Cara Budidaya Kutu Air Dengan Daun Ketapang Bisa Meraup Keuntungan Besar

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Daun Ketapang Bisa Meraup Keuntungan Besar

NgobrolBisnis.id – Mempunyai suatu usaha adalah salah satu mimpi dari setiap orang, mendirikan usaha dengan iming-iming mendapatkan keuntungan menjadi hal yang tidak lagi biasa karena selain untuk memperoleh pengalaman tentu pastinya juga ingin menambah penghasilan.

Menginginkan sebuah usaha namun terkendala karena kurang memenuhinya salah satu kriteria yaitu modal, namun ternyata terdapat beberapa jenis usaha yang tidak membutuhkan modal dengan kisaran yang banyak, cukup dengan memahami caranya seperti apa dan bahan yang dibutuhkan apa, agar bisa mendirikan secepatnya guna menunjang segi penghasilan.

Salah satu usaha yang banyak digemari yaitu usaha ikan hias, nilai penjualan ikan hias mempunyai nilai yang cukup tinggi dengan permintaan yang bagus, oleh sebab itu usaha ikan hias ini bagus untuk dikembangkan guna memenuhi salah satu hal penting yaitu penghasilan.

Mengembangkan usaha ikan hias yang membutuhkan bahan pakan yang lumayan banyak membuat seseorang yang mengembankannya kadang mengalami kesusahan, akan tetapi saat ini telah ditemukan jenis pakan yang digunakan untuk diberikan ke ikan hias yang anda kembangkan.

Kutu air sebagai pakan ikan saat ini sedang ramai pada masyarakat, kutu air yang bisa dijadikan sebagai bahan pakan untuk ikan hias. Kutu air merupakan sumber pakan alami, pakan ini cocok untuk ikan hias seperti cupang dan guppy, namun produksi atau kutu air masih kurang sehingga banyak masyarakat yang memperbincangkan bagaimana proses dan cara budidaya kutu air dengan menggunakan daun ketapang ini.

TRENDING:  Cara Budidaya Ayam Kampung dengan Modal Kecil

Dengan mengetahui cara budidaya kutu air dengan daun ketapang ini maka bisa membantu proses produksinya sehingga bisa membantu para masyarakat yang mempunyai usaha ikan hias dalam memenuhi pakannya. Melihat harga pakan saat ini yang sudah meningkat menjadi akar masalah untuk diatasi dan dicari solusinya.

Fungsi Budidaya Kutu Air

Proses budidaya kutu air dengan daun ketapang ini sangatlah mudah tidak menggunakan cara yang sulit, anda hanya dibutuhkan untuk menyiapkan bahan dan alatnay terlebih dahulu. Adapun bahan yang digunakan bisa anda dapatkan disekitar rumah atau tempat tinggal anda. Dengan menggunakan daun ketapang ini pada budidaya kutu air bisa menjadi solusi tanpa starter.

Cara budidaya kutu air dengan daun ketapang ini sangat mudah didapatkan tanpa harus melakukan proses pembelian bibit. Penggunaan daun ketapang pada proses ini sangat baik karena daun ketapang mampu mengatur Ph didalam air secara optimal dan memberikan nutrisi yang berkualitas untuk ikan hias.

Proses Budidaya Kutu Air

Proses budidaya kutu air dengan menggunakan daun ketapang ini melalui beberapa proses yang harus anda lakukan agar mendapatkan hasil yang baik, adapun beberapa proses tersebut yaitu sebagai berikut

Menyiapkan Wadah atau Kolam

Pertama-tama anda menyiapkan wadah atau kolam terlebih dahulu, adapun yang dimaksud kolam disini yaitu yang terbuat dari bahan fiber ataukah wadah dari bak beton. Lalu setelah anda menyiapkan tempatnya maka tuang air kedalam kolam tersebut, jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka gunakan air yang bekas akuarium.

TRENDING:  Dengan Budidaya Lobster Air Tawar Bisa Memberikan Keuntungan

Mengapa bisa seperti itu karena air bekas akuarium tersebut mengandung amoniak dan bakteri yang bisa membantu dalam memperbanyak adanya kutu air dengan cepat. Jika anda hanya menggunakan air biasa maka kutu air yang akan muncul hanya sedikit saja sehingga sebaiknya anda jangan menggunakan air biasa ataupun air lainnya seperti air PDAM, air sungai dan air laut.

Merendam Daun Ketapang

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda menambahkan kapur ke dalam kolam yang anda gunakan suapaya bisa menetralkan air yang ada didalamnya, apabila anda sudah melakukannya maka masukkanlah daun ketapang untuk direndam. Daun ketapang tersebut direndam selama beberapa hari sampai daunnya membusuk, dengan seperti itu maka kutu air akan muncul dan langsung tumbuh didalam kolam tersebut.

Apabila anda sudah melakukan langkah ini maka tunggulah hingga air mengalami perubahan warna menjadi sedikit kecoklatan, hal yang seperti sudah benar jadi anda tidak perlu bingung dan khawatir yah. Jika sudah terjadi perubahan warna pada air menandakan daun ketapang sudah mengeluarkan yang namanya zat asam tanin diaman zat ini berguna sebagai sumber pakan untuk ikan.

TRENDING:  7 Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium Rumah yang Menguntungkan

Memasukkan Kapas Bekas Saringan Akuarium

Pada umumnya masalah para petani dalam mengembangkan kutu air ini yaitu mendapati kolam tempat budidaya tidak menghasilkan kutu air ataukah kutu air yang tiba-tiba mati dan mengakibatkan gagal panen.

Namun anda tidak perlu khawatir karena untuk masalah tersebut sudah ditemukan solusinya yaitu anda bisa menggunakan kapas bekas saringan akuarium dengan memasukkannya ke dalam kolam sebagai cara budidaya kutu air dengan daun ketapang, lalu diamkan selama beberapa hari maka nantinya kapas tersebut akan menjadi tempat atau sarang kutu air tumbuh dalam jumlah yang besar.

Menambahkan Pupuk Kandang

Apabila anda melakukan panen namun hasilnya hanya sedikit, ada baiknya anda menambahkan pupuk kandang ataupun kotoran ayam ke dalam kolam. Manfaatnya apa, bahan ini bagus untuk menjadi makanan kutu air, maka mereka akan bisa dengan cepat berkembang biak dan baik membantu pada cara budidaya kutu air dengan daun ketapang.

Memanen Kutu Air

Apabila sudah melalui beberapa proses diatas maka saatnya anda menunggu hingga waktunya panen, adapun waktu yang digunakan biasanya berkisar sekitar 7-11 hari, cara yang digunakan dalam proses panen yaitu menggunakan jaring tetapi jangan menggunakan jaring yang sembarangan yah.

Itulah beberapa proses yang bisa membantu anda mengetahui cara budidaya kutu air dengan daun ketapang yang bisa membantu dalam mendirikan usaha dan membantu ketersediannya bahan pakan ikan hias.

Pencarian popular: kutir pakai daun ketapang

Check Also

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus – Kemukus merupakan tanaman berjenis rambat yang biasa dijumpai di sekitar kita. Tanaman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *