Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser

Cara Buka Toko di Shopee dan Hasilkan Cuan dari Jualan

2 min read

Cara Buka Toko di Shopee dan Hasilkan Cuan dari Jualan

Cara buka toko di Shopee sangat mudah karena bisa dilakukan cukup dari genggaman tangan. Siapa yang tidak kenal Shopee. Marketplace ini telah menjadi salah satu platform belanja online raksasa di Indonesia. Jutaan orang telah mendownload aplikasi ini dan memasangnya di smartphone mereka untuk berbelanja berbagai kebutuhan.

Maka tidak heran kalau platform ini semakin diminati para pebisnis untuk memperdagangkan produk andalannya secara online. Tidak hanya pengusaha yang sudah lama bergelut di dunia bisnis, bahkan pebisnis baru juga memiliki kesempatan sama untuk mencapai kesuksesan disana. Jadi, kamu juga patut memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin.

Tetapi sebagai pemula kadang banyak yang masih bingung bagaimana cara buka toko di Shopee. Pada dasarnya yang kamu butuhkan hanya perangkat gawai atau gadget bisa berupa smartphone maupun PC dan koneksi internet. Selain itu tentunya harus mempersiapkan juga produk yang hendak dijual. Berikut ini tutorial membuka toko online di Shopee.

1. Buat Akun Shopee

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah membuat akun di marketplace berwarna khas oranye tersebut. Caranya, kamu bisa mengunduh aplikasi lewat App Store jika menggunakan smartphone iOS atau Play Store jika memakai handphone Android. Selain aplikasi, pengguna juga bisa membuat akun melalui PC dengan masuk ke situs resmi Shopee.

TRENDING:  Shopeepay Later Tidak Bisa Digunakan dan Cara Mengatasinya

Setelah masuk ke halaman situs atau aplikasi, klik “Daftar”. Berikutnya kamu akan diminta memasukkan nomor handphone atau email. Kemudian akan muncul dialog box kode captcha yang harus diisi dan kode verifikasi. Perlu juga verifikasi nomor handphone dan juga surel (email). Kalau sudah diisi semua dan mengklik “Daftar”, akunmu siap digunakan.

2. Melengkapi Profil Toko

Setelah berhasil registrasi akun, kemudian buka menu Saya yang dapat kamu temukan di pojok kanan bawah jika menggunakan aplikasi. Lalu, klik menu Mulai Jual pada bagian pojok kiri atas. Sedangkan cara buka toko di Shopee jika melalui website, pilih menu Jual di bagian atas halaman.

Toko yang baik tentunya harus memiliki profil jelas dan juga menarik. Untuk itu, kamu wajib melengkapi informasi serta mengatur profil toko online. Beberapa elemen yang harus diisi antara lain nama toko, deskripsi lengkap, foto atau logo, serta banner. Untuk mengaturnya, silakan pergi ke seller center Shoppe, lalu masuk Pengaturan Toko.

Mengisi profil adalah salah satu hal paling krusial jika kamu membuka lapak di marketplace ini. Karena konsumen yang sedang mencari barang kebutuhannya akan enggan membeli di toko tanpa profil jelas. Untuk itu, cara buka toko di Shopee yang baik harus memperhatikan setiap elemen profil agar terlihat menarik dan profesional.

TRENDING:  6 Rekomendasi Marketplace China untuk Beli Barang Murah

3. Mengatur Alamat dan Jasa Pengiriman

Setelah mengisi profil, step berikutnya yaitu mancantumkan alamat toko dengan jelas. Caranya tekan menu Alamat Saya lalu isikan alamat dengan benar. Kalau kamu memiliki beberapa lokasi atau cabang, tidak ada salahnya mencantumkan beberapa alamat dengan cara klik menu Tambah. Ini menunjukkan bahwa bisnismu sudah terpercaya karena punya beberapa lokasi.

Sesudah mencantumkan alamat toko dengan lengkap, selanjutnya atur jasa pengiriman yang tersedia untuk pembelian produkmu. Semakin banyak pilihan ekspedisi yang kamu sediakan, maka konsumen lebih leluasa dalam menentukan jenis jasanya. Jadi, hal ini patut dipertimbangkan. Nah kalau sudah, kamu bisa lanjut ke tahapan cara buka toko di Shopee selanjutnya.

4. Input Rekening Bank

Penting sekali mengisi data yang satu ini karena berkaitan dengan pencairan dana penjualan kamu. Setelah melengkapi profil dan alamat toko, langkah selanjutnya adalah mengisi data rekening. Usahakan agar kamu menggunakan rekening pribadi supaya tidak terjadi masalah saat proses verifikasi maupun pencairan.

Cara menginput rekening yaitu masuk ke menu Kartu/Rekening Bank. Lalu masukkan kata sandi akun Shopee kamu, sesudah itu pilih jenis rekening bank sesuai yang digunakan. Tap Tambah Rekening Bank. Kalau sudah terisi semua, langkah berikutnya adalah mulai berjualan di Shopee.

TRENDING:  7 Cara Ikut Flash Sale Shopee Mendapatkan Barang Incaran

Baca juga: Cara Berjualan di Shopee

5. Upload Produk dan Mulai Jualan

Cara buka toko di Shopee sudah kamu lakukan dari satu step ke step berikutnya. Sekarang saatnya mulai upload produk dengan cara pilih menu Tambah Produk Baru. Kemudian lengkapi informasi terkait produk tersebut mulai nama, deskripsi, hingga harganya. Jangan lupa juga menambahkan foto yang kualitasnya baik.

Tidak ada salahnya menambahkan beberapa foto untuk satu item barang. Dengan begitu konsumen dapat mengamati produk yang dijual secara detail. Mencantumkan informasi penting seperti warna, ukuran, spesifikasi, hingga jumlah stok juga harus diperhatikan. Tidak lupa, seller juga wajib melakukan promosi agar produknya cepat laku.

Berjualan lewat platform online memang sangat mudah, praktis, dan hemat biaya. Meski demikian, usahakan agar toko yang kamu kelola memiliki performa optimal agar hasil penjualannya juga memuaskan. Cara buka toko di Shopee tersebut bisa kamu praktekkan sekarang juga agar segera raih banyak keuntungan.


SEKARANG ANDA BISA MENDAPATKAN ORDERAN TIAP HARI DARI SHOPEE

Lebih Dari 2.258+ Orang Belajar Di KELAS SHOPEE

Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser