E-CommerceShopee

Cara Dropship di Shopee, Solusi Bisnis Mudah dan Murah

Cara Dropship di Shopee, Solusi Bisnis Mudah dan Murah
Cara Dropship di Shopee, Solusi Bisnis Mudah dan Murah

Mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi dengan metode atau cara dropship di Shopee. Namun ternyata masih ada sebagian dari masyarakat yang belum tahu bahwa marketplace ini menyediakan fasilitas jual barang dengan sistem dropship bagi penggunanya. Padahal ini merupakan cara mudah dan praktis bagi pebisnis online pemula.

Sebagai salah satu platform marketplace paling populer di Indonesia, Shopee memberikan dukungan kepada penggunanya supaya bisa mengembangkan bisnis dengan meningkatkan penjualan melalui sistem dropship. Di sisi lain, cara ini juga memberikan keuntungan bagi Shopee karena akan lebih banyak transaksi yang dilakukan oleh pengguna lewat marketplace ini.

Kalau kamu berkeinginan merintis usaha tapi masih bingung karena tidak punya banyak modal, berjualan sebagai dropshipper bisa dijadikan alternatif. Seorang dropshipper tidak wajib menyediakan barang dan stok produk ataupun ribet memikirkan packaging. Modal yang diperlukan juga tidak banyak. Kami akan mengulas cara dropship di Shopee untuk merintis usaha.

1. Daftar Akun Shopee

Langkah wajib pertama yaitu mendaftar akun Shopee karena kalau tidak punya akun di marketplace tersebut pastinya tidak bisa jualan dengan status dropshipper. Caranya sangat mudah, siapkan koneksi internet lalu download aplikasi Shopee lewat Play Store (Android) maupun App Store (iOS). Lalu klik daftar.

Registrasi akun membutuhkan nomor telepon atau email dan juga kata sandi. Shopee akan mengirim kode verifikasi melalui SMS atau email, lalu kamu harus memverifikasinya. Setelah itu, akun siap digunakan untuk berjualan sebagai dropshipper. Registrasi juga bisa dilakukan via website dengan mengunjungi halaman resmi Shopee.

2. Pilih Barang dari Supplier Terbaik

Cara dropship di Shopee tentunya perlu juga memilih dan menentukan produk apa yang hendak diperdagangkan. Misalnya kamu ingin berjualan produk fashion, carilah supplier dengan produk berkualitas. Jika sudah ada pelanggan yang membeli produk tersebut, langkah berikutnya yaitu melakukan pembelian ke supplier.

Jangan lupa memperhatikan detail pesanan dari konsumen, misalnya warna, ukuran, jumlah, dan sebagainya. Sebaiknya kamu memilih satu macam vendor atau supplier saja jika ingin menjadi dropshipper di marketplace ini. Hal ini agar memudahkan saat proses pengiriman. Karena jika dikirim dari supplier berbeda tentunya akan membutuhkan ongkir lebih mahal.

3. Membeli Produk (Checkout)

Cara dropship Shopee setelah memesan barang dengan memasukkan data-data pesanan yang benar, selanjutnya kamu bisa melakukan checkout. Cek list produk-produk yang sudah masuk ke keranjang belanja terlebih dahulu lalu klik checkout. Ini artinya pemesanan kamu segera diproses dan diharuskan membayar sesuai nominal harga barang sekaligus ongkos kirimnya.

Yang perlu diperhatikan adalah kamu harus mempersiapkan uang terlebih dahulu untuk membeli barang dari supplier jika menjualnya lewat Shopee. Hal ini karena transaksi transfer dari pelangganmu ditahan dulu oleh pihak Shopee sampai barang benar-benar sampai dan diterima oleh konsumen. Jadi memang membutuhkan modal sesuai jumlah harga barangnya.

Lain halnya jika kamu menjual lewat media sosial seperti Facebook atau Instagram dimana konsumen akan langsung mentransfer uang ke rekening pribadimu. Sehingga kamu dapat membelanjakan uang tersebut ke supplier tanpa mengeluarkan modal dari uang sendiri. Namun transaksi lewat rekening bersama di marketplace tersebut tentu lebih diminati konsumen.

4. Mengisi Alamat Pembeli

Cara dropship di Shopee berikutnya, kamu harus mengisi alamat si penerima alias pelanggan. Ini sangat penting karena jika tidak dilakukan maka mustahil barang bisa diterima dengan selamat sampai ke tangan pembeli. Jadi pastikan kamu telah mengantongi alamat kemana produk tersebut harus dikirim.

Data yang perlu dicantumkan antara lain nama penerima, nomor telepon, dan juga alamat lengkap. Untuk alamatnya, usahakan selengkap mungkin seperti nama dan nomor jalan, desa, kecamatan, hingga nomor RT maupun RW. Hal ini dilakukan supaya kiriman cepat sampai ke tangan konsumen karena kurir tidak kesulitan mencari alamat.

Baca Juga: Cara Menjadi Star Seller Shopee

5. Kirim Sebagai Dropshipper

Langkah ini adalah cara dropship di Shopee yang paling penting. Setelah mengisi alamat penerima, kamu akan diarahkan pada halaman pemesanan berikutnya. Di halaman tersebut terdapat opsi Kirim sebagai Dropshipper. Cek list menu tersebut supaya sistem mengenali bahwa pesanan tersebut diminta oleh dropshipper.

Kemudian isikan nama serta nomor teleponmu. Sehingga nantinya pada paket kiriman tersebut akan tertulis pengirimnya atas namamu. Tidak mungkin, kan, supplier akan mencantumkan alamat mereka karena pembeli akan bingung. Selanjutnya pihak supplier akan melakukan packing barang dan mengirimkannya ke pembeli langsung.

Dengan demikian, cara dropship di aplikasi Shopee memungkinkan kamu untuk tetap menjual barang tanpa harus kesulitan melakukan stocking, packing, dan mengirim ke alamat pembeli. Agar produk laris terjual, sebaiknya lakukan promosi dengan giat melalui berbagai platform.

Shopee memang menjadi lahan empuk bagi para pebisnis pemula untuk merintis usaha sendiri. Meski demikian, tetap saja kamu harus berusaha dengan tekun dan serius jika ingin sukses serta meraup keuntungan hingga jutaan rupiah. Dengan cara dropship di Shopee ini, kamu bisa mewujudkan impian sebagai pebisnis online sukses.


SEKARANG ANDA BISA MENDAPATKAN ORDERAN TIAP HARI DARI SHOPEE

Lebih Dari 2.258+ Orang Belajar Di KELAS SHOPEE

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:E-Commerce