1. Menentukan Jenis Surat Lamaran Kerja
Sebelum membuat surat lamaran kerja umum, kamu perlu menentukan jenis surat lamaran kerja yang ingin kamu buat terlebih dahulu. Apakah surat lamaran kerja untuk posisi administrasi kantor, pelatihan, atau sejenisnya. Memahami jenis surat lamaran kerja yang dibutuhkan akan membantu kamu membuat surat lamaran kerja yang efektif dan sesuai dengan posisi yang kamu inginkan.
Source id.hutomosungkar.com
2. Mencantumkan Identitas Diri
Salah satu elemen paling penting dalam surat lamaran kerja adalah mencantumkan identitas diri. Bagaimana perusahaan dapat menghubungi kamu jika kamu tidak mencantumkan informasi yang cukup dalam surat lamaran kerja? Pastikan kamu mencantumkan informasi kontak seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email yang valid.
Source www.slideshare.net
3. Menjelaskan Pengalaman Kerja
Jika kamu memiliki pengalaman kerja, cantumkan informasi tersebut dalam surat lamaran kerja. Jangan lupa untuk menjelaskan peran, tanggung jawab, dan pencapaian yang kamu lakukan dalam pekerjaan sebelumnya. Ini akan membantu perusahaan melihat potensi kamu sebagai calon pekerja mereka.
Source frackasyster.blogspot.com
4. Menjelaskan Kompetensi dan Keahlian
Tidak hanya pengalaman kerja saja yang penting, tapi kemampuan dan keahlian juga harus dicantumkan dalam surat lamaran kerja. Jelaskan kemampuan dan keahlianmu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Ini akan membantu perusahaan melihat seberapa cocok kamu dengan posisi yang mereka butuhkan.
Source lkp-lima.blogspot.com
5. Menjelaskan Motivasi Kamu
Menjelaskan motivasi kamu dalam surat lamaran kerja juga dapat meningkatkan kesempatan kamu untuk diterima. Jelaskan alasan kamu ingin bergabung dengan perusahaan tersebut, dan bagaimana kamu dapat berkontribusi dan berkembang bersama perusahaan. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu memiliki minat dalam pekerjaan tersebut.
Source www.contohsurat.my.id
6. Menuliskan Kalimat yang Menarik
Kamu perlu memperhatikan kalimat pembuka dalam surat lamaran kerja. Kalimat pembuka yang menarik akan membuat perekrut tertarik untuk membaca seluruh isi surat lamaran kerja kamu. Gunakan kalimat pembuka yang kreatif dan menjual kemampuan atau keunikan diri kamu sebagai calon pekerja.
Source ruangsoalterlengkap.blogspot.com
7. Menggunakan Bahasa yang Formal dan Jelas
Surat lamaran kerja harus dibuat dengan bahasa yang formal dan jelas. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami dan hindari penggunaan bahasa Gaul atau kata-kata yang kurang formal. Pastikan kamu tidak membuat kesalahan tata bahasa dan ejaan pada surat lamaran kerja kamu.
Source www.contoh-surat.com
8. Menyesuaikan Format Surat Lamaran Kerja
Salah satu hal penting ketika membuat surat lamaran kerja adalah menyesuaikan format surat lamaran kerja sesuai dengan standar surat bisnis yang ada. Ada beberapa format yang dapat kamu gunakan, seperti format blok, format semi-blok, atau format full-block. Pastikan kamu menggunakan format yang tepat untuk membuat surat lamaran kerja yang rapi dan profesional.
Source zataninside312.blogspot.com
9. Melampirkan CV
Penting untuk melampirkan CV atau daftar riwayat hidup dalam surat lamaran kerja. CV akan memberikan detail tentang pengalaman kerja, pendidikan, dan keahlian yang kamu miliki. Pastikan CV yang kamu sertakan sudah terstruktur dengan baik, dan sesuai dengan posisi yang kamu lamar.
Source discourse.mcneel.com
10. Mengecek dan Merevisi Surat Lamaran Kerja
Sebagai calon pekerja, kamu harus memastikan surat lamaran kerja yang kamu buat bebas dari kesalahan tata bahasa atau ejaan. Pastikan kamu mengoreksi surat lamaran kerja beberapa kali dan merevisi jika ada yang perlu diperbaiki. Jangan lupa untuk mencantumkan semua informasi yang dibutuhkan, agar surat lamaran kerja kamu terlihat profesional dan menarik.
Source www.contohsurat.my.id
5 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar
Menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar dapat menjadi tantangan bagi sebagian orang. Namun, dengan beberapa tips sederhana, Anda dapat membuat surat lamaran kerja umum yang menarik dan efektif. Berikut ini adalah 5 tips untuk membuat surat lamaran kerja umum yang baik dan benar:
1. Perkenalkan Diri Anda dengan Baik
Source akuanborang.blogspot.com
Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperkenalkan diri Anda dengan baik. Ini haru dilakukan pada bagian atas surat, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email Anda, pastikan Anda juga menulis tanggal ketika Anda menulis surat lamaran kerja tersebut. Ini akan membantu pihak perusahaan mengetahui identitas Anda dengan mudah.
2. Jelaskan Tujuan Utama
Source jobskarir.id
Tujuan utama surat lamaran kerja Anda harus dijelaskan dengan jelas dan tegas. Anda harus menjelaskan mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut, sekaligus menyebutkan informasi dasar tentang posisi yang Anda lamar. Ini akan membantu pihak perusahaan memahami keinginan Anda dan dapat mempertimbangkan lamaran Anda dengan lebih serius.
3. Tinjau Kualifikasi Anda dan Pengalaman Kerja
Source www.scribd.com
Hal berikutnya yang penting adalah menguraikan kualifikasi dan pengalaman kerja Anda. Hal ini akan menjadi informasi penting bagi pihak perusahaan untuk mempertimbangkan lamaran Anda. Jangan hanya mengulang informasi dari CV Anda, tetapi tuliskan kualifikasi dan pengalaman kerja yang paling relevan dengan posisi Anda lamar. Anda dapat membuat tabel yang memuat informasi tersebut. Bagaimanapun, tetap hindari informasi yang seharusnya tidak boleh dibagikan seperti agama, keluarga, dan lainnya.
4. Sampaikan Keterampilan Khusus yang Anda Miliki
Source penjagaperpus.com
Jangan lupa untuk menyoroti keterampilan khusus yang Anda miliki. Ini dapat menjadi keuntungan besar bagi Anda dalam proses seleksi. Jelaskan keterampilan khusus yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar dan bagaimana keterampilan tersebut dapat membantu pihak perusahaan mencapai tujuan mereka. Pastikan Anda membuktikan keterampilan Anda dengan contoh konkrit.
5. Sampaikan Kata-Kata Penutup yang Bersahabat
Source www.contohsurat.my.id
Terakhir, jangan lupa untuk menuliskan kata-kata penutup yang bersahabat dan menyenangkan. Sampaikan kembali ucapan terima kasih Anda kepada pihak perusahaan atas kesempatan yang diberikan. Jangan lupa untuk menyampaikan harapan Anda untuk bisa bertemu dengan mereka dalam waktu dekat, atau setelah proses seleksi selesai. Selama kata-kata penutup, jangan pernah meninggalkan kesan yang buruk atau terlihat tidak sopan.
Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat membuat surat lamaran kerja umum yang baik dan benar. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dan melampirkan dokumen dan informasi yang diminta oleh pihak perusahaan untuk membantu lamaran Anda dipertimbangkan lebih serius.
Jika Anda sedang mencari contoh surat lamaran kerja, mungkin Anda juga tertarik dengan cara mengisi buku inventaris barang untuk kebutuhan bisnis Anda.
Sampai Jumpa Lagi di Artikel Selanjutnya!
Nah, itulah tadi contoh surat lamaran kerja umum yang bisa kamu jadikan referensi saat ingin melamar pekerjaan. Ingat ya, pastikan kamu menyesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan yang kamu lamar. Terima kasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa untuk berkunjung lagi ke situs kami untuk membaca artikel menarik lainnya. Sampai jumpa lagi!