7 Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium Rumah yang Menguntungkan

Ngobrolbisnis.id – Cara budidaya udang air tawar di aquarium rumah bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan. Yang bisa Anda jalankan selama masa pendemi ini untuk menambah pendapatan Anda.

Konsumsi udang air tawar terus alami kenaikan secara signifikan dari hari ke hari. Pasar khusus udang air tawar ialah beberapa pemilik warung makan dimulai dari warung kaki lima sampai restaurant bintang lima yang sama menyuguhkan udang sebagai menu makanan.

BACA JUGA:  Menambah Penghasilan Dengan Bisnis Budidaya Belut Dalam Ember

Tingginya kebutuhan pasar akan udang air tawar malah tidak disertai dalam jumlah prosuksi di kelompok pemberbudidaya.

Alsan classic yang seringkali muncul ialah keadaan cuaca dan alam yang tidak memberikan dukungan. Hingga kadang dalam setengah periode budidaya telah alami ketidakberhasilan bahkan juga saat panen produktifitas tidak sesuai yang diinginkan.

Sudah pasti ini memunculkan sebuah masalah di mana harga udang air tawar sering kali tinggi dipasaran.

Karena itu, market share konsumsi udang air tawar cuman menyosir kelompok menengah ke atas yang notabene ialah beberapa orang yang mempunyai kekuatan mumpuni dari sisi ekonominya.

Beberapa pemberbudidaya selanjutnya mulai memeras otak dan cari alternative budidaya yang dapat meminimalkan risiko. Salah satunya hal yang dapat dilaksanakan ialah mengubah lingkungan budidaya yang semula ditambahkan ke kolam aquarium.

BACA JUGA:  Peluang Bisnis Budidaya Udang Vaname Air Tawar

Rasanya agak aneh, tetapi budidaya udang air tawar dalam aquarium dirasakan jadi opsi terbaik untuk memaksimalkan pemeliharaan serta perawatan yang pasti dapat memberikan dukungan kesuksesan dalam budidaya. Inilah 7 Cara Budidaya Udang Air Tawar Di Aquarium Rumah yang memberikan keuntungan.

Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium Rumah (1)

1. Persiapan Media Budidaya (Aquarium)

Langkah awal dalam budidaya ini, sudah pasti harus menyiapkan aquarium. Anda dapat secara mudah memperoleh aquarium di beberapa toko yang ada di pasar, atau bila ingin membuatnya karena itu anda harus sedikit ribet.

Untuk ukuran aquarium seharusnya pilih yang ukuran bervariasi, anda kelak dapat sesuaikan dalam jumlah bibit yang bakal ditempatkan di dalam aquarium.

Sebagai dasar anda dapat memakai ukuran 10 ekor udang untuk 1 meter persegi dengan tinggi aquarium dari 80-100 cm. Bila memilih untuk membuat aquarium sendiri karena itu yakinkan pakai kaca memiliki ukuran tebal.

BACA JUGA:  Cara Memelihara Ikan Koi di Akuarium yang Benar

2. Pemilihan Bibit Udah Air Tawar

Sesudah penyiapan aquarium selesai, Langkah selanjutnya adalah memilih bibit. Dalam masalah ini yakinkan Jika bibit yang bakal dipakai adalah bibit yang berkualitas dan mempunyai produktifitas tinggi.

Untuk memudahkan proses penyeleksian bibit karenanya anda bisa memakai kriteria seperti berikut :

  • Pilih Bibit udang air tawar yang sehat dan tidak terkena hama dan penyakit.
  • Mempunyai warna kulit cerah mengkilat.
  • Mempunyai pergerakan yang aktif dan gesit.
  • Ukuran benih dan beratnya seragam.
  • Dan benih mempunyai ketahanan yang bagus ketika ada diperjalanan.
  • Idelanya pakai benihbyang telah berbobot 0,1 gram-0,3 gr.

3. Persiapan Pakan dan Vitamin

Hal yang harus juga diperhatikam dalam budidaya udang air tawar ialah penyiapan pakan dan vitaminnya. Karena tentu saja ini menjadi satu diantara kunci untuk dapat hasilkan udang yang memiliki ukuran besar dan mempunyai harga jual tinggi.

BACA JUGA:  Ingin Tambah Penghasilan Yuk Budidaya Jamur Kancing

Tipe pakan dan jumlah pakan yang dipakai akan punya pengaruh langsung terhadap perkembangan udang air tawar. Karenanya, sebaiknya pakan udang air tawar harus penuhi unsur unsur diantaranya :

  • Biji jagung
  • Tepung terigu
  • Ketan padi
  • White germ meal
  • Rice brean

Untuk memudahkan pilih tipe pakan yang pas anda dapat membeli di toko pakan ikan dan udang. Tentu saja selainnya lebih sederhana ini dirasakan lebih praktis.

Untuk vitamin sendiri anda bisa juga memperolehnya di toko pemasaran pakan udang, tentunya vitamin yang diberi harus sanggup memberinya imbas baik untuk perkembangan dan pakai vitamin yang telah umum dipakai untuk udang.

4. Tahapan Budidaya Udang Air Tawar

Tingkatan budidaya diawali dengan penyiapan aquarium untuk budidaya udang air tawar. Tingkatan ini dilaksanakan lewat beberapa langkah berikut :

  • Membersihkan aquarium dari kotoran atau debu yang melekat.
  • Isi aquarium memakai air bersih, check pH air untuk baiknya pH air budidaya sebaiknya ada pada angka 6-7.
  • Selanjutnya check temperatur air, baiknya ialah 25-26 derajat celcius.
  • Untuk menyiapkan oksigen di dalam kolam gunakanlah pompa atau aerator yang umum dipakai dalam budidaya ikan hias.
  • Janganlah lupa masukan potongan paralon yang bersik di dalam aqurium, paralon ini nantinya akan dipakai sebagai tempat persembunyian udang.
  • Diamkan sepanjang sekian hari, baru selanjutnya benih udnag tawar bisa disebar dalam aquarium.
  • Pastikan populasi sesuai luas aquarium, jika terlalu padat menebar akan memunculkan udang depresi dan alami kematian.
BACA JUGA:  Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

5. Perawatan dan Pemeliharaan

Kunci sukses sebuah budidaya pasti berada pada factor pemeliharaan serta perawatan yang intens.

Oleh karenanya dalam budidaya udang air tawar di aquarium rumah komponen pemeliharaan serta perawatan diantaranya ialah seperti berikut :

Pemberian Pakan

Pemberian pakan dilaksanakan sekitar 2x dalam satu hari yaitu pada sore dan pagi hari. Dengan komposisi 40% pada pagi hari dan 60% pada sore hari.

Penting diingat jika saat pemberian pakan baiknya janganlah sampai tersisa pakan mengotori aquarium. Anda dapat memberinya pakan dikit demi sedikit dan diamkan udang mengkonsumsinya sampai habis, saat telah kenyang pasti mereka akan stop sendirinya.

Jaga Kualitas Air

Penting diingat berkenaan kualitas air dalam aquarium, karena ini jadi penting.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ayam BK yang Sukses, Ini Hal yang Bisa Anda Terapkan!

Ditambah lagi aquarium mempunyai sektor yang sempit hingga tentu saja menumpuknya kotoran dalam air bisa bawa imbas jelek khususnya untuk kesehatan dan perubahan udang air tawar.

Selainnya kualitas warna air harus juga jadi perhatian karena tentu saja perubah warna memberikan indikasi harus segera dilakukan pergantian air.

Seharusnya segera tukar dengan air bersih yang baru, dengan mengalihkan lebih dulu udang di dalam tempat lain, baru selanjutnya saat air telah ditukar bisa ditempatkan kembali di dalam aquarium.

Proses Pemijahan

Pemijahan sebagai proses alami yang bakal dilaksanakan sendirinya oleh udang. Proses ini relatif tidak memerlukan kontribusi manusia, karena udang yang sudah siap mereproduksi akan lakukan perkawinan dengan sendirinya.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Cacing Sutra Yang Menguntungkan

Anda perlu mempersiapkan aquarium pemijahan yang diisi 1 pejantan dan 2 betina. Selebihnya lewat cara natural mereka akan lakukan proses perkawinan.

Pemisahan Ukuran

Ketika budidaya telah jalan lebih dari 4-5 bulan karena itu telah waktunya anda lakukan pemisahan udang berdasrkam ukuran.

Ini mempunyai tujuan untuk memusatkan pemberian pakan sesuai komposisi berat badan udang. Bila udang kecil dan besar di gabungkan karena itu yang ditakuti ialah udang besar akan makan porsi pakan udang kecil. Hingga pada akhirannya pertumbuhan udang kecil jadi terhalang.

6. Perisapan Memanen

Penyiapan panen dilaksanakan minimum satu minggu saat sebelum panen datang. Diawali dengan cari pengepul atau penampung hasil panen kita. Memeprsiapkan alat panen seperti saringan atau jala.

BACA JUGA:  Dengan Budidaya Lobster Air Tawar Bisa Memberikan Keuntungan

Dan yang tak lupa ialah mempersiapkan box stereofoam yang bakal dipakai sebagai tempat penyimpanan udang. Janganlah lupa mempersiapkan es balok atau mesin pendingin untuk simpan udang supaya masih tetap fresh.

7. Waktunya Memanen

Sesudah masa budidaya yang lumayan panjang, karenanya kita mulai dapat lakukan pemanenan pada usia enam bulan.

Panen dilaksanakan dengan mengambil udang air tawar dari dalam aquarium dan meletakkannya di dalam box yang telah dipersiapkan. Selanjutnya pisahkan udang sesuai ukuran dan juga menyortir udang yang tidak pantas jual. Selanjutnya diteruskan dengan proses pengepakan dan dikirimkan ke pengepul atau yang menerima hasil panen.

Nah itu lah 7 Cara Budidaya Udang Air Tawar Di aquarium rumah yang bisa Anda pelajari pada artikel ini. Mudah-mudahan menjadi rekomendasi dan ide untuk anda. Selamat mempraktikkan dan mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal

Check Also

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus – Kemukus merupakan tanaman berjenis rambat yang biasa dijumpai di sekitar kita. Tanaman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *