E-CommerceShopee

Ketahui Cara Menghapus Akun Shopee Sesuai Prosedur yang Berlaku

Cara Menghapus Akun Shopee Sesuai Prosedur yang Berlaku
Cara Menghapus Akun Shopee Sesuai Prosedur yang Berlaku

Cara menghapus akun Shopee bisa dilakukan dengan mengikuti segala prosedur dan peraturan dari marketplace. Sehingga penghapusan akun tidak dapat dilakukan sesuai kemauan dengan seenak hati. Pihak marketplace, dalam hal ini Shopee memiliki beragam aturan tertentu jika ingin menghapus yang dimiliki.

Salah satu aturan yang ditetapkan dalam adalah penjual tidak diperbolehkan menghapus akun jika masih memiliki tanggungan pemesanan. Seperti order belum selesai diproses maupun dikirim. Jika hal tersebut dilakukan, tentu saja pihak Shopee akan menolak pengajuannya dan meminta untuk menyelesaikan urusan pesanan pelanggan terlebih dahulu.

Oleh karena itu, dalam proses pengajuan penghapusan, tentu saja pihak marketplace akan meminta alasannya. Jika kamu ingin menghapus akun, tentu saja harus menyampaikan alasan pengajuan dengan detail dan logis. Jika alasan yang dikemukakan janggal atau masih memiliki tanggungan order, sangat berpeluang tidak disetujui oleh pihak Shopee.

Namun kamu tidak perlu khawatir. Jika alasan yang kamu sampaikan memang jelas dan masuk akal, seperti ketika membuka aplikasi Shopee sering terjadi eror, produk sulit ditampilkan, maka pengajuan sangat berpotensi akan diterima. Berikut di antaranya cara menghapus akun di Shopee.

1. Membuka Akun Melalui Website atau Aplikasi

Cara menghapus akun Shopee yang pertama kali dilakukan adalah memasukkan username terlebih dahulu, baik melalui situs di internet atau aplikasi. Cara tersebut dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan perangkat yang dimiliki. Jika kamu hanya memiliki gadget, maka membuka akun bisa dilakukan dengan perangkat tersebut.

Membuka username melalui situs maupun aplikasi Shopee tidak membutuhkan waktu lama, asalkan koneksi internet stabil. Selain itu agar pemrosesan juga tidak membutuhkan waktu lama. Jika koneksi internet tidak stabil, maka untuk masuk ke akun pribadi, baik itu melalui situs internet maupun aplikasi juga tentu saja membutuhkan waktu lama.

Baca Juga: Cara Menjadi Star Seller Shopee

2. Memasukkan Username dan Kata Sandi

Cara menghapus akun Shopee selanjutnya adalah memasukkan username dan kata sandi. Pada umumnya jika kamu membuka melalui aplikasi di smartphone, posisi akun sudah terbuka. Sehingga tidak perlu memasukkan ulang. Namun jika melalui situs, username dan kata sandi butuh untuk dimasukkan ulang.

Usernama dan kata sandi tentu saja sama dengan pada saat kamu melakukan pendaftaran. Sehingga kamu kamu perlu menyimpannya agar kamu tidak mengalami kendala ketika log in. Jika kamu lupa dengan kata sandi yang digunakan, tentu saja tidak dapat masuk.

Namun pada umumnya pihak marketplace memberikan layanan untuk memasukkan ulang kata sandi. Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika memang lupa dengan kata sandi yang digunakan. Layanan tersebut tentu saja sangat memudahkan untuk proses log in Shopee.

3. Pilih dan Klik Akun Saya di Aplikasi

Cara menghapus akun Shopee yang perlu dilakukan setelah berhasil memasukkan username dan kata sandi adalah memilih kolom “saya” di aplikasi. Tepatnya pada pojok bagian kanan bawah. Di menu “saya” tersebut ada beragam menu serta fungsi yang berbeda. Seperti ShopeePay, Voucher Saya, Penilaian Saya, Pusat Bantuan hingga Pengaturan Akun. Kamu harus memilih menu “pengaturan akun”.

Di menu tersebut juga mencakup beragam perintah yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Kamu hendaknya memilih menu pada kolom bantuan, yakni “ajukan penghapusan akun”. Selesai memilih perintah itu, kamu bisa membaca terlebih dahulu beberapa poin informasi penting mengenai kebijakan penghapusan.

Kebijakan penghapusan akun di Shopee di antaranya adalah informasi bahwa koin Shopee akan hangus, untuk penjual segala tanggungan order harus diselesaikan dulu serta kebijakan bahwa jika kamu mengajukan pembuatan kembali, pihak marketplace memiliki hak untuk menolaknya. Setelah kamu membaca segala ketentuan dan siap dengan konsekuensinya, selanjutnya adalah mengklik perintah “lanjut”.

4. Memasukkan Kode untuk Verifikasi Pengajuan

Langkah cara menghapus akun Shopee selanjutnya adalah memasukkan kode verifikasi. Kamu bisa mengecek kode verifikasi yang diterima di nomor pribadi. Setelah berhasil mendapatkan kode verifikasi, masukkan di kolom perintah, lalu klik “lanjut”.

Selanjutnya pihak Shopee juga akan memberikan informasi atau peringatan penting bahwa mengenai efek penghapusan. Seperti segala data yang ada di dalam username tidak dapat dipulihkan ulang. Jika sudah setuju, kamu bisa melakukan langkah selanjutnya.

Baca Juga: Cara Ikut Flash Sale Shopee

5. Membuka Halaman Menu untuk Pengajuan Penghapusan

Cara menghapus akun Shopee yang dilakukan adalah menulis mengenai alasan pengajuan. Hendaknya alasan pengajuan disampaikan secara detail serta jelas. Hal tersebut membuat tim Shopee dapat mempertimbangkan pengajuanmu jika memang dinilai beralasan jelas, logis serta dapat dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya centang kolom kecil yang berisi persetujuan penghapusan akun. Jika kamu sudah siap, kamu bisa memilihnya. Selanjutnya klik “kirimkan”, maka otomatis akunmu akan terhapus. Namun pihak marketplace akan memproses pengajuanmu terlebih dahulu. Jika akunmu tidak bermasalah, tentu saja akan diterima.

Cara menghapus akun di marketplace memang mudah. Kamu hanya tinggal melakukan segala prosedur dengan baik dan memberikan alasan pengajuan secara jelas serta logis. Namun kamu perlu memahami konsekuensi dari cara menghapus akun Shopee agar tidak menyesal di kemudian hari.


SEKARANG ANDA BISA MENDAPATKAN ORDERAN TIAP HARI DARI SHOPEE

Lebih Dari 2.258+ Orang Belajar Di KELAS SHOPEE

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:E-Commerce