Cara Menggunakan Voucher Emas di Shopee, Mari Menabung Sekarang!

2 min read

Cara Menggunakan Voucher Emas di Shopee

Sebagai platform marketplace yang terus berkembang dan populer, Shopee memiliki banyak voucher, salah satunya voucher emas. Cara menggunakan voucher emas di Shopee sebenarnya cukup mudah. Namun, banyak pengguna Shopee tidak mengetahui tahap-tahap apa yang perlu dilakukan.

Selain voucher emas, ada juga jenis lainnya seperti gratis ongkir, cashback, diskon, dan sebagainya. Mendengar tentang voucher emas, mungkin banyak yang penasaran karena tidak ada di platform lainnya. Apalagi hadiah emas terdengar menjanjikan. Seperti apa? Mari simak selengkapnya di sini:

Apa yang Dimaksud Voucher Emas?

Jika membicarakan voucher di aplikasi Shopee, kebanyakan orang membayangkan voucher seperti diskon, cashback, hingga gratis ongkir. Hal tersebut benar, namun saat ini Shopee juga menghadirkan jenis voucher lainnya yang tidak kalah menarik yakni emas.

Shopee kini menghadirkan “Fitur Emas” yang terbilang baru. Berbekal fitur ini, pengguna dapat menabung emas sesuai harga jual tertentu. Pengguna dapat membelinya dengan cara tanam pohon emas. Nantinya, panen akan berbentuk kepingan emas.

Voucher emas diberikan oleh Shopee Tanam, yang dapat digunakan untuk membayar saat checkout membeli emas. Cara menggunakan voucher emas di Shopee penting untuk diketahui. Sebab, pengguna juga bisa memakai Shopee untuk melakukan pembelian emas saat checkout.

TRENDING:  Cara Cetak Invoice di Shopee untuk Penjual dan Pembeli

Jadi, pembelian emas bisa lebih murah dibandingkan harga sebenarnya. Hal ini tentu menguntungkan pengguna. Voucher ini akan memberikan diskon pembelian melalui penurunan harga agar pengguna bisa menghemat biayanya.

Syarat untuk Menabung Emas di Shopee

Berinvestasi emas memiliki banyak manfaat. Emas termasuk logam mulia, aset yang sifatnya likuid sehingga dapat dijual kapan pun jika membutuhkan dana instan. Harga emas juga relatif stabil, bahkan cenderung naik setiap tahunnya. Emas juga mudah disimpan daripada uang tunai.

Salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh Shopee yakni memungkinkan penggunanya untuk menabung emas. Bagi yang tertarik membuka tabungan ini, tidak perlu risau akan syaratnya karena sangat mudah. Berikut beberapa syarat yang wajib dipenuhi sebelum menabung emas:

  • Investasi minimal adalah 500 rupiah. Untuk selanjutnya, nasabah dapat membeli emas dimulai dari nominal 5 ribu.
  • Transfer emas ke pengguna Shopee paling tidak 0.01 gram, maksimal 100 gram
  • Memiliki saldo mengendap (tidak dapat ditarik) paling sedikit 0.05 gram.
  • Mendapatkan buku sesudah nasabah menandatangani Pegadaian yang sudah didaftarkan.

Cara untuk Menanam Pohon Emas di Shopee

Sebelum membahas cara menggunakan voucher emas di Shopee, terlebih dahulu pengguna perlu tahu tentang menanam pohon emas. Ini adalah langkah wajib sebelum bisa memakai vouchernya untuk bertransaksi.

Shopee menyediakan fitur baru yaitu Pohon Emas yang dapat dicek langsung pada halaman utamanya. Fitur ini disebut juga “Shopee Tanam”, untuk menanam tanaman baru. Pengguna sebenarnya dapat panen pada waktu yang singkat.

TRENDING:  Mulailah Sekarang Juga

Terutama apabila rajin menyirami tanaman di pohon emasnya. Saldo emas ini dapat ditanam sampai panen dan bisa digunakan. Agar tidak bingung, mari simak cara untuk memainkan pohon emas tersebut:

  1. Masuk ke halaman utama Shopee.
  2. Cari menu bertuliskan “Shopee games” yang berada di bawah.
  3. Terdapat tiga pilihan yang akan muncul, yakni siram, klaim, serta pecahkan. Pilihlah opsi “Siram”.
  4. Tunggu sesaat, game akan loading untuk beberapa detik. Lanjutkan dengan memilih “Tanam buah baru”.
  5. Tersedia empat menu yang dapat dipilih. Pilihlah pada bagian pertama, yakni “Pohon emas 400-800”. Kemudian tekan “Pilih”.
  6. Pakai ikon berbentuk air di bagian kanan bawah. Ikon ini berfungsi menyirami tanaman sehingga dapat tumbuh dengan subur.
  7. Setelah itu akan terlihat tulisan “Selamat bibit tumbuh menjadi pohon”.
  8. Manfaatkan juga fitur berupa “Minta bantuan teman” yang terletak di kiri bawah. Fungsinya adalah agar teman bisa membantu untuk turut serta menyirami bibit tersebut.
  9. Apabila progress telah selesai, pengguna bisa segera panen.
  10. Jika berhasil, akan muncul tulisan “Selamat sudah dipanen” setelah itu pengguna akan diarahkan untuk mengklaim hadiahnya.

Cara Menggunakan Voucher Emas di Shopee

Sesudah menanam bibit, disirami sampai emasnya panen, barulah pengguna dapat mengklaim emas. Untuk mengklaim dan memakai voucher emas, langkah-langkahnya cukup mudah yakni seperti berikut:

  1. Jalankan aplikasi Shopee. Di halaman utamanya, cari menu “Pulsa, tagihan, hiburan”.
  2. Lanjutkan dengan mencari kategori “Keuangan”, kemudian klik “Emas”.
  3. Pengguna akan melihat tabungan emas yang telah terkumpul selama ini dengan satuan gram. Fitur ini sudah didukung oleh Pegadaian, sehingga dapat dicairkan kapan pun.
  4. Perhatikan grafik dari harga emas terbaru yang tertera. Berikutnya klik “Beli”.
  5. Baca total pembeliannya. Pengguna dapat memilih sesuai berat dan harga emas. Contohnya memilih yang seharga 50 ribu. Jika sudah yakin, tekan “Beli sekarang”.
  6. Cara menggunakan voucher emas di Shopee dapat dilanjutkan dengan memperhatikan informasi di menu checkout. Beberapa di antaranya yaitu harga beli, berat emas, total harga, voucher, serta metode pembayaran. Pilih opsi “Voucher”.
  7. Pengguna akan melihat “Voucher emas”. Klik pada opsi tersebut, lalu ketuk “Ok”.
  8. Lanjutkan dengan memilih “Bayar sekarang”, maka voucher emas telah berhasil digunakan dan harganya akan menyesuaikan.
  9. Berikutnya di menu pembayaran akan muncul notifikasi “Pembayaran berhasil” yang berarti pembelian emas akan segera diproses oleh Shopee.
TRENDING:  10 Rekomendasi Akun Edukasi di Tiktok Cocok untuk Menambah Wawasan

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan voucher emas di Shopee. Dengan adanya voucher, pengalaman berbelanja dan pemakaian Shopee akan lebih maksimal. Sehingga jika di lain waktu mendapatkan voucher ini lagi, sudah terbiasa untuk menggunakannya tanpa kesulitan.