ide bisnis

5 Cara Menemukan Ide Bisnis Kreatif untuk Pemula

Bingung menemukan ide bisnis? Cara menemukan ide bisnis kreatif untuk pemula tidaklah sulit. Sebenarnya banyak ide bisnis baru yang bisa dicoba. Hanya saja beberapa diantaranya kadang sulit untuk dieksekusi. Lakukan sedikit brainstorm dan mengasah kepekaan terhadap peluang karena ide bisa datang dari mana saja.

1. Kembangkan Ide dari Hobi

Memulai bisnis kreatif berangkat dari hobi adalah hal yang kadang terdengar klise. Namun, jika bisa dilakukan dengan maksimal dan mendatangkan keuntungan, boleh-boleh saja. Mulailah memikirkan hal-hal yang disukai, hobi atau kegemaran, kemudian lihatlah peluang-peluang usaha yang bisa diambil.

Ada sebuah pepatah mengatakan, pekerjaan terbaik yang bisa dilakukan adalah hobi yang dibayar. Hal tersebut sudah banyak dialami pada era modern ini. Ada banyak jenis hobi, hampir semua bisa mendatangkan ide bisnis jika jeli untuk menemukan peluang.

Beberapa hobi yang bisa dijadikan dasar memulai usaha antara lain olahraga, memasak, dan menulis. Bukan tidak mungkin, hobi memelihara hewan dan mengoleksi barang antik menjadi awal mula terbentuknya ide bisnis. Memulai bisnis dari sebuah hobi terkadang dipandang sebelah mata. Tidak perlu khawatir, lakukan apapun yang bisa mendatangkan kemungkinan.

2. Tawarkan Solusi Kebutuhan Masyarakat

Cara menemukan ide bisnis kreatif untuk pemula selanjutnya adalah menawarkan solusi atas kebutuhan masyarakat. Identifikasi permasalahan-permasalahan kecil yang biasanya dari diri sendiri dan orang lain hadapi. Bisa saja tentang pemenuhan kebutuhan atau berkaitan dengan aktivitas sehari-hari.

Misalnya, kebutuhan akan suatu produk yang sudah ada namun belum berfungsi maksimal. Ataupun mobilitas masyarakat yang tinggi menyebabkan sulitnya memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tawarkan solusi yang bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. Ide usaha bisa berbentuk barang ataupun jasa, tergantung peluang dan kebutuhan masyarakat. Lebih bagus lagi jika bisa bersifat jangka panjang.

3. Belajar dari Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik. Ungkapan klise yang telah banyak buktinya. Pengalaman bisa datang dari diri sendiri atau orang disekitar. Memulai adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Apapun ide yang muncul di benak dan bersifat mungkin, eksekusi segera. Keberanian memulai usaha merupakan modal awal yang sangat penting untuk meraih kesuksesan.

Seiring dengan berjalannya waktu, hal apapun bisa saja terjadi. Jatuh bangun dalam dunia bisnis adalah kenyataan yang tidak terelakkan. Namun, dari situlah seorang usahawan bisa belajar. Pengalaman-pengalaman di masa lalu bisa menjadi guru dan memberikan pelajaran mana ide bisnis yang mungkin dan tidak mungkin dilakukan.

Membangun usaha berdasarkan pengalaman dari orang lain juga bisa dilakukan. Kuncinya mudah, cukup amati, tiru dan modifikasi. Dengan mengamati bisnis orang lain yang telah berjalan, pilihlah salah satu yang paling mungkin dilakukan. Jangan takut kalah saing dengan kompetitor yang lebih dulu memulai usaha.

Temukan kelebihan-kelebihan ide bisnis tersebut dan tiru untuk dijadikan ide bisnis baru. Jangan lupa lakukan sedikit modifikasi pada bagian-bagian yang memiliki kelemahan. Tambahkan pembeda atau keunikan yang menonjolkan pembaruan agar ide bisnis lebih istimewa dan berbeda dari yang telah ada di pasaran.

4. Amati Tren Pasar

Memulai usaha berdasarkan ide bisnis tren pasar saat ini banyak dilakukan. Pola konsumsi masyarakat sangat dipengaruhi oleh perubahan tren. Tren terus berkembang dan berubah-ubah dengan cepat. Sangat mudah memulai usaha berdasarkan tren yang ada. Hanya saja kelemahannya harus selalu siap dengan kemungkinan perubahan tren tersebut.

Mengingat beberapa tahun belakangan, tren bisnis makanan dan kuliner sedang dipengaruhi budaya Korea. Semua jenis makanan, jajanan, hingga minuman selalu menjadi viral jika ada unsur negeri ginseng Korea. Sebut saja minuman boba milk tea, mie ramen (ramyeon), garlic bread, hingga berbagai jenis street food seperti tteokbokki, odeng dan kimbap.

Serentak masyarakat memulai usaha dengan ide makanan viral tersebut. Hasilnya memang mudah untuk menemukan pembeli, namun ini tidak bertahan lama. Karena banyaknya pesaing dalam bidang bisnis yang sama, tantangan utamanya adalah menemukan inovasi dalam produk yang ditawarkan. Temukan ciri khas dan keunggulan produk agar bisa bersaing dengan kompetitor.

5. Berpikir Out Of The Box

Berpikir keluar dari kebiasaan juga menjadi cara menemukan ide bisnis online. Ide-ide kreatif bisa muncul dari pola pikir yang tidak biasa. Mulailah merubah mindset dan berpikir out of the box. Pikirkan kemungkinan-kemungkinan yang paling gila sekalipun.

Berpikir out of the box dengan mencari cara-cara baru agar bisa meningkatkan produktivitas diri. Berpikir dari sudut pandang lain yang jarang dilakukan akan memunculkan ide brilian yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Namun, ide usaha harus tetap solutif bagi pasar agar bisa berlangsung dalam jangka panjang.

Melatih pola pikir out of the box bisa dilakukan sejak dini. Carilah banyak informasi yang berhubungan dengan dunia bisnis kreatif. Perluas relasi dengan berkumpul bersama orang-orang kreatif dan terimalah banyak masukan dari mereka. Menambahkan hal-hal baru dalam rutinitas keseharian juga bisa melatih cara pikir out of the box.

Itulah beberapa cara menemukan ide bisnis kreatif untuk pemula. Ide bisnis kadang terlihat sebagai sesuatu yang sederhana, tetapi justru paling bernilai dan menentukan. Tidak ada ide yang terlalu konyol dan mustahil, yang terpenting adalah keberanian memulai dan keinginan mewujudkannya.

TRENDING:  5 Ide Bisnis dari Jagung Sebagai Usaha Kuliner Khas Indonesia

Check Also

Ide Bisnis Milenial

3 Ide Bisnis Milenial Anti Ketinggalan Zaman

Pernah mendengar generasi milenial? Atau pembaca adalah salah satunya? Meskipun sering dikatakan sebagai generasi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *