E-CommerceShopee

Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang Bagi Pemula

Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang Bagi Pemula
Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang Bagi Pemula

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang bisa menjadi alternatif pilihan terutama bagi pemula yang baru merintis usaha. Cara ini dipandang mudah dilakukan terutama jika kamu belum mempunyai anggaran dana dalam jumlah besar untuk menyiapkan stok barang. Sistem berjualan tanpa menyediakan stok barang disebut dropship.

Kamu bisa menjual produk menggunakan sistem dropship secara mudah. Kamu hanya perlu memilih pemasok atau supplier terbaik dikarenakan tugasmu memasarkan barang milik mereka. Agar tidak melakukan kesalahan, kamu hanya perlu memahami cara berdagang tanpa stock produk secara baik.

Cara berjualan barang dengan tidak menyiapkan stok memang dipandang sebagai alternatif tepat untuk pemula usaha. Strategi khusus untuk menarik pelanggan juga tidak terlalu dibutuhkan dikarenakan produk yang dijual sudah dikenal oleh masyarakat luas. Berikut di antaranya cara berjualan di marketplace Shopee tanpa menyediakan stok barang.

1. Menentukan Barang dengan Peminat Paling Banyak

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang langkah pertamanya adalah menentukan produk yang hendak dijual. Hal ini sangat penting karena menjadi pertimbangan dalam langkah berikutnya. Kamu bisa melakukan survei terlebih dahulu terkait produk yang banyak dijual di Shopee.

Mencari informasi di internet terkait persentase produk apa yang paling banyak diminati konsumen bisa juga dilakukan. Tidak dapat dipungkiri memang ada beragam produk dijual di Shopee. Seperti makanan, minum, fashion, perawatan kulit hingga make up. Selain itu kamu juga bisa melakukan analisis pasar atau calon konsumen.

Misalnya kamu ingin memasarkan produk di kalangan ibu rumah tangga. Kamu bisa menjual produk yang dibutuhkan untuk keperluan mengurus rumah tangga, seperti peralatan memasak atau mengolah makanan. Beragam langkah tersebut bisa digunakan sebagai dasar untuk menentukan barang yang akan dijual. Agar memiliki potensi besar untuk dibeli konsumen.

2. Memilih Pemasok Produk Berkualitas Terbaik

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang selanjutnya adalah memilih pemasok produk berkualitas terbaik. Hal ini sangat penting agar pemasok dapat menyediakan kebutuhan produk sesuai keinginan dan berkualitas terbaik. Kendala-kendala seperti stok habis dan belum diupdate namun kebetulan ada pembeli yang tertarik atau respons chat lama tentu menjadi pertimbangan memilih pemasok.

Mencari pemasok barang tidak hanya dapat dilakukan di Shopee namun juga bisa melalui marketplace lain. Cara ini tentu saja semakin melebarkan peluang untuk mendapatkan pemasok barang berkualitas. Karena kamu memiliki pilihan yang lebih beragam. Kamu juga bisa mengecek pemasok yang terbaik dari bintang dan testimoni.

Pemasok dengan bintang tinggi tentu saja bisa menjadi rekomendasi. Selain itu testimoni atau review dari pelanggan juga perlu diperhatikan. Misalnya penjual banyak memiliki komentar negatif mengenai produk maupun pengiriman, maka hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk tidak bekerja sama. Namun jika sebaliknya, tentu saja bisa menjadi pilihan.

3. Mendaftar Sebagai Langkah Pembuatan Toko Maupun Produk

Setelah memilih barang pemasok berkualitas, cara jualan di Shopee tanpa stok barang selanjutnya adalah mendaftar sebagai langlah pembuatan toko maupun produk. Pembuatan akun bisa dilakukan melalui situs Shopee maupun aplikasi. Proses mendaftarkan akun dilakukan dengan mengikuti seluruh petunjuk atau prosedur sesuai ketetapan.

Jika sukses mendaftarkan diri, langkah selanjutnya adalah membuat toko online di akun pribadi. Kamu bisa mengisi seluruh perintah yang tersedia, mulai dari nama toko, gambar hingga deskripsi toko. Seluruh informasi yang dibutuhkan hendaknya diisi dengan jelas agar mampu menarik pembeli.

Mengupload produk untuk ditawarkan juga sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu melengkapi data mengenai produk berdasarkan instruksi di menu terkait produk. Menjelaskan barang hendaknya mudah dipahami konsumen serta penjelasannya jelas dan tidak membingungkan.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula

4. Menentukan Strategi Promosi Terbaik Sesuai Kebutuhan

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang selanjutnya adalah menentukan strategi promosi. Strategi promosi yang tepat bisa membuat pembeli bersedia membeli barang bahkan berulang kali melakukan pembelian. Strategi promosi yang dapat menarik minat pembeli salah satunya adalah menerapkan layanan gratis ongkir.

Sebagai penjual, kamu dapat menerapkan bebas biaya pengiriman dengan mengajukan permohonan kepada pihak Shopee. Langkah tersebut dinilai mampu menarik minat pembeli karena tidak membutuhkan biaya tambahan untuk ongkos pengiriman.

5. Memasukkan Informasi Terkait Rekening Bank serta Alamat Toko

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang selanjutnya adalah memberikan informasi terkait rekening bank. Proses tersebut berkaitan dengan administrasi keuangan jika produk berhasil dibeli konsumen. Kamu bisa memasukkan rekening bank aktif yang dimiliki dengan benar. Agar proses penarikan dana untuk produk yang terjual juga mudah dilakukan.

Selain itu, alamat toko pemasok juga perlu dicantumkan. Alamat toko pemasok penting dimasukkan karena produk bukan stok pribadi namun mengambil dari tempat lain. Oleh karena itu penting untuk mencantumkan alamat toko pemasok karena bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan biaya pengiriman.

Cara berjualan di Shopee tanpa menyiapkan stok barang sangat cocok terutama untuk pemula. Kamu hanya perlu memahami langkah-langkahnya agar proses berjualan dapat berhasil. Selain itu, kamu juga perlu memahami potensi masalah terkait dengan cara jualan di Shopee tanpa stok barang agar siap menyelesaikannya.


SEKARANG ANDA BISA MENDAPATKAN ORDERAN TIAP HARI DARI SHOPEE

Lebih Dari 2.258+ Orang Belajar Di KELAS SHOPEE

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:E-Commerce