Dapat Cuan Banyak! Inilah Cara Menghasilkan Uang dari Tiktok

3 min read

Dapat Cuan Banyak! Inilah Cara Menghasilkan Uang dari Tiktok

Berawal dari social media berupa konten-konten video pendek, kini TikTok berubah menjadi mesin penghasil uang bagi para penggunanya. Cara menghasilkan uang dari TikTok juga tergolong sudah semakin beragam.

Social media yang lahir dari perusahaan China ini menawarkan fitur cara monetisasi TikTok yang juga tidak ribet. Sehingga saat ini, platform tersebut membuka peluang untuk para content creator yang ingin meraup cuan banyak.

Perkembangan Singkat TikTok dan Fakta Menarik

Platform aplikasi video singkat yang diiringi oleh musik ini, pertama kali muncul di Indonesia kurang begitu disukai. Bahkan beberapa kalangan mengatakannya sebagai aplikasi alay.

Namun seiring berjalannya waktu, platform tersebut tumbuh menjadi aplikasi yang banyak disukai. Di Indonesia saja, kini sudah ada ribuan influencer yang menghasilkan jutaan hingga ratusan juta rupiah dari aplikasi ini.

Pertama kali dirilis di China, aplikasi TikTok yang dulunya bernama Douyin ini mampu menarik 100 juta pengguna dalam satu tahun. Sedangkan saat ini penggunanya mencapai satu miliar di seluruh dunia.

9 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok

Melihat dari fakta-fakta di atas, maka tidak heran jika platform social media ini bisa menghasilkan cuan yang besar. Terlebih saat ini ada banyak cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan.

Berikut sudah kami rangkum cara menghasilkan uang dari TikTok. Ada beberapa cara yang sudah kami rangkum semua untuk kamu di bawah ini:

1. Menawarkan Jasa Endorsement

Banyak sekali pelaku bisnis di Indonesia yang butuh seorang jasa yang mau mempromosikan produknya. Jika kamu punya banyak followers, minimal puluhan ribu followers, kamu bisa menawarkan jasa promosi kepada mereka.

TRENDING:  5 Cara Posting Jualan di Facebook Agar Cepat Laku dan Laris

Targetnya tidak hanya bisnis berskala besar saja. Kamu juga bisa menargetkan bisnis setara UMKM dan UKM. Semakin banyak yang mengiklan, tentu akan semakin tinggi penghasilan yang kamu dapatkan.

Perlu kamu ketahui, bisnis berbasis promosi ini tergolong potensial, lho. Pasalnya banyak dilirik oleh para pelaku usaha. Di sisi lain, pendapatannya pun tergolong menggiurkan.

2. Menukar Sticker Gift dengan Uang  

Cara menghasilkan uang yang kedua ini tidak jauh dari yang pertama. Syaratnya adalah harus punya banyak followers dulu.

Sistem pendapatan yang bisa kamu peroleh sama seperti di platform live streaming Facebook, Likee, maupun Twitch.

Sistem penghasilan yang kamu peroleh berupa payout coins atau yang populer disebut saweria atau saweran. Penonton yang menyaksikan kamu live streaming nantinya akan memberikan sticker gift yang bisa kamu tukar dengan uang.

Audiens yang tertarik dengan konten live streaming kamu akan membagikan stiker tersebut sebagai bentuk penghargaan.

3. Menjadi Pengelola Akun

Untuk bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari tiktok tidak selalu harus punya followers yang banyak. Namun trik ini tidak cocok sebagai cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula.

Cara menghasilkan uang yang satu ini hanya untuk yang sudah berpengalaman. Pasalnya, di sini kamu harus tahu bagaimana cara kerjanya dan juga pandai mengelola akun agar menjadi lebih berkembang dan dikenal banyak orang.

Target kamu tidak hanya para influencer atau content creator saja. Kamu juga bisa menjadi manager TikTok untuk brand atau perusahaan tertentu. Fungsinya yaitu untuk menjalankan promosi maupun penjualan suatu perusahaan.

4. Berjualan Langsung

Kini melalui platform tersebut sudah tersedia sebuah fitur yang bisa kamu gunakan untuk berjualan langsung. Fitur tersebut bernama TikTok Shop.

TRENDING:  Begini Cara Menarik Uang di Snack Video Via Dompet Digital

Kamu bisa menjual produk milikmu melalui fitur tersebut. Bahkan kamu juga bisa menjual jasa atau layanan di platform tersebut.

Silahkan kamu cari ide produk apa yang cocok untuk kamu jual. Riset produk yang paling banyak dicari dan paling populer agar tidak sulit melakukan penjualan.

Jika kamu bingung bagaimana cara jualannya kamu bisa mempelajari cara jualan di tiktok shop melalui web ini.

5. Jasa Pemasaran atau Marketing

Cara menghasilkan uang dari TikTok 2021 dan tahun ini masih tetap tergolong sama. Contohnya seperti membuka layanan TikTok marketing untuk suatu brand.

Tugas kamu di sini yaitu mempromosikan produk maupun jasa dari suatu perusahaan. Kamu bertugas untuk membuat konten yang menarik agar konsumen tertarik. Selain itu kamu juga bertugas sebagai orang yang mengelola kampanye iklan.

Sama seperti sistem periklanan digital yang lainnya, di sini kamu juga bisa menargetkan iklan milikmu. Pasalnya, platform ini juga sudah dilengkapi dengan algoritma yang memungkinkan iklan tepat sasaran.

6. Membuka Agensi Sendiri

Kamu bisa mendirikan sebua perusahaan yang masih berkaitan dengan dunia aplikasi video singkat ini. Kamu bisa mendirikan sebuah agensi yang menjadi penghubung antara influencer dengan perusahaan yang butuh dengan jasa mereka.

Ide mendirikan agency akan membantumu meraup untung besar. Sangat cocok sekali untuk yang punya relasi atau koneksi dengan user yang sudah memiliki jumlah pengikut yang fantastis.

Peran kamu juga di sini meliputi mencari influencer yang tepat dan ideal untuk perusahaan atau brand terkait.

7. Menjadi Seorang Influencer

Kamu punya keahlian untuk membuat konten yang menarik? Gunakan bakat dan keahlian tersebut untuk menjadi seorang influencer. Cara menghasilkan uang ini merupakan cara yang paling baik untuk meraup untung besar dari aplikasi video pendek tersebut.

Keuntungan menjadi influencer sangat banyak. Kamu bisa menjual jasa promosi untuk brand tertentu, menjual produk atau layanan sendiri, menghasilkan uang dari stiker gift dan lainnya.

TRENDING:  Cara Mengaktifkan Subscriber di Youtube Melalui Android dan iPhone

Syarat menjadi seorang influencer hanya satu, yaitu mampu membuat konten yang kreatif. Selain itu kamu juga harus konsisten saat menjalankannya.

Selain itu kamu juga harus bisa membuat video yang menarik agar bisa masuk fyp, atau kamu bisa baca cara agar video tiktok fyp agar view dan followers kamu bisa bertambah dengan cepat.

8. Mempromosikan Karya Musik Sendiri

Banyak artis Indonesia yang lagunya viral melalui aplikasi TikTok. Sebut saja salah satunya lagu To the Bone milik Pamungkas. Kepopuleran lagu tersebut akan berpengaruh positif pada viewer Youtube, aplikasi musik dan lainnya.

Di sisi lain, akun TikTok milikmu juga akan diikuti oleh banyak user seiring dengan lagu kamu yang semakin viral.

9. Menggunakan TikTok untuk Mengarahkan Audiens

Kamu punya konten lain di luar TikTok? Kini kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi video singkat ini untuk mengarahkan audiens ke platform lain.

Contohnya kamu bisa mengarahkan audiens ke Youtube, Instagram, maupun website official bisnis yang kamu miliki.

Cara mengarahkannya pun sangat mudah sekali. Kamu hanya tinggal menautkan link platform lain di konten kamu. Setelah itu tunggu audiens masuk ke platform kamu melalui link yang kamu tautkan.

Tujuan dari cara ini pun cukup beragam. Contohnya saat kamu mengarahkannya ke akun Youtube milikmu, maka tujuannya untuk meningkatkan jumlah view, subscriber hingga like pada akun Youtube kamu.

Kesimpulan

Platform social media berbasis video singkat bernama TikTok ini tidak hanya sekedar untuk seru-seruan semata. Kamu bisa meraup untung yang besar dengan cara menjadi content creator atau melalui cara-cara lain yang sudah kami paparkan di atas.

Tertarik untuk mendapatkan penghasilan dengan hanya bermain TikTok? Cara menghasilkan uang dari TikTok yang sudah kami rangkum untuk kamu di atas bisa menjadi solusi yang paling tepat.