4 Langkah Cara Jadi Shopee Mall Dijamin Tembus Paling Update 2023

1 min read

cara jadi shopee mall

Shopee mall memiliki banyak keuntungan dibanding dengan seller biasa, oleh karena itu banyak yang ingin mendaftar menjadi shopee mall. Sebenarnya cara jadi shopee mall ini bukanlah hal yang sulit, asalkan memahami cara, dan persyaratannya.  

Memenuhi Persyaratan

Pertama adalah memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh shopee. Persyaratan ini dimulai dari tipe badan usaha, sampai persyaratan operasional. Tentunya semua persyaratan ini harus dipenuhi supaya toko dapat berubah menjadi shopee mall.

1. Tipe Badan Usaha  

Di sistem shopee mall, beberapa bentuk badan usaha yang dijalankan dan dapat menjadi shopee mall. Beberapa tipe badan usaha yang dapat menjadi shopee mall, diantaranya. 

  • PT 
  • Cv 
  • Distributor
  • Firma
  • Koperasi
  • Persekutuan Perdata
  • Persekutuan Umum
  • Persero
  • Usaha Dagang 
  • Individual 
TRENDING:  Ketahui Cara Menghapus Akun Shopee Sesuai Prosedur yang Berlaku

2. Tipe Merek 

Perlu diketahui bahwa ada beberapa ketentuan merk yang dapat diterima di shopee mall seperti global brand, dan local brand. Untuk global brand memiliki ketentuan salah satunya adalah dijual di minimal 2 negara, dan untuk local brand memiliki pasar, dan beroperasi di Indonesia. 

3. Dokumen Penjual 

Tentunya penjual juga wajib memenuhi dokumen untuk dapat menjadi shopee mall. Ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi seperti kartu identitas, akta perusahaan untuk badan usaha, nomor induk berusaha, NPWP, HKI, dan surat resmi penunjukan distributor, dsb. 

4. Persyaratan Operasional 

Kemudian berlanjut ke persyaratan operasional cara jadi shopee mall yakni toko memiliki setidaknya minimal 25 produk, toko memiliki jumlah produk preorder sekurangnya 20% dari total produk, dan yang terakhir mengikuti standarisasi daftar produk shopee mall. 

Menaati Ketentuan Merek 

Selain memenuhi persyaratan yang disebutkan di atas, penjual juga wajib untuk menaati ketentuan merk untuk yang sesuai dengan shopee mall. Dari mulai global brand, sampai local brand semuanya harus menaati ketentuan dari pihak shopee ini. 

TRENDING:  Cara Mengganti Nama Toko di Shopee dengan Mudah

1. Global Brand

Cara daftar tokeo di shopee untuk global brand wajib memiliki merk yang dijual di minimal 2 negara. Baik itu secara offline maupun online. Kemudian memiliki kantor cabang yang mewakili kantor pusat di luar Indonesia.

Kemudian, label merk harus terlihat tidak hanya di produk, tapi juga di kemasan. Salah satu contoh global brand yang paling mudah dikenali adalah Samsung, Iphone, dan untuk pakaian seperti Zara ataupun Pull & Bear.  

2. Local Brand

Berlanjut ke persyaratan untuk local brand adalah beroperasi di Indonesia, memiliki label merk yang terlihat di kemasan dan juga produk. Kemudian dapat berupa shopping centre, shopping centre brand, supermarket, brand in supermarket, department store, brand in department store,  & celebrity brand. 

TRENDING:  Cara Cetak Invoice di Shopee untuk Penjual dan Pembeli

Semua tipe produk di atas tentunya memiliki persyaratan masing-masing yang harus dipenuhi. Contoh seperti celebrity brand memiliki bukti bahwa merek dimiliki oleh influencer/selebriti, berupa Akta Pendirian Perusahaan dan/atau sertifikat merk. 

Melakukan Pendaftaran 

Cara jadi shopee mall yang terakhir adalah melakukan pendaftaran, namun pastikan terlebih dahulu bahwa persyaratan sudah lengkap dan merk yang dimiliki sudah menaati peraturan yang ada. Kemudian baru melakukan pendaftaran dengan melakukan pengisian formulir.

Formulir ini dapat didapatkan di pusat bantuan shopee, ataupun dari pihak shopee. Nantinya setelah melakukan pengisian formulir, akan dilakukan peninjauan. Apabila disetujui, maka penjual akan diberikan pemberitahuan melalui telpon.

Peninjauan ini dilakukan maksimal 7 hari setelah melakukan pengisian formulir. Langkah terakhir, nantinya pengusaha akan diundang untuk mendatangi pelatihan onboarding

Bagaimana, seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa cara jadi shopee mall bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Penjual hanya tinggal memenuhi persyaratan, dan ketentuan yang sudah disebutkan di atas saja.