saat menghitung keuntungan toko.

Yang paling penting adalah pisahkan rekening pribadi dan rekening usaha agar mudah dalam mengukur pertumbuhan bisnis. Dan lakukan analisis pemasukan dan pengeluaran setiap tahunnya untuk memaksimalkan keuntungan toko.

Tips Jualan Sukses Di Tokopedia

Dengan memanfaatkan beberapa tips untuk jualan di Tokopedia berikut ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda dalam mengembangkan bisnis online jadi lebih besar. Bahkan, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan maksimal.

1. Mengikuti kelas bisnis online

Bagi Anda yang termasuk penjual pemula, taka da salahnya untuk mengikuti kelas bisnis online atau dalam bentuk kelas webinar. Dengan mempelajari materi jualan dengan baik dan benar dapat meningkatkan pengetahuan Anda.

2. Foto produk menarik

Salah satu cara meningkatkan jumlah pembeli dan pengunjung toko adalah dengan memasang foto produk yang menarik. Biasanya yang dilihat pertama kali oleh konsumen adalah foto produk jadi usahakan cari background yang menarik.

3. Manfatkan fitur aplikasi

Tokopedia menyediakan berbagai fitur aplikasi seperti Voucher Toko, Broadcast Chat, TopAds, Bebas Ongkir dan masih banyak lagi. Dengan adanya fitur ini, akan menjangkau konsumen lebih banyak lagi.

Nah, itulah panduan lengkap mengenai cara berjualan di Tokopedia untuk pemula. Anda bisa mengikuti langkah-langkah tersebut untuk memulai berjualan di Tokopedia. Jangan lupa untuk mengikuti tips jualan di Tokopedia agar bisnis Anda bisa berkembang dengan baik.

 

Check Also

Cara pengembalian barang di Shopee

5 Cara Pengembalian Barang di Shopee Anti Gagal

Memahami cara pengembalian barang di Shopee untuk penggunanya menjadi pengetahuan wajib terlebih waktu mengalami pengalaman …