cara daftar affiliate tokopedia

Cara Daftar Affliate Tokopedia dan Menghasilkan Uang dari Affiliate Tokopedia

Seperti yang sudah banyak dibahas, affiliate marketing adalah sebuah model bisnis baru dimana pelakunya akan mendapatkan uang komisi dari hasil penjualan produk. 

Bisnis ini cukup mudah dilakukan dan tidak perlu banyak modal. Selain itu, proses promosi barang hanya dilakukan dengan membagikan link tertentu di media sosial kamu.

Kini telah banyak situs e-commerce yang mengadakan program afiliasi, tak terkecuali Tokopedia. E-commerce yang berdiri tahun 2009 ini meluncurkan Tokopedia Affiliate Program. 

Kira-kira apa saja sih keuntungan mengikuti program ini, dan bagaimana cara daftar affiliate Tokopedia? 

Mengenal Tokopedia Affiliate Program

Resmi diluncurkan pada April 2019, Tokopedia Affiliate Program Hadir sebagai solusi untuk seller di Tokopedia dan rekan afiliasi. Sehingga ketika terjadi transaksi dari link yang disebarkan, maka rekan afiliasi akan mendapatkan komisi. 

Tokopedia percaya bahwa testimoni dan rekomendasi orang terdekatlah yang membuat seseorang melakukan transaksi pembelian. Asyiknya lagi, semua orang berkesempatan untuk mengikuti Tokopedia Affiliate Program.

Manfaat Mengikuti Tokopedia Affiliate Program 

Menjadi situs e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia menyediakan Tokopedia Affiliate Program melalui fitur khusus yang disebut ByMe. Ini dia keuntungan yang akan kamu dapatkan saat kamu bergabung di Tokopedia Affiliate Program:

  • Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran, cukup punya akun Tokopedia dan media sosial.
  • Nggak perlu punya banyak followers untuk bisa jadi affiliate di Tokopedia.
  • Mendapatkan passive income saat ada followers yang membeli barang rekomendasi kamu.
  • Banyak produk yang bisa kamu rekomendasikan dari seller Official Store, Power Merchant, Power Merchant Pro.
  • Bisa kenalan sama banyak teman baru dan tergabung di komunitas Akademi Kreator Tokopedia.
  • Dapat ilmu baru seputar content creation, marketing, dan banyak materi menarik lainnya!
TRENDING:  7 Cara Menemukan Ide Bisnis

Syarat dan Ketentuan Mendaftar Tokopedia Affiliate Program

Sebelum mulai mendaftar, ada baiknya membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuannya agar kamu mengerti cara kerjanya. Ini dia syarat dan ketentuan untuk mendaftar Tokopedia Affiliate Program dilansir dari laman situs affiliate.tokopedia.com:

  1. Pastikan akun affiliate kamu sudah terverifikasi. Akun yang sudah terverifikasi akan memudahkan kamu untuk menarik penghasilan komisi.
  2. Jangan mempromosikan barang-barang yang dilarang di syarat & ketentuan Tokopedia.
  3. Tidak boleh mempromosikan barang milik toko sendiri.
  4. Buka akun media sosial dan blog yang kamu gunakan untuk umum untuk memperluas reach.
  5. Tidak terlibat dalam aktivitas penipuan yang ada sangkut-pautnya dengan akun Tokopedia. 
TRENDING:  7 Strategi Bisnis Angkringan Modern Agar Sukses

Cara Mendaftar Affiliate di Tokopedia 

Setelah mencermati syarat dan ketentuannya, kini saatnya mendaftar affiliate di Tokopedia. Proses pendaftarannya mudah banget, lho! Beginilah cara mendaftar affiliate di Tokopedia:

  • Buka aplikasi Tokopedia dari ponsel kamu 
  • Pilih profil.
  • Kemudian pilih ‘Cari Tahu Caranya’.
  • Pilih Coba Sekarang
  • Setelah itu, buatlah username untuk link afiliasi kamu.
  • Kemudian, simpan link afiliasi itu.
  • Kemudian pilih lihat pilihan produk. Silakan pilih produk yang ingin kamu promosikan dari Official Store, Power Merchant, dan Power Merchant Pro.
  • Klik ‘Tambah ke ByMe’.
  • Tekan tambah gambar jika masih ingin menambah gambarnya.
  • Kemudian, tekan selesai
  • Produk kamu sudah masuk ke ByMe milikmu, untuk membagikannya silakan tekan icon ‘Share’ di bagian pojok kiri bawah yang terletak di samping menu tambah rekomendasi.

Cara pembagian passive income dari Tokopedia Affiliate Program

Setelah mengetahui langkah-langkah mendaftar Tokopedia Affiliate Program, kini kita bahas cara pembagian passive income di Tokopedia Affiliate Program. Dikutip dari laman situs Tokopedia, ada dua kategori passive income di Tokopedia Affiliate Program, yaitu komisi tinggi dan bonus ekstra. 

Komisi tinggi berlaku untuk penjualan produk di semua kategori. Nilai komisi yang ditawarkan di  kategori pertama ini bervariasi mulai dari 5% hingga 50 ribu rupiah per 1 item yang terjual.

Sedangkan untuk kategori bonus ekstra, kamu akan mendapatkan komisi yang sama dengan kategori komisi tinggi. Namun, kamu juga akan mendapatkan traffic fee mencapai Rp 5 juta serta order fee mencapai Rp 1,7 juta. Keterangan selengkapnya mengenai passive income di Tokopedia Affiliate Program bisa dilihat di sini.

TRENDING:  Pengertian Proses Produksi Menurut Para Ahli, Jenis dan Faktornya

Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketer di Tokopedia

Rutin mengunggah Konten setiap minggunya 

Tips pertama untuk sukses menjadi affiliate di Tokopedia adalah dengan rutin mengunggah konten setiap minggunya. Rutin mengunggah konten dapat menarik pengunjung untuk bertransaksi di link promosimu. 

Kemas Konten dengan Personal dan Menarik 

Kemudian, buat foto produk yang orisinil dan tuliskan caption yang dapat menarik perhatian pembeli. Lalu review yang personal dan menarik juga dapat meningkatkan jumlah followers media sosial kamu secara organik, lho!

Fokus pada niche tertentu 

Dalam program afiliasi, kita tentu bebas memilih produk yang ingin dipromosikan. Namun, untuk dapat membangun kepercayaan pelanggan, sebaiknya kamu berfokus pada bidang yang kamu kuasai.

Selain itu, pilih produk yang sedang trend saat dan banyak dicari oleh para pengguna Tokopedia. Umumnya, semua produk baru yang dipasarkan dan sistem ini lebih efektif untuk tingkatkan omset penjualan.  

Baca Juga: Cara Kerja Shopee Affiliate, Program Kemitraan dari Shopee

Itulah penjelasan mengenai Tokopedia Affiliate Program beserta cara mendaftar Affiliate di Tokopedia. Apakah kamu tertarik mendaftar Tokopedia Affiliate Program? Selamat mencoba dan semoga sukses ya! 

Check Also

10 Ide Bisnis Online di Masa Pandemi yang Potensial dan Menjanjikan (1)

10 Ide Bisnis Online di Masa Pandemi yang Potensial dan Menjanjikan

Adanya pandemi COVID19 sedikit banyak berdampak di segala aspek kehidupan, termasuk dibidang ekonomi. Tak sedikit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *