5 Cara Mengetahui Kurir Mengantarkan Paket dengan Mudah

2 min read

Cara Mengetahui Kurir Mengantarkan Paket

Saat ini, sebagian besar orang memanfaatkan beberapa platform online untuk melakukan pembelanjaan. Sehingga, memerlukan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang yang dibelanjakan. Bagi pengguna jasa ekspedisi, cara mengetahui kurir mengantarkan paket tampaknya cukup penting, karena alasan keperluan barang yang ditunggu.

Cara Mengetahui Paket Sedang di Perjalanan dengan Akurat

Sejauh ini ada beberapa cara yang dirasa bisa dilakukan oleh pengguna jasa ekspedisi untuk mengetahui informasi pengiriman paket. Lantas apa-apa saja cara tersebut? Berikut berbagai cara yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Melalui Tracking Resi via Platform 

Setiap pelanggan yang menggunakan layanan paket berbasis online tentu bisa melihat informasi barang dalam bentuk resi. Dimana resi pengiriman sendiri merupakan suatu tanda apakah paket sedang dalam perjalanan atau penerimaan oleh pelanggan. 

Fungsi resi pengiriman sebagai informasi bagi pelanggan yang bertanya-tanya kapan barang pesanan diterima. Dalam sistem, resi secara otomatis mengalami perubahan sesuai dengan perjalanan pengiriman. Selain itu, adanya bukti ini juga membuat optimalisasi pelanggan terus meningkat.

Untuk melakukan pengecekan resi pengiriman, pengguna jasa bisa melihatnya dalam platform belanja yang dipilih. Misalnya Shopee Express, buka platform official kemudian cari opsi Pesanan Saya lalu klik. Selanjutnya tekan logo mobil agar dapat melihat sampai mana barang telah berjalan. 

TRENDING:  Ingin Mencoba Berjualan di Lazada? Berikut Cara Jualan di Lazada untuk Pemula

2. Melalui Website Jasa Ekspedisi Langsung 

Tracking resi untuk cara mengetahui kurir mengantarkan paket yang ditunggu telah berada dimana, bisa pula menggunakan situs web ekspedisi pilihan. Salah satunya, JNE yang dapat dicek melalui website official dengan bantuan mesin pencarian yang ada di perangkat ponsel.

Setelah masuk ke laman JNE, langsung lakukan pelacakan lewat kolom Lacak Kiriman lalu klik opsi Tracking. Jika memang nanti waktu melacak terdapat kendala, pengguna bisa menghubungi pihak JNE.

Dimana tinggal mengklik baris tiga kemudian pilih opsi Hubungi Kami atau Ask Joni. Pada Ask Joni, pengguna dapat mengisi nama lengkap, email, telepon, subjek, dan pesan lalu kirim.

3. Melalui Nomor Kurir

Cara mengetahui kurir mengantarkan paket berikut dilakukan apabila pengguna telah menunggu pengiriman yang lewat dari jadwalnya. Untuk contoh disini, ekspedisi SiCepat yang mana keterlambatan terjadi karena sejumlah masalah termasuk tertukarnya alamat dan kendala teknis.

Agar bisa mendapatkan nomor kurir yang dimaksud, pengguna perlu melakukan pengecekan resi pengiriman terlebih dahulu. Nantinya akan muncul siapa kurir yang bertugas dalam mengantarkan barang. Hanya saja, detail data keluar kalau paket sudah di wilayah tempat tinggal.

Setelah itu, pengguna dapat menghubungi call center SiCepat untuk bisa mengetahui nomor dari si kurir pengirim. Tidak terbatas pada call center, pengguna juga bisa bertanya via email milik SiCepat.

TRENDING:  6 Perbedaan Milo Malaysia dan Indonesia, Emang Beda!!

4. Melalui Cabang Ekspedisi

Bagi pengguna yang penasaran barang telah sampai dimana dan sedang dalam free job, mungkin tak ada salahnya mengunjungi cabang ekspedisi. Umumnya ekspedisi pengiriman paket sudah tersebar di hampir wilayah Indonesia khususnya di ibu kota.

Tetapi perlu diingat, pengguna jasa harus membawa nomor resi pengiriman sebelum mengunjungi cabang terdekat. Dari resi inilah petugas akan membantu pengguna dalam informasi seputar barang atau paket termasuk kurir yang mengantar.

Oleh sebab itu, jangan sampai kelupaan untuk menampilkan nomor resi pada petugas agar bisa langsung diproses. Pastikan penerima membawa handphone atau catatan nomor bukti pengiriman terkait sebelum tiba di cabang ekspedisi.

5. Melalui Website Penyedia Layanan Ragam Ekspedisi

Sebenarnya cara mengetahui kurir mengantarkan paket sampai mana, bisa dilakukan dengan memanfaatkan situs web yang memiliki layanan pengecekan resi. Jadi, bukan hanya lewat versi platform ekspedisi online saja barang bisa diketahui lokasinya.

Dimana tersedia berbagai platform ekspedisi, seperti SiCepat, JNE, J&T, TIKI, POS, AnterAja, dan lain sebagainya. Namun, jangan lupa agar selalu memperhatikan kredibilitas situs web untuk mencegah sesuatu yang bersifat merugikan.

Penggunaan situs cukup mudah, pengguna hanya perlu masuk ke laman lalu masukkan nomor resi dan kurir, selanjutnya klik opsi Lacak. Apabila saat sedang melakukan pengecekan pengguna gagal mengecek, kemungkinan disebabkan karena salah input atau resi palsu. 

TRENDING:  5 Rekomendasi PPOB Terbaik untuk Mendukun UMKM

Kiat Jitu Mencegah Paket Telat Dikirim

Sekedar info tambahan terkait pengiriman paket yang terlambat sampai ke penerimanya. Terkadang ini terjadi bukan hanya dari pihak ekspedisi namun pengguna jasa itu sendiri. Ada beberapa tips-tips khusus yang kiranya bisa mencegah barang telat datang, diantaranya:

  • Perhatikan penulisan alamat. Kiat pertama, penerima paket sebaiknya memperhatikan kelengkapan saat menulis alamat agar kurir tidak bingung waktu mengirim atau menyasar jalan.
  • Aktifkan ponsel pribadi. Kiat kedua, penerima paket tidak boleh sampai menonaktifkan ponsel pribadi karena dikhawatirkan pihak pengantar kesulitan nanti saat menghubungi.
  • Beritahukan pada keluarga. Kiat ketiga berhubungan dengan informasi atau pemberitahuan kepada keluarga kalau-kalau akan ada paket yang datang di hari tersebut.
  • Berkenalan dengan tetangga. Kiat keempat berlaku untuk pengguna jasa ekspedisi yang tinggal di tempat baru sehingga perlu sedikit berkenalan dengan tetangga.
  • Gunakan layanan Popbox. Kiat terakhir biasanya untuk pengguna yang cukup sibuk dengan kegiatan di luar rumah sehingga bisa diambil kapan pun sesuai waktu.

Demikian cara mengetahui kurir mengantarkan paket yang bisa dilakukan pengguna jasa ekspedisi khususnya berbasis online. Dalam menikmati kemudahan akses layanan pemesanan barang, pengguna dapat memperhatikan kiat-kiat terpilih agar tidak mengalami keterlambatan penerimaan. Jika terjadi masalah pada barangmu, kamu bisa mengajukan pengembalian barang di Shopee.