Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser

Cara Jualan di TikTok Shop dan Tips Meraih Untung Besar

3 min read

Beberapa social media saat ini sudah menambahkan fitur untuk membantu para user mendapatkan penghasilan. Sebut saja salah satunya TikTok Shop yang bisa kamu gunakan untuk berjualan. Cara jualan di Tiktok Shop juga sangat mudah, lho. Bagi yang ingin tahu caranya, kami akan coba jelaskan langkah-langkahnya di sini.

Seperti yang kamu ketahui, media sosial yang berasal dari China ini, perlahan menggeser kepopuleran beberapa media sosial seperti Facebook dan Instagram. Jumlah pengguna yang semakin besar menjadikannya sebagai social media yang potensial untuk berbisnis.

Bagaimana Tiktok Shop Bekerja?

Cara Jualan di TikTok Shop 1
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-iphone-teknologi-tampilan-5081930/

Setiap user saat ini bisa login TikTok Shop secara mudah karena fitur ini gratis. Fitur ini merupakan sebuah social commerce yang bisa dimanfaatkan oleh user dan kreator untuk menjual maupun mempromosikan produk miliknya.

Fitur TikTok Shop seller ini sudah ada sejak bulan September pada tahun 2021 lalu. Saat ini, fitur tersebut sudah tersedia untuk para pengguna di berbagai negara mulai dari Indonesia, Inggris, Kanada, hingga Amerika Serikat.

Fitur belanja online ini merupakan bentuk respon dari platform tersebut di tengah meningkatnya penjualan berbasis online di media sosial. Bahkan prospek berjualan maupun promosi di platform social media ini tergolong potensial.

Baca Juga: Cara Jualan Live di Facebook Agar Bisnis Semakin Laris

Cara Jualan di Tiktok Shop untuk Pemula

Cara Jualan di TikTok Shop 2
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-orang-orang-iphone-smartphone-5081926/

Cara jualan dengan Tiktok Shop tanpa modal maupun dengan modal tergolong mudah. Pertama-tama, kamu harus mengetahui cara menggunakannya terlebih dahulu. Pertama-tama kamu harus memiliki akun bisnis dulu untuk bisa menggunakan fitur ini.

TRENDING:  7 Aplikasi Penambah Followers TikTok Agar Cepat Viral

3 Cara Jualan di Tiktok Shop Dengan Mudah

Setelah memiliki akun bisnis, silahkan kamu lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Aplikasi

Untuk memulai, silahkan kamu pilih “Become Seller” setelah masuk ke dalam aplikasi. Ikuti panduan registrasi dan masukkan semua data dan informasi yang dibutuhkan oleh platform untuk memulai membuat akun.

  1. Mengisi Informasi

Masukkan data diri pribadi pada online  form yang tersedia pada aplikasi. Contohnya seperti informasi nama, nomor telepon, email, dan data-data lainnya.

  1. Mengisi Profile

Langkah terakhir, silahkan isi profil Seller Center Tiktok Shop. Contohnya seperti membuat nama toko, memasukkan informasi jenis usaha, dan lainnya. Setelah itu klik “Lanjutkan”.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, maka kamu sudah bisa berjualan. Selanjutnya tinggal mengetahui cara upload produk di Titok Shop milikmu. Setelah itu tinggal langsung memasarkannya.

Mengenal Jenis-Jenis Iklan di Tiktok Shop

Sebagai pelengkap kami juga akan membahas jenis-jenis iklannya terlebih dahulu. Pasalnya, tanpa iklan produk milikmu tidak akan dikenal oleh banyak orang.

Informasi tentang iklan ini akan membantumu untuk menentukan jenis kampanye promosi yang cocok. Berikut apa saja jenis-jenisnya.

1. DSA

Kamu ingin mengiklankan semua produk milikmu melalui konten video? DSA atau Dynamic Showcase Ads adalah jenis iklan yang cocok untuk tujuan tersebut. Tidak ada batasan untuk mengiklankan produk milikmu, bahkan hingga ribuan iklan bisa kamu proses melalui DSA.

DSA juga sangat cocok untuk kamu yang suka dengan kampanye yang tertarget. Kamu bisa menargetkan audiens yang benar-benar sedang membutuhkan atau mencari produk maupun jasa yang kamu tawarkan. Dengan begitu, potensi pembelian menjadi lebih besar.

2. Collection Ads

Jenis iklan ini memungkinkanmu untuk menyertakan slides produk dan juga bisa digeser ke dalam bentuk video in-feed.

Kampanye ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan gaya yang atraktif. Kamu juga bisa menambah kesan unik dengan membuat desain yang menarik agar konten iklan dilirik oleh banyak audiens.

TRENDING:  Cara Kerja Algoritma Tiktok dan Faktor yang Menentukan FYP

Kamu bisa memasukkan gambar produk yang berbeda-beda pada setiap slide. Pasalnya, setiap slides tersebut bisa kamu jual dan akan membawa audiens langsung ke halaman galeri tempat untuk mencari produk dan membelinya langsung.

Kamu juga bisa menggunakan model iklan ini untuk mengarahkan traffic ke platform lain, contohnya ke website brand.

3. Lead Generation Ads

Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai audiens hanya dengan menjalankan sebuah kampanye iklan di Tiktok. Caranya yaitu dengan mengaplikasikan jenis iklan Lead Generation Ads ini.

Fiturnya mampu membantu kamu untuk mengumpulkan informasi dari audiens secara mudah. Pasalnya, kampanyenya meliputi pengisian online form yang nantinya bisa kamu manfaatnya untuk mencari informasi.

Iklan ini pada dasarnya sangat ideal untuk bisnis berbasis pelayanan atau jasa yang memiliki siklus penjualan lebih lama.

Tips Berjualan di Tiktok Shop

Sudah mendaftar di Tiktok Shop? Sekarang saatnya kamu memulai memasarkan produk atau layanan milikmu. Berikut kami paparkan tipsnya agar proses penjualan berjalan lancar sehingga kamu bisa mendapatkan untung yang banyak.

1. Optimasi Katalog Produk Agar Terlihat Menarik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat tampilan katalog produkmu terlihat rapi dan menarik. Tambahkan gambar produk yang bagus dan berkualitas. Selain itu, fokuskan pada gaya agar katalog kamu disukai oleh audiens.

Buatlah gambar katalog yang memiliki ciri khas. Selain itu, pastikan juga nama produk yang kamu gunakan tidak lebih dari 34 karakter. Sementara untuk penjelasan terkait produk yang lebih panjang bisa kamu cantumkan saja pada kolom deskripsi.

TRENDING:  5 Cara Posting Jualan di Facebook Agar Cepat Laku dan Laris

2. Promosikan TikTok Shop Milikmu

Jangan menunggu audiens menemukan toko kamu. Karena hal tersebut akan memakan waktu yang sangat lama. Alangkah baiknya kamu mempromosikan langsung toko kamu agar banyak orang yang mengetahuinya.

Salah satu cara untuk memberi tahu audiens yaitu dengan membuat konten khusus. Buatlah konten untuk mengarahkan audiens ke akun TikTok Shop milikmu.

3. Promosikan Produk atau Jasa Kamu

Selain toko, produk atau jasa kamu juga harus dipromosikan ke audiens. Sesekali kamu juga bisa mempromosikan produk melalui konten.

Kamu juga bisa memasukkan sentuhan humor ke dalam promosi. Tujuannya agar audiens tertarik dan suka dengan gaya berpromosi kamu.

Kamu juga bisa menggunakan promosi berbayar yang tersedia. Dengan begitu, produk maupun layanan yang kamu miliki mudah dikenal oleh orang banyak.

4. Menjalin Kerja Sama dengan Influencer

Ada banyak cara untuk mendongkrak popularitas produk maupun brand di TikTok. Bekerja sama dengan influencer adalah salah satu cara terbaik untuk membantu produk kamu menjadi viral.

Influencer yang sudah memiliki jumlah follower yang banyak akan membantu mengenalkan produk milikmu. Selain itu, mereka juga biasanya sudah ahli dan profesional dalam mengenalkan suatu produk ke audiens.

Carilah influencer yang sudah memiliki minimal ribuan follower untuk kamu ajak kerja sama. Namun kamu juga perlu mempertimbangkan bahwa semakin banyak follower mereka, biasanya biaya kerja sama pun akan semakin besar.

Kesimpulan

Social Media seperti TikTok bisa menjadi solusi platform untuk menjual produk yang kamu miliki. Selain jumlah pengguna yang begitu banyak, platform ini juga sudah menyediakan fitur yang mendukung untuk berjualan maupun berpromosi.

Kini kamu bisa meraup untung besar dengan tips dan cara jualan di TikTok Shop yang sudah kami jelaskan di atas. Silahkan ikuti langkah-langkahnya untuk memulai berbisnis dan mengenalkan produk yang kamu miliki.

Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser