Cara Budidaya Ayam Kampung dengan Modal Kecil

Cara Budidaya Ayam Kampung dengan Modal Kecil

Cara Budidaya Ayam Kampung – Memang benar bahwa ayam kampung tidaklah sepopuler ayam boliler ataupun ayam ras yang biasa dikonsumsi setiap harinya.

Namun Anda jangan salah, sebab walaupun tidak sepopuler ayam boiler tetapi ayam kampung ini memiliki rasa yang sungguh nikmat jika dikonsumsi sehingga masih memiliki segmen pasar yang cukup baik tidak jarang bahkan orang-orang lebih memilih ayam kampung jika disuruh memilih antara ayam kampung atau ayam boiler.

BACA JUGA:  7 Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium Rumah yang Menguntungkan

Dengan menjadikan minat para konsumeris terhadap ayam kampung maka Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang usaha yang dapat Anda mulai dan tentunya Anda harus yakin bahwa dengan memulai ternak ini maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Banyak orang yang lebih menyukai ayam kampung dikarenakan cara pembudidayaan atau pemeliharaannya tanpa gangguan zat kimia yang bisa berbahaya pada tubuh jika dikonsumsi pada kadar yang banyak.

Anda bisa melakukan budidaya ayam kampung dengan cara budidaya ayam kampung dengan mempertimbangkan banyak hal terutama modal yang Anda miliki, maka dari itu untuk membantu Anda memulai bisnis ayam kampung Anda maka Anda bisa menyimak artikel ini hingga selesai sebab keuntungan yang bisa Anda dapatkan jauh lebih banyak karena harga jual ayam kampung sendiri yang melambung jauh dibandingkan ayam boiler.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal Untuk Pemula

Keunggulan Melakukan Budidaya Ayam Kampung

Melakukan budidaya ayam kampung sebagai suatu peluang usaha memang sangat tepat untuk dilakukan, sebab semakin hari masyarakat menjadi lebih sadar tentang yang namanya kesehatan, bahkan dari segi makanan yang dikonsumsi juga sehingga penggemar ayam kampung lambat laun menjadi semakin meningkat. Walaupun perlahan tetapi hal tersebut sangatlah pasti sehingga Anda jangan melewatkan peluang ini untuk memulai bisnis Anda.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan melakukan budidaya ayam kampung dibandingkan jenis ayam lainnya, yang tentunya keuntungan –keuntungan ini memang akan langsung terasa dengan nyata dan dapat membantu Anda memahami cara budidaya ayam kampung.

Metode Ternak Jauh Lebih Alami

Keuntungan pertama yakni metode ternak ayam kampung jauh lebih alami dan lebih mudah dibandingkan dengan jenis ayam lainnya, bila Anda pernah berkunjung kepedasaan maka Anda pastinya sering melihat ayam yang berkeliaran begitu saja tanpa perawatan khusus. Anda tidak perlu melakukan penyuntikan atau berbagai hal lainnya yang justru malah mengurangi esensi gizi dari ayam itu sendiri.

BACA JUGA:  Memulai Usaha Budidaya Pembenihan Ikan Konsumsi

Untuk melakukan ternak sendiri Anda hanya harus memilih bibit ayam yang baik, kandungan pakan yang tepat tanpa campuran zat kimia, rajin membersihkan kandang agar setiap bakteri dan kuman akan menghindari ayam dan tidak menyebabkan penyakit untuk ayam Anda.

Peluang Bisnis Luas dan Terus Mengalami Peningkatan

Keunggulan selanjutnya mengapa sangat cocok untuk membudidayakan ayam kampung sebagai peluang memulai sebuah bisnis adalah peluang bisnis yang jauh lebih luas. Karena ayam kampung tidak hanya disukai oleh orang-orang yang berada di kampung saja, tetapi orang-orang yang tinggal di kota juga suka mengonsumsi ayam kampung karena dagingnya yang enak dan juga jauh lebih sehat sehingga memiliki peluang bisnis yang luas.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Gabus di Drum bagi Pemula

Harga Jual yang Relatif Letih Tinggi

Kualitas dari daging ayam kampung serta telur ayam kampung memang jauh berbeda dari jenis ayam biasanya, mulai dari rasa hingga kandungannya juga jauh berbeda. Sehingga tidak perlu heran jika harga jual ayam kampung relatih lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual ayam jenis lainnya, hal ini menjadikan keuntungan yang akan Anda dapatkan menjadi jauh lebih besars.

Bergizi Tinggi

Dalam cara budidaya ayam kampung tidak dilakukan penyuntikan obat-obatan atau zat kimia yang bisa membuat ayam menjadi lebih mudah bertumbuh, sehingga kualitas gizi dari ayam kampung menjadi jauh lebih tinggi karena tidak adanya zat kimia yang digunakan dalam pembudidayaannya.

BACA JUGA:  Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Cara Membudidayakan Ayam Kampung

Setelah Anda mengetahui keunggulan dari ayam kampung sehingga Anda wajib mencoba untuk melakukan budidaya ayam kampung ini berikut ini langkah yang dapat Anda aplikasikan dalam budidaya Anda.

Siapkan Kandang Ayam

Karena Anda ingin melakukan budidaya ayam maka pastinya Anda harus menyiapkan yang namannya kandang ayam, dalam pembuatan kandang ayam sebaiknya Anda membuatnya tidak jauh dari tempat tinggal Anda agar Anda mudah dalam mengawasinya. Hal-hal yang harus Anda perhatian dalam pembuatan kandang yakni buat kandang yang tertutup agar tidak mengganggu warga sekitar kandang.

Buat kandang dari bahan bambu yang dianyam ataupun dipaku, dengan ketinggian minimal 3 meter agar ayam tidak bisa melompat keluar, serta pastikan bahwa Anda membuat kandang terpisah antara ayam dewasa dan tidak.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal

Pilih Sebuah Indukan Ayam yang Berkualitas

Setelah Anda membuat kandang ayam, maka cara budidaya ayam kampung selanjutnya adalah Anda harus memilih indukan ayam yang bisa menghasilkan telur dan diretaskan menjadi anak ayam kampung yang dapat Anda kembang biakkan hingga dapat dijual dan bernilai lebih.

Kawinkan Indukan Ayam

Anda harus mengawinkan indukan ayam jantan dengan ayam betina agar menghasilkan telur yang nantinya akan dierangi untuk ditetaskan agar bisa Anda kembang biakkan.

Pelihara Ayam Kampung

Setelah telur ayam menetas menjadi anak ayam maka selanjutnya sangat wajib untuk Anda memelihara anak-anak ayam tersebut dengan sebaik mungkin, Anda wajib memperhatikan kebersihan kandang, pakan kandang yang harus berkualitas baik, serta Anda harus melihat dan memperhatikan kesehatan ayam Anda.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Yang Mudah Dan Menguntungkan

Demikianlah informasi mengenai cara budidaya ayam kampung yang cocok untuk Anda jadikan sebagai peluang bisnis beromset besar.

Check Also

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus – Kemukus merupakan tanaman berjenis rambat yang biasa dijumpai di sekitar kita. Tanaman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *