Cara Cetak Invoice di Shopee untuk Penjual dan Pembeli

1 min read

cara cetak invoice di shopee

Beberapa penjual online ada yang masih awam dalam memanfaatkan beberapa fitur Shopee, salah satunya adalah cara cetak invoice di Shopee. Mencetak invoice berguna untuk menghemat waktu dan meminimalisir kesalahan penulisan identitas pembeli. Berikut cara yang bisa dicoba bagi pengguna Shopee:

Invoice di Shopee, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Invoice merupakan nota penjualan yang menjadi alat bukti transaksi antara penjual dan pembeli. Nota ini sudah biasa ada pada setiap toko. Saat melakukan jual beli secara online, akan tersedia nota dalam bentuk pdf yang lebih dikenal dengan nama invoice.

Contoh Invoice Shopee

Nota pembayaran ini akan bermanfaat untuk mencatat transaksi yang akan atau telah dilakukan. Bagi penjual, mencetak invoice juga bisa menghindari kesalahan penulisan pada identitas penerima dan produk yang dipesan. Penjual juga terlihat lebih profesional saat mencetak invoice-nya.

TRENDING:  Cara Membuat Harga Coret di Shopee untuk Penjual

Di dalam invoice, akan tertera rincian harga dan kuantitas produk yang dipesan. Kemudian tertera juga cara pembayaran yang disepakati serta apakah penagihan tersebut sudah dilunasi atau belum. Oleh karena itu, mencetak invoice akan sangat bermanfaat untuk pelayanan toko yang akurat.

Cara Cetak Invoice di Shopee Bagi Penjual dan Pembeli

Baik penjual atau pembeli memiliki hak untuk menerima invoice. Shopee akan otomatis menyediakan invoice bagi pemesanan yang sudah dilakukan. Namun, tidak semua orang mendownload dan mencetaknya. Bagi pengguna yang ingin mencetak invoice di Shopee, simak cara berikut ini:

1. Mencetak Invoice Bagi Penjual

Untuk memudahkan pencetakan, penjual perlu memakai laptop yang sudah tersambung dengan printer. Apalagi jika invoice yang dicetak cukup banyak dan dilakukan setiap hari. Kedua perangkat tersebut perlu menjadi aset penjualan. Untuk mencetak invoice, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Masuk pada web Shopee melalui laptop yang tersambung dengan printer.
  2. Bukalah menu Seller Center.
  3. Klik pada pilihan Penjualan Saya.
  4. Klik pada tulisan Pengiriman Massal atau pada kiriman yang invoice-nya akan dicetak.
  5. Kemudian pilih jasa kurir pengiriman yang akan dipakai.
  6. Checklist pada kolom centang di baris produk.
  7. Jika data yang ada sudah sesuai, klik Konfirmasi.
  8. Untuk mencetak invoice, klik Cetak Label.
  9. Invoice akan terdownload dan kemudian bisa dicetak oleh penjual.
TRENDING:  7 Cara Ikut Flash Sale Shopee Mendapatkan Barang Incaran

2. Mencetak Invoice Bagi Pembeli

Tidak hanya penjual, pembeli pun bisa mencetak invoice. Karena ini merupakan nota belanja, maka keduanya berhak mendapatkan invoice. Nantinya, invoice yang bisa dicetak bukan hanya yang sudah dibayar, tapi juga pesanan yang belum dibayar. Berikut langkah yang perlu diikuti:

  1. Masuk pada aplikasi Shopee yang ada pada HP Android.
  2. Klik pada menu saya.
  3. Temukan pembelian yang akan dicetak invoice-nya, baik itu pada mode belum bayar, dikemas, atau dikirim.
  4. Klik pada produk yang invoice-nya akan dicetak.
  5. Kemudian klik pada tulisan Lihat Faktur.
  6. Klik tombol kirim untuk mendapatkan invoice, maka invoice akan terkirim ke email yang terdaftar pada Shopee.
  7. Selanjutnya, buka email yang sudah dikirimi invoice.
  8. Download kemudian print, maka invoice akan tercetak.
TRENDING:  Cara Menggunakan Voucher Emas di Shopee, Mari Menabung Sekarang!

Karena proses untuk mengirimkan invoice dilakukan melalui email, maka harus dipastikan email pengguna sudah terdaftar dan sudah terverifikasi di Shopee. Namun, jika membukanya melalui website dan laptop. Maka proses mencetak bisa langsung seperti langkah pada mencetak invoice oleh penjual.

Demikian penjelasan mengenai cara cetak invoice di Shopee. Informasi ini akan bermanfaat bagi para penjual online yang sedang mengembangkan bisnisnya. Meski penjual memerlukan perangkat tambahan yaitu printer, namun hal ini akan mengefisienkan proses penjualan dan pengiriman.

Pencarian popular: https://www ngobrolbisnis id/cara-cetak-invoice-di-shopee/