Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Untuk Pemula

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Untuk Pemula

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Untuk Pemula – Menjadi seorang selebritis tidak membuat seseorang harus menjadi pemain film, sinetron, atau penyanyi yang sering diberitakan di TV. Anda pun bisa dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat hanya dengan berkarir sebagai YouTuber.

Bahkan, secara pendapatan pun karir sebagai YouTuber ini juga cukup menggiurkan. Tidak heran jika banyak yang tertarik untuk memulai karir sebagai YouTuber. Secara garis besar, YouTube menjadi salah satu cara bagi seseorang untuk menjadi terkenal.

Walau tidak jarang ada yang sekadar bertujuan untuk membagikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Masalah pendapatan, itu merupakan “kejutan tambahan” setelahnya. Tentu saja, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan YouTube sebagai platform penghasil pundi-pundi rupiah seperti berikut ini.

Google AdSense

Cara mendapatkan uang dari YouTube yang pertama dan sering dijadikan alternatif utama adalah dengan mengaktifkan Google AdSense. Sebagai gambaran, setiap hari Anda bisa mendapatkan hingga 50 ribu views dengan tingkat engagement mencapai 7%.

Maka, dalam jangka waktu satu tahun Anda akan bisa mengumpulkan pundi-pundi uang dari AdSense sekitar US$8.000 atau setara dengan Rp112 juta. Sungguh merupakan nilai fantastis yang bisa Anda peroleh dari Google AdSense.

Hanya saja, saat ini ketentuan di Google cukup memberatkan sehingga tidak mudah untuk mendapatkan penghasilan dari channel YouTube jika hanya mengandalkan AdSense. Selain syarat aktivasinya banyak, konten video Anda juga bisa tiba-tiba tidak dapat dimonetisasi.

TRENDING:  Begini Cara Menarik Uang di Snack Video Via Dompet Digital

Beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya adalah harus lolos verifikasi Google AdSense dan dalam kurun waktu 1 tahun sudah mencapai 4.000 waktu tonton. Isi video merupakan konten yang ramah untuk iklan, memiliki 1.000 subscriber, dan syarat-syarat lainnya.

Affiliate Marketer

Cara mendapatkan uang dari YouTube selain dari AdSense adalah dengan menjadi affiliate marketer. Proses kerjanya adalah menawarkan dan mempromosikan suatu produk di channel YouTube milik Anda.

Nantinya, terdapat skema komisi untuk setiap produk yang berhasil Anda jual. Nilai dari komisi ini sangat bervariasi mulai dari persentase yang rendah hingga yang tinggi, tergantung dari kebijakan perusahaan yang menyediakan jasa afiliasi tersebut.

Untuk bisa mendapatkan komisi ini, sebelumnya Anda harus terdaftar sebagai affiliate marketer di perusahaan tertentu. Kemudian, Anda akan mendapatkan kode referral yang harus Anda sebarkan di akun YouTube atau bisa juga di platform lainnya.

Dengan mengikuti program afiliasi seperti ini merupakan salah cara mendapatkan uang dari YouTube yang cukup menjanjikan. Sebab, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan hasil sesuai dengan performa video.

Dan semakin banyak audiens Anda yang melakukan transaksi melalui kode referral tersebut (tautan afiliasi Anda). Maka, nominal komisi yang nantinya akan Anda terima dari hasil sebagai affiliate marketer juga akan semakin besar. Agar bisa optimal, pastikan Anda menggunakan topik video yang selaras dengan produk yang Anda tawarkan saat menjadi affiliate marketer

TRENDING:  3 Cara Promosi di TikTok Dijamin FYP!

Influencer Marketing

Jika Anda sukses menjadi Youtuber yang terkenal, salah satu cara mendapatkan uang dari akun YouTube adalah dengan menjadi influencer marketing. Saat sudah sampai pada tahap ini, Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan tertentu agar mau mensponsori video yang Anda buat.

Cara mendapatkan uang dari YouTube dengan menjadi influencer marketing yang sukses adalah dengan tetap mematuhi persyaratan yang ditetapkan oleh YouTube. Salah satunya adalah dengan membuat konten sponsor yang dikemas dengan baik.

Selain itu, Anda juga harus memberi tanda centang pilihan bahwa video tersebut mengandung promosi berbayar pada saat Anda akan mengunggahnya. Jangan lupa untuk memastikan semua prosesnya berjalan secara profesional. Apabila semua dipenuhi, maka hasil yang diperoleh bisa 100% masuk ke kantong Anda.

Endorsement

Untuk bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari YouTube, Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan atau brand tertentu. Nantinya, Anda akan review produk dari brand tersebut melalui akun YouTube Anda.

Sebagai timbal baliknya, Anda akan mendapatkan produk yang di-review tersebut secara gratis, sedangkan perusahaan tersebut akan mendapatkan audiens baru. Ini merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari YouTube yang akan membuat Anda mendapatkan keuntungan selain uang tunai dan produk sampel.

Hal tersebut tergantung dari kesepakatan atau kontrak yang Anda telah disetujui oleh kedua belah pihak. Apakah hanya sebatas produk sampel tersebut, atau produk sampel beserta kupon diskon dengan nominal tertentu.
Apabila jumlah subscriber yang Anda miliki banyak, umumnya biaya endorsement juga akan semakin tinggi. Bahkan, bukan tidak mungkin jika pihak perusahaan yang akan menghubungi Anda terlebih dahulu.

TRENDING:  8 Cara Menyimpan Lagu dari TikTok ke Musik Melalui Website dan Aplikasi

Satu hal yang harus diperhatikan adalah, bangunlah personal branding yang kuat sebagai pondasi untuk menarik minat para pemilik brand. Ini tidak hanya sekadar mengumpulkan subscriber saja, melainkan juga berkaitan dengan membuat portofolio online yang bisa dengan mudah untuk diakses oleh siapa saja.

Tawarkan Jasa Atau Produk Kreasi Sendiri

Cara mendapatkan uang dari YouTube selanjutnya adalah dengan menjual jasa atau produksi Anda sendiri. Metode yang satu ini sering diterapkan bagi para pemilik akun YouTube dengan jumlah subscriber banyak.

Dari sekian banyak jenis yang bisa ditawarkan, salah satunya adalah berupa merchandise. Tentunya, pilihlah jenis merchandise yang mudah laku dan diminati oleh audiens Anda. Misalnya, tote bag, casing HP, buku catatan, pakaian, dan sebagainya.

Apabila kualitas dan desain merchandise yang Anda tawarkan bagus, serta engagement juga tinggi. Maka, besar kemungkinan para audiens akan rela untuk membeli setiap merchandise yang Anda tawarkan.

Tidak perlu bingung, ada banyak cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa Anda pilih mulai dari menjadi affiliate marketer, memanfaatkan AdSense, hingga berjualan produk sendiri. Intinya, Anda harus perkuat personal branding, membuat portofolio, dan mengumpulkan jumlah subscriber sebanyak mungkin dengan jumlah engagement yang tinggi.

Check Also

cara download lagu dari tiktok

8 Cara Menyimpan Lagu dari TikTok ke Musik Melalui Website dan Aplikasi

Aplikasi TikTok kini sangat terkenal dengan menyediakan video dan lagu yang bagus, tak jarang banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *