Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal Agar Hasilnya Menguntungkan

Ngobrolbisnis.id – Cara budidaya ikan mas di kolam terpal memang bisa menjadi sumber penghaislan untuk Anda.

Warga Indonesia tidak asing dengan ikan air tawar ini. Ada beberapa yang memeliharanya sebagai ikan hias, tetapi ada pula yang mengkonsumsinya sebagai makanan yang sedap.

Mempunyai nama ilmiah Cyprinus carpio, Ikan ini menyebar di beragam negara, terhitung Cina, dataran Eropa, sampai Jepang.

Di Indonesia sendiri ikan ini banyak sekali memiliki panggilan, di antaranya ikan kancra, ikan tikeu, ikan tombro, ikan raja, ikan rayo, dan ikan ameh.

Tetapi, tahukah kamu jika membudidayakan ikan mas tidak susah. Asal tahu tata cara dan penghitungan anggarannya.

Nah, di artikel kali ini, kita akan mempelajari tentang cara budidaya ikan mas sampai ke penghitungan estimasi modalnya.

Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal (2)

Keuntungan budidaya ikan mas

Saat sebelum mengawali ternak, kamu harus kenali dahulu keuntungan-keuntungannya. Jika budidaya ikan mas tidak memiliki keuntungan, tidak mungkin ada yang ingin tahu cara membudidayakannya?

Salah satunya keuntungan yang akan kamu peroleh ialah kebutuhan pasar yang luas. Seperti yang sudah kamu tahu kalau ikan mas adalah ikan favorite masyarakat Indonesia.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan ini sangat lengkap, ada protein, kalsium, zat besi, fosfor, dan vitamin B1. Tidaklah aneh kalau banyak makanan di indonesia dengan ciri khas berbahan dasar ikan mas.

Pemrosesannya juga bermacam, dapat dibuat disup, dibakar, dimasak, sampai dipepes. Banyak restaurant Sunda atau warung makan tepian yang menawarkannya.

Maka kamu jangan khawatir karena kamu akan gampang mendapatkan pembeli dan sasaran pasar jika menekuni budidaya ikan mas ini.

TRENDING:  Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Cara budidaya ikan mas

Budidaya ikan mas sebetulnya mudah. Asal kita mengetahui bagaimana triknya dan beberapa langkahnya.

1. Persiapkan kolam

Pertama kali yang perlu Anda siapkan tentu saja media budidayanya, yakni kolam. Pilihan dalam menggunakan kolamnya juga dapat memakai kolam tembok, kolam tanah , kolam terpal, hingga keramba juga dapat digunakan.

Tetapi, saat sebelum pilih kolam pastikanlah kamu sudah memutuskan sistem budidaya, entahlah itu sistem budidaya air deras, air tenang, atau tumpang sari.

Mayoritas peternak memakai sistem air tenang.

Media yang bisa dipakai untuk air tenang bisa juga memakai kolam tanah atau kolam terpal yang harganya lebih murah.

Maka tidak hanya budidaya lele saja yang sudah dilakukan di terpal, budidaya ikan mas bisa juga.

Kapasitas kolamnya pun harus disamakan dalam jumlah benih yang ditabur. Biasanya untuk 20 ekor benih ikan mas memerlukan ruangan 1 m2.

2. Pemberian pupuk organik ke kolam

Sesudah kolam terpal atau tanah siap, kamu harus bersihkan kolam lebih dulu selanjutnya dikeringkan.

Kemudian, Anda harus menaburkan pupuk organik agar plankton sebagai makanan alami ikan dapat hidup di dalamnya.

Lalu, tuang dengan air sekitaran kedalaman 120 cm.

3. Taburi benih

Seterusnya, kamu mulai bisa menabur benih ikan mas. Benih yang bagus umumnya pergerakannya lincah dan tidak berjamur.

Makanan ikan mas terbaik dengan vitamin

4. Beri pakan

Pakan terbaik untuk diberikan kepada ikan mas ialah pelet dengan kandungan protein sekitaran 25%. Dalam memberi pakan dengan jumlah kisaran 3% dari berat ikan tersebut.

Pemberian pakan dilaksanakan dengan frekwensi 3x satu hari. Maknanya, kamu dapat memberinya pakan saat pagi hari, siang hari, dan sore hari.

5. Masa panen

Selalu teratur check berat ikan yang ada di kolam sepanjang dua minggu sekali. Ini untuk mengatur apa ikan berkembang secara baik atau mungkin tidak.

Jika perkembangan ikan mas tidak bagus, kamu perlu mengeceknya bisa saja karena terdapat hama yang telah bersarang di kolam ikanmu.

Cara mengatasinya dapat dilakuakan dengan cara memberikan gizi tambahan berbentuk obat bakteri premium yang berfungsi untuk menahan hama berkembang.

TRENDING:  Cara Budidaya Ayam Kampung dengan Modal Kecil

Sesudah 3 bulan lamanya, biasanya sudah mulai memasuki masa panen dengan berat ikan 3x lipat semakin besar dari berat awalnya. Ikan yang sudah siap panen biasanya berbobot 300-400 gr per ekor.

Beberapa jenis ikan mas yang dapat dibudidaya

Ikan air tawar ini memiliki banyak jenisnya. Setiap jenis ikan mas memiliki keunikannya tersendiri.

Salah satunya adalah jenis yang sering di jadikan ikan hias yaitu ikan koi, tapi ikan koi juga enak jika di olah sebagai bahan masakan. Disamping itu, banyak juga jenis yang bisa di budidayakan untuk konsumsi seperti jenis ikan mas di bawah ini.

1. Merah

Seperti namanya ikan yang satu ini memiliki warna yang kemerahan atau lebih cenderung merah, namun ada juga yang memiliki warna keemasan..

Ikan mas jenis ini biasanya dijadikan ikan hias di akuarium, tetapi juga bisa untuk di jadikan makanan yang enak.

2. Punten

Ikan ini biasanya dikembangkan langsung di Dusun Punten Kota Batu. Beberapa ciri fisiknya lebih pendek jika dibanding tipe yang lain serta lebih berupa bundar.

Warna pada sisiknya memiliki warna hijau gelap serta memiliki mata yang agak mencolok.

3. Taiwan

Sesuai namanya, tipe yang ini datang dari negara Taiwan. Badannya agak membulat seperti Punten, tetapi memiliki bentuk lebih panjang.

Warna yang ada pada sisiknya biasanya mempunyai warna hijau kekuning-kuningan yang bagus.

4. Sinyonya

Sinyonya yang juga memiliki panggilan Putri Jogja, ikan memiliki ciri-ciri fisik berwarna kuning seperti kuning pada kulit jeruk.

Mata ikan yang kelihatan begitu mencolok saat umurnya masih muda, tetapi ketika sudah besar dan tua matanya akan berubah menjadi sipit.

Alasan mengapa ikan yang satu ini dipanggil Sinyonya konon katanya karena ikan ini benar-benar mudah dalam bertelur. Tingkat keproduktifannya satu ikan betina dapat bertelur di antara 85.000 hingga 125.000 telur.

5. Majalaya

Ikan Majalaya ini pertama kali dikembangbiakkan di wilayah Majalaya Bandung. Ikan ini juga mempunyai kesamaan atau kemiripan dengan Sinyonya hingga kerap dikawinkan untuk mendapatkan turunan yang unggul.

TRENDING:  Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal

Ikan majalaya termasuk salah satu jenis ikan mas yang paling sering dijadikan olahan menu makanan, terutamanya untuk wilayah Sunda.

6. Ikan mas lokal

Ikan jenis ini yang paling banyak ditemukan di wilayah Indonesia. Walaupun banyak orang yang mengatakan kalau ikan ini bukan bagian dari ras ikan mas, tetapi wujud warna dan badannya yang begitu mirip dengan ikan mas.

Biasanya ikan ini terdapat warna hijau agak keemasan, wujud badan  dari ikan ini yang memanjang, dan mata yang tidak sipit.

7. Yamato

Dari namanya saja Anda sudah mengetahui kalau ikan ini dari Jepang. Ya tentu saja karena ikan ini paling banyak di budidayakan di Negara Jepang.

Namun, Indonesia juga ada yang membudidayakannya. Ciri-ciri fisik dari ikan mas yamato ini yaitu bentuknya yang memanjang, bersisik warna hijau agak kecoklat-coklatan. Kelebihannya dapat hidup di wilayah dingin atau hangat.

Berapa Modal Yang di Butuhkan Untuk Budidaya Ikan Mas?

Yang pasti sebelum Anda memulainya, terlebih dahulu Anda harus menghitung besaran biaya yang dibutuhkan.

Jika Anda tidak memiliki lahan, maka Anda bisa menyewanya, nah hal-hal seperti ini yang harus di perhitungkan dengan matang.

Selain itu jumlah benih yang di butuhkan dan lainnya. Berikut rinciannya:

Peralatan Perkiraan harga
Terpal 5 meter @Rp50 ribu Rp250.000
Bibit @Rp1.000 Rp100.000
Pompa air Rp500.000
Jaring Rp135.000
Peralatan pembersih kolam Rp75.000
Pakan dan vitamin tambahan per bulan Rp1.500.000
Total Rp2.560.000

Rincian di atas merupakan perhitungan untuk memulai budidaya ikan mas dengan jumlah bibit sebanyak 100 ekor.

Jika kamu ingin memiliki yang lebih besar lagi tentu saja modal yang di butuhkan akan lebih banyak lagi.

Penutup

Demikianlah cara budidaya ikan mas beserta dengan rincian modalnya yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memulai.

Tentu saja bisnis budidaya ikan mas ini menjadi bisnis dengan modal kecil karena bisa dimulai dengan modal di bawah 5 juta rupiah.

Ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin memulai sebauh bisnis.

Check Also

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus – Kemukus merupakan tanaman berjenis rambat yang biasa dijumpai di sekitar kita. Tanaman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *