Cara Budidaya Jahe Merah di Polybag Dengan Baik dan Benar

Ngobrolbisnis.id – Kali ini saya akan mengulas cara budidaya jahe merah di polybag. Usaha budidaya jahe merah sebagai salah satunya usaha di sektor agribisnis yang cukup terkenal dan memberikan keuntungan.

Warga di perdesaan lumayan banyak membudidayakan jahe merah untuk dipasarkan ke warga kota atau bahkan juga ke luar negeri karena permintaan akan jahe merah lumayan tinggi.

Cara budidaya atau menanam jahe merah secara umum dikerjakan di area kebun atau ladang. Namun Anda dapat menanam dan budidaya jahe merah di media lain seperti di polybag.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Yang Mudah Dan Menguntungkan

Nach, berikut kami akan memberinya info bagaimana cara budidaya jahe lewat media karung, polybag dan dengan tehnik veltikultur.

Tehnik ini pasti benar-benar diperlukan untuk Anda yang tidak mempunyai tempat yang lumayan luas untuk lakukan budidaya tanaman jahe merah.

Degan memakai sistem vertikultur tempat yang diperlukan lebih sedikit dan pasti lebih efesien, ringkas dan irit ongkos.

Dalam budidaya jahe merah memakai sistem ini Anda perlu membuat lebih dulu rack bertingkat untuk tempat budidaya, lalu Anda dapat menyiapkan tempat tanam seperti karung atau polybag.

Nach, berikut beberapa langkah dalam menanam jahe merah dengan sistem veltikultur.

Cara Budidaya Jahe Merah di Polybag Dengan Baik dan Benar

Cara Budidaya Jahe Merah dengan Metode Vertikultur

Bila Anda memakai sistem veltikultur ada sejumlah keuntungan yang dapat Anda peroleh jika mengerjakan sistem ini dengan benar dan baik.

BACA JUGA:  Keuntungan Budidaya Ikan Nila Dalam Beton

Dengan sistem vertikultur tempat dan air yang dipakai semakin lebih irit dibanding memakai sistem yang konservatif. Untuk media tanamnya Anda dapat samakan saja apa yang ada di rumah Anda seperti karung, pot, bahkan juga polybag.

Lebih praktis saat lakukan perawatan tanaman jahe, Anda akan mendapat hasil panen semakin banyak, bahkan juga bila kamu lebih rajin dan telaten, kamu dapat semakin efesiensi bisa capai 80% dibanding dengan cara yang umum.

Untuk cara selengkapnya kamu dapat membaca pembahasan mengenai bagaimana cara budidaya tanaman jahe merah di polybag dengan benar dan baik.

Menyiapkan Media Tanam Jahe Merah

Untuk langkah pertama dalam budidaya tanaman ini Anda harus menyiapkan tempat tanam yang bakal dipakai.

BACA JUGA:  Keuntungan Dari Budidaya Ikan Lele Dalam Ember

Kalian dapat menggunakan tempat tanam polybag, tetapi bila berasa sedikit susah Anda dapat memakai karung sisa saja.

Sesudah media tanam dipersiapkan Anda lalu isi karung atau polybag itu dengan pasir, tanah dan pupuk organik, Anda dapat campur semuanya dengan formasi 1:1:1, upayakan tercampur rata.

Kalian dapat memakai tipe pupuk kandang yang di fermentasikan, ini bermanfaat supaya lebih gampang diserap oleh tanaman. Dengan memakai tipe pupuk ini keperluan unsur hara pada tanaman jahe merah.

Seperti budidaya jahe yang lain jika tempat yang dipakai untuk mempunyai kandungan asam yang tinggi seharusnya tambah kapur pertanian, agar PH tanah jadi stabil.

Memilih Bibit Tanaman Jahe Merah

Untuk bibit tanaman jahe merah Anda dapat pilih bibit yang unggul supaya tanaman jahe dapat hasilkan dengan optimal.

BACA JUGA:  7 Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium Rumah yang Menguntungkan

Salah satunya ciri-ciri bibit jahe yang baik ialah sudah cukup usia, bebas dari penyakit dan tidak ada cedera.

Jika Anda sudah memperoleh bibit favorit cara setelah itu memendam bibit jahe merah ke sebuah larutan fungisida sepanjang 15 menit.

Arah dari perendaman dengan supaya bibit jahe terlepas dari penyakit karena jamur atau masalah bakteri yang lain mengakibatkan kerusakan pada tanaman jahe.

Seterusnya semai bibit jahe di lokasi yang lembab dan jauhi dari cahaya matahari langsung, Anda dapat meyimpan di dalam gudang yang beralas jerami untuk persemaian bibit jahe merah Anda.

Selanjutnya letakan bibit jahe merah di atas jerami itu selanjutnya tutup dengan memakai jerami atau alang-alang.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Untuk Pemula

Saat menyemai bibit jahe perlu untuk dikontrol tiap hari supaya kelembapan jahe merah selalu terlindungi. Jika bibit terlampau kering, Anda harus menyiramiinya dikit demi sedikit sampai terwujud tingkat kelembapan yang stabil.

Tunas dari bibit jahe umumnya akan tumbuh saat berusia dua minggu. Jika tunas telah keluar tanda bibit siap untuk dipindah ke tempat tanam.

Cara Menanam Jahe Merah di Polybag

Sesudah tunas tumbuh karena itu selanjutnya adalah menempatkan tanaman jahe merah ke tempat tanam yang telah disiapkan, untuk sekarung kalian dapat menanam 3 sampai 5 tanaman jahe merah.

Anda harus cermat dalam menanam tunas itu, bila menanam kalian tempatkan status berdiri dengan tunas ada di atas. Kemudian tutup dengan tanah sedikit saja sekitaran 3-5 cm atau tutup media jerami kering dengan tebal yang serupa.

BACA JUGA:  Menambah Penghasilan Dengan Bisnis Budidaya Belut Dalam Ember

Kerjakan penyiraman bibit yang telah dipindahkan ke tempat tanam dengan teratur dan taruh di lokasi yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Saat tunas jahe telah tumbuh besar baru tanaman dapat dipindah ke tempat terbuka.

Perawatan Jahe Merah

Perawatan serta pemeliharaan tanaman penting untuk mendukung sukses atau tidak satu tanaman yang bakal Anda budidayakan.

Salah satunya cara yang paling penting dengan menyirami bibit jahe yang baru memulai tumbuh apa lagi jika musim kemarau karena itu penyiraman harus teratur dilaksanakan tiap hari, Anda wajib melakukan penyiraman rutun sampai tanaman berumur 0-3 bulan.

Untuk perawatan seterusnya yakni kerjakan penyiangan sampai tanaman mencapai umur empat bulan. Penyiangan ini dilaksanakan untuk jaga supaya tanaman tidak terganggu oleh gulma penganggu yang mengisap kandungan elemen hara tanah yang semestinya cuman untuk tanamn jahe.

BACA JUGA:  Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Seterusnya supaya tanaman jahe dapat tumbuh dengan subur dapat dilaksanakan pemupukan supaya kandungan gizi dalam tanah terbangun.

Beri pupuk organik pada tanaman jahe merah Anda di umur dua bulan dengan jumlah lebih kurang 1/5 dari kemampuan tempat tanam karung.

Untuk hasil lebih optimal Anda dapat lakukan pemupukan sekitar 3x sampai panen datang.

Cara Panen Jahe Merah

Jahe merah siap untuk dipanen saat berumur sekitaran 10-12 bulan. Tetapi sebetulnya untuk lebih maksimal periode panen yang bagus Anda dapat memetik di umur setahun karenanya memetik jahe merah di umur setahun Anda dapat memperoleh hasil panen yang betul-betul telah tua hingga rimpang jahe merah semakin bertambah berat.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal

Untuk cara panen dengan memakai media karung atau polybag sangat gampang, Anda tinggal buka karung atau polybag itu lalu tinggal mengambil rimpang jahe, kemudian basuh sama air bersih.

Demikianlah info mengenai cara budidaya jahe merah di polybag, semoga dapat berguna dan menambahkan wawasan Anda, Selamat mempraktikkan !

Check Also

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus – Kemukus merupakan tanaman berjenis rambat yang biasa dijumpai di sekitar kita. Tanaman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *