Cara Endorse Selebgram Untuk Pemula Agar Penjualan Laris

3 min read

Cara Endorse Selebgram Untuk Pemula Agar Penjualan Laris

Sebelumnya saya sudah pernah share juga 4 tips endorse selebgram berdasarkan buku Login Instagram namun di postingan kali ini agak berbeda. Karena disini lebih lengkap bahasan tentang cara endorse selegram untuk pemula.

Sesuai judulnya, cara ini saya tujukan untuk pemula yang ingin meningkatkan penjualan produknya dengan cara endorse selebgram.

Memang ada banyak cara untuk melakukan promosi di instagram. Bisa dengan cara gratis memanfaatkan semua fitur yang ada di instagram atau bisa juga dengan cara berbayar menggunakan instagram ads, paid promote atau endorse selebgram.

Nah, jika anda memiliki budget yang banyak maka saya sarankan untuk melakukan endorse selebgram. Di bawah ini adalah cara untuk endorse selebgram untuk pemula.

1. Percantik akun instagram

Ini adalah langkah awal jika anda ingin melakukan endorse produk anda ke selebgram yaitu dengan mempercantik akun instagram anda terlebih dahulu.

Kenapa?

Jika anda perhatikan alur terjadinya penjualan di instagram sebegai berikut:

  1. Anda endorse produk anda menggunakan jasa selebgram
  2. Followers dari selebgram tersebut tertarik dan mulai kepo ke akun instagram anda
  3. Mereka lihat-lihat akun ig anda sebelum memutuskan untuk beli
  4. Mereka menghubungi anda lewat info yang ada di BIO untuk membeli produk anda

Yah.. kira-kira seperti itu alurnya.

Coba anda bayangkan ketika anda sudah melakukan endorse selebgram dan followersnya sudah mulai tertarik tapi akun instagram anda tidak menarik atau jelek dan yang lebih parahnya lagi jika tidak ada konten di dalamnya.

Hal ini akan membuat orang yang berkunjung menjadi ragu untuk membeli.

Oleh karena itu anda harus membuat profil akun instagram anda terlihat menarik seperti akun @indo_booth di bawah ini.

TRENDING:  47 Contoh Bio Instagram Yang Menarik Followers Tinggal Contek Saja

cara endorse selebgram

Jika anda bingung atau tidak bisa membuat postingan puzzel seperti di atas. Anda bisa membeli templatenya disini.

Dengan begitu orang yang melihat akun instagram anda menjadi lebih tertarik untuk membeli produk anda.

2. Kriteria Selebgram Yang Cocok Untuk Endorse

Jangan asal melakukan endorse ke selebgram tanpa tahu kriteria sebegram yang cocok untuk endorse itu seperti apa. Nah di bawah ini adalah beberapa kriteria yang harus anda perhatikan sebelum endorse.

Lihat Profil Instagramnya

Anda harus memastikan bahwa profil instagramnya sesuai dengan produk yang anda jual. Jangan sampai anda hanya melihat followersnya banyak tanpa melihat profil instagramnya.

Ketika anda melihat profil instagramnya anda juga harus mengetahui karakter dari selebgram tersebut. Seperti misalnya anda jualan alat-alat olahraga dan anda ingin mengendorse selebgram. Maka tidak tepat jika anda melakukan endorse ke selebgram yang suka makan.

Akan lebih tepat jika melakukan endorse ke selebgram yang memiliki karkter macho dan suka dengan olahraga.

Periksa Interaksi Postingannya

Followers banyak tapi interaksi postingannya sedikit? Hhmmm jika seperti ini anda perlu curiga apakah followers yang didapatkan hasil beli atau akunnya yang beli.

Cek juga like dan komen dari postingannya apakah bagus atau tidak.

Lihat Konten Yang di Post

Selanjutnya anda juga bisa melihat konten yang di post oleh selebgram tersebut dan juga seberapa sering ia memposting konten, serta sebagus apa kualitas konten yang ia posting.

Jika konten yang ia posting bagus. Hal ini akan menguntungkan anda juga, dimana selain anda mendapatkan endorse anda juga akan mendapatkan foto yang bagus untuk anda posting di akun ig anda atau juga bisa digunakan untuk melakukan promosi di tempat lain menggunakan foto selebgram tersebut.

Cek Kesesuaian Dengan Produk Anda

Yang terakhir adalah cek kesesuaian dengan produk anda. Saya sudah singgung sedikit pada poin pertama. Intinya adalaha jangan melakukan endorse produk ke selebgram yang tidak sesuai dengan produk yang anda jual.

TRENDING:  Cara Membuat Story Instagram Aesthetic Biar Kekinian

Misalnya anda jualan hijab tapi selebgram yang anda endorse kesehariannya tidak pernah menggunakan hijab. Jika seperti ini maka brand anda akan jelek. Dan harapan untuk larispun tidak akan terwujud.

3. Cara Chat Minta Endorse ke Selebgram

Jika anda sudah berhasil menemukan selebgram yang ingin anda gunakan jasanya untuk endorse produk anda. Selanjutnya adalah anda chat / DM selebgram tersebut.

Cara chat minta endorse ke selebgram

  • Lihat kriteria selebgram seperti pada poin 2
  • DM dengan kata-kata yang sopan dan langsung sampaikan tujuan anda
  • Jelaskan dengan singkat produk yang anda jual
  • Tanyakan berapa tarif untuk sekali endorse
  • Jika di BIO selebgram tersebut tertera email atau kontak manager. Maka hubungi via email atau kontak yang tertera di BIO
  • Gunakan kata-kata yang sopan dan profesional

Nah, kira-kira seperti itu. Biasanya setiap selebgram memiliki tarif yang berbeda-beda untuk sekali endorse. Untuk harga endorse ini akan saya bahas pada poin berikutnya.

4. Harga Endorse Selebgram Termurah

Dari data yang dimuat, Getcraft menjelaskan kalau mereka melakukan analisa berdasar dari data kurang lebih 714 influencer yang berada di Indonesia. Data itu selanjutnya dikelompokkan berdasar besaran follower masing-masing dari mereka. Langkah yang dilaksanakan dengan lakukan acak sample dengan arah untuk memperoleh harga rata-rata dari tiap pos.

Selanjutnya, posting yang dihitung itu berdasar dari 3 hal, yaitu Instagram Photo, Instagram Video dan Instagram Stories. Berikut ini, akan dibedah satu-satu berapakah harga rata-rata posting mereka.

Awalnya, pengkategorian influencer diperbedakan ke 8 tingkat yang lain yakni:

  • Mikro I: 1000 – 24.999
  • Mikro II: 25.000 – 49.999
  • Mikro III: 50.000 – 99.999
  • Macro I: 100.000 – 249.999
  • Macro II: 250.000 – 499.999
  • Premium I: 500.000 – 749.999
  • Premium II: 750.000 – 999.999
  • Celebriti: 1.000.000 – lebih.
TRENDING:  5 Manfaat Memiliki Banyak Followers Instagram

Dari keseluruhan pengkategorian itu, didapat harga rata-rata influencer di Indonesia. Angka di bawah sebagai prediksi tidak dapat jadi harga mutlak. Tetapi, harga itu menjadi benchmark bila kamu ingin sewa mereka untuk mempromokan usaha kamu.

Harga Postingan Foto Instagram

Harganya sekitar dari 1 juta rupiah sampai 20 juta rupiah. Tetapi bila dirata-rata, akan didapat angka semacam ini:

  • Mikro I: Rp. 1.321.454 (1.659 estimated reaches)
  • Mikro II: Rp. 1.850.630 (3.615 estimated reaches)
  • Mikro III: Rp. 2.557.654 (7.227 estimated reaches)
  • Macro I: Rp. 4.552.451 (15.587 estimated reaches)
  • Macro II: Rp. 7.220.000 (35.993 estimated reaches)
  • Premium I: Rp. 9.500.000 (62.069 estimated reaches)
  • Premium II: Rp. 9.900.000 (87.986 estimated reaches)
  • Celebriti: Rp. 16.702.703 (345.020 estimated reaches)

Meskipun Mikro I mempunyai estimasi engagement yang lebih kecil, tetapi banyak brand yang ingin ajak mereka bekerja bersama. Argumennya ialah karena follower mereka masih lumayan segmented dengan tipe sasaran audiences yang diharapkan oleh sebauh brand itu.

Harga Postingan Video Instagram

Usaha dalam membuat posting berupa video lebih besar dibanding dengan photo. Karena dalam beberapa kasus, pihak brand ingin video yang dibikin tidak asal-asalan hingga harga untuk sebuah posting berupa video lebih mahal dibanding dengan photo. Tetapi, posting video umumnya memang memberi tingkat ketertarikan yang lebih besar juga.

Maka inilah harga rata-rata untuk satu posting video?

  • Mikro I: Rp. 2.760.560 (1.596 estimated reaches)
  • Mikro II: Rp. 4.188.690 (3.650 estimated reaches)
  • Mikro III: Rp. 5.472.059 (7.461 estimated reaches)
  • Macro I: Rp. 7.749.419 (15.804 estimated reaches)
  • Macro II: Rp. 12.331.132 (35.772 estimated reaches)
  • Premium I: Rp. 13.107.142 (61.023 estimated reaches)
  • Premium II: Rp. 18.970.558 (86.742 estimated reaches)
  • Celebriti: Rp. 27.718.750 (357.758 estimated reaches)

Video umumnya lebih gampang viral jika memperoleh banyak views di Instagram. Selanjutnya, video yang durasinya lumayan panjang bisa juga ditempatkan ke IGTV untuk cari sponsor-sponsor yang lain.

Penutup

Demikian cara endorse selebgram untuk pemula yang bisa anda pelajari. Untuk harga endorse yang saya sebutkan di atas sendiri tidak mutlak. Artinya bisa saja harganya lebih murah atau malah lebih mahal.

Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan bertanya langsung.

Selain itu, jangan lupa untuk menanyakan tarif endorse ke banyak selebgram agar anda bisa mengetahui perbandingan harga antara sebelgram yang lainnya.