Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar

Ngobrolbisnis.id – Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak peminatnya. Bukan untuk di makan tapi sebagai ikan hias. Nah, disini saya akan menjelaskan cara budidaya ikan cupang hias yang benar khusus untuk kamu yang ingin mengambil peluang ini.

Ikan cupang termasuk ikan yang memiliki daya tahan hidup tinggi karena ia bisa bertahan hidup di air yang memiliki oksigen yang sedikit.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Pakaian Online Yang Menjanjikan

BACA JUGA:  Keuntungan Dari Budidaya Ikan Lele Dalam Ember

Cara Budidaya Ikan Cupang Hias

Disini Anda bisa mengikuti step by step yang bisa Anda lakukan agar ikan cupang yang Anda rawat bisa berkembang biak dan yang pastinya menguntungkan jika di jual.

Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar (1)

Memilih Indukan Ikan Cupang Yang Ingin Dibudidayakan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih induk ikan cupang yang memiliki kualitas yang bagus.

Salah satu ciri ikan cupang yang bagus adalah dari keturunan yang unggul, bebas dari penyakit serta tidak memiliki cacat bawaan.

Setelah Anda berhasil memiliih induk ikan cupang. Selanjutnya adalah meletakkan induk ikan cupang ke dalam sebuah wadah seperti gelas atau toples.

Pastikan Anda memisahkan induk jantan dengan induk betina.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ayam Kampung dengan Modal Kecil

Jika Anda kebingungan dalam membedakan ikan cupang jantan dan ikan cupang betina.

Caranya membedakannya cukup mudah. ikan cupang jantan memiliki tubuh yang lebih besar, gerakannya lebih lincah, bagian ekor dan siripnya lebih lebar dan memiliki warna yang lebih cerah ketimbang ikan cupang betina.

Proses Persiapan Pemijahan

Proses penyiapan pemijahan diawali dengan pastikan lebih dulu jika indukan ikan cupang itu sudah masuk tahap siap kawin.

Beberapa ciri indukan yang telah masuk tahap siap kawin salah satunya sebagai berikut :

Ikan Cupang Jantan

  • Telah berumur 4-8 bulan
  • Wujud tubuh dan siripnya telah memanjang
  • Warna lebih jelas
  • Pergerakannya lebih gesit

Ikan Cupang Betina

  • Telah berumur 3-4 bulan
  • Wujud tubuh membulat dan perutnya kelihatan sedikit buncit
  • Sirip lebih pendek dan warna lebih lusuh
  • Pergerakannya lebih lamban
BACA JUGA:  7 Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium Rumah yang Menguntungkan

Proses pemijahan ini memerlukan tempat berbentuk baskom kecil memiliki ukuran sekitaran 20 x 20 x 20 cm. Persiapkan juga gelas plastik kecil yang bakal dipakai untuk tempatkan ikan cupang betina dan berikan sedikit tumbuhan contoh seperti kayambang.

Sekali pemijahan umumnya akan hasilkan sampai 1000 butir. Telur-telur itu langsung akan menetas sepanjang 24 jam sesudah proses pembuahan terjadi. Sayang, tingkat kematian benih ikan cupang juga tinggi.

Proses Pemijahan Ikan Cupang Hias

Cara budidaya ikan cupang hias yang benar selanjutnya adalah dengan melakukan pemijahan. Setelah sebelumnya Anda mempersiapkannya selanjutnya tinggal menjalankannya saja.

Tahapan-tahapan penting ini perlu dilaksanakan supaya proses pemijahan ikan cupang yang Anda kerjakan dapat jalan lebih lancar.

  • Langkah awal dengan isi tempat sama air bersih dengan ketinggian sekitaran 10-15 cm. Yakinkan air yang Anda pakai bukan air PAM yang bau kaporit atau air paket. Berbau kaporit pada air cuman akan gagalkan proses pemijahan dan rusaknya telur-telur ikan cupang.
  • Tambah tanaman air dalam tempat tetapi tidak boleh kebanyakan. Tanaman air itu berperan untuk tempat berlindung burayak.
  • Masukan ikan cupang jantan ke tempat itu.
  • Diamkan ikan cupang jantan dalam tempat berisi air itu sepanjang hari penuh. Ikan cupang jantan akan membuat gelembung udara yang berperan sebagai area untuk menyimpan telur yang sudah dibuahi.
  • Bila ikan cupang jantan belum membuat gelembung udara, pancing mereka dengan cara masukkan ikan betina ke gelas plastik lalu lelepkan gelas plastic itu ke tempat yang ada ikan cupang jantannya.
  • Masukan ikan cupang betina ke tempat itu sesudah ikan cupang jantan telah membuat gelembung udara.
  • Proses pemijahan seharusnya dilaksanakan pada pagi (jam 7-10 pagi) atau sore (4-6 sore) karena temperatur udara punya pengaruh pada kesuksesan proses pemijahan.
  • Tutup tempat (baskom) itu dengan koran atau jauhi tempat dari suara bising. Ikan cupang yang kawin benar-benar sangat peka.
  • Alihkan ikan cupang betina sesudah proses pemijahan usai karena yang bekerja jaga telur cuman ikan cupang jantan.
BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Untuk Pemula

Pemberian Pakan Ikan Cupang Hias

Saat telur ikan cupang menetas, Anda tak perlu memberinya pakan sepanjang tiga hari, karena burayak yang baru menetas itu tetap simpan nutrisi. 3 hari selanjutnya baru berikan pakan burayak dengan kutu air seperlunya supaya tidak mengotori air.

Pisah indukan ikan cupang jantan dengan burayak sesudah dua minggu.Alihkan ke tempat yang semakin besar dan berikan pakan kutu air yang ukuran semakin besar.Pisah ikan cupang jantan dan ikan cupang betina sesudah 1,5 bulan kemudian.

Pemberian pakan pada ikan cupang dewasa seharusnya dilaksanakan 3-4 kali satu hari.

Proses perawatan ikan cupang dewasa sebetulnya tidak begitu susah. Walaupun ketahanan hidup ikan cupang tinggi, tetapi seharusnya keadaan dan kualitas air perlu tetap jadi perhatian.

BACA JUGA:  Menambah Penghasilan Dengan Bisnis Budidaya Belut Dalam Ember

Demikian tulisan berkenaan budidaya ikan cupang, sudah publish di kelompok Budidaya. Mudah-mudahan berguna ya.

Check Also

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus – Kemukus merupakan tanaman berjenis rambat yang biasa dijumpai di sekitar kita. Tanaman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *