5 Cara Menjadi Influencer Tiktok Terkenal

2 min read

cara menjadi influencer tiktok

Influencer atau orang yang dapat memberikan pengaruh pada followers sekarang tidak hanya menggunakan Instagram saja sebagai platform untuk eksis, tetapi juga Tiktok. Semenjak Tiktok naik daun, para influencer kini juga memanfaatkan Tiktok. Alhasil Tiktok semakin ramai pengguna dan para influencer juga semakin kebanjiran advertisement. 

Mungkin anda berpikir jika menjadi influencer Tiktok itu sangat menggiurkan. Bagaimana tidak, sekali endorse anda bisa mendapatkan 1 atau 2 digit. Nah kebetulan di artikel ini kami akan membahas cara menjadi influencer Tiktok. Namun sebelum anda melanjutkan membaca artikelnya, alangkah baiknya baca artikel tentang cara kerja algoritma Tiktok supaya FYP.

cara menjadi influencer tiktok

Cara Menjadi Influencer Tiktok

Sebelum menjadi seorang influencer, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Menjadi seorang influencer Tiktok itu bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya anda harus tahan mental bila terkena hujat atau berbeda pendapat dengan followers anda. Selain itu, anda harus memperhatikan konten, editing, proses shooting, dan hal teknis platform Tiktok.

Buat Konten yang Menarik dan Edukatif

Konten adalah raja, itulah semboyan yang harus melekat pada seorang content creator. Mereka harus bisa membuat konten yang bisa meningkatkan ketertarikan followers atau audien mereka. Dan membuat konten yang demikian bukanlah perkara yang mudah, anda harus melakukan proses riset dan pembelajaran sebelum membuat konten. 

TRENDING:  Cara Jualan di TikTok Shop dan Tips Meraih Untung Besar

Seorang content creator tidak hanya membuat konten yang bersifat entertainment saja, tapi juga menarik dan edukatif. Hal ini dimaksudkan supaya konten yang dibuat dapat memberikan manfaat untuk khalayak umum. Semakin manfaat konten yang kita buat, semakin besar kemungkinan untuk di endorse. Tidak percaya?

Perusahaan tidak hanya menilai pada apakah konten kita menghibur atau tidak, tapi juga bermanfaat atau tidak. Jika konten kita ternyata bermanfaat sekaligus menghibur, maka perusahaan yang ingin endorse akan lebih tertarik. Bagaimana tidak, audiens sudah kagum dengan anda pasti mereka akan mau didikte dengan ucapan anda. Dan inilah yang membuat perusahaan suka dengan influencer.

Edit Video dengan Profesional

Kualitas konten juga dipengaruhi dengan video yang kita buat. Seorang influencer tidak hanya dituntut untuk bisa membuat konten yang menarik, menghibur, dan edukatif, tetapi juga dapat mengedit video dengan profesional. Editing yang profesional ini meliputi beat musik, animasi video, lagu, video cut, dan lain sebagainya. 

Anda tidak perlu mengedit video yang rumit rumit, cukup gabungkan saja video yang telah anda take. Cara ini tidak membutuhkan skill editing yang bagus, semua orang bisa belajar dengan mudah lewat Youtube. Selain itu, anda tidak perlu menggunakan komputer yang spek tinggi untuk editing video Tiktok. Cukup gunakan smartphone saja sudah bisa.

TRENDING:  Jam FYP Tiktok untuk Posting Video Supaya Viral

Lebih enak lagi jika anda memiliki editor video sewaan. Jadi anda tidak perlu repot repot memikirkan soal editing. Cukup serahkan pekerjaan editing anda kepada editor yang telah anda sewa. 

Gunakan Lighting dan Kamera yang Jernih

Supaya video konten anda menarik dan enak dilihat, gunakanlah lighting yang bagus dan kamera yang jernih. Mungkin ini adalah modal yang cukup besar, namun anda bisa meminimalisirnya dengan beberapa trik. Seperti mengoptimalkan lighting, mengoptimalkan kualitas render video, dan lain sebagainya.

Perlengkapan lighting sendiri tidak membutuhkan pengeluaran yang besar kok. Cukup keluarkan uang 100 rb saja anda sudah bisa mendapatkan lighting yang bagus. Jika ingin yang lebih murah, mungkin harga 50 rb an sudah cukup. Tinggal anda pintar pintar memilih lighting yang sesuai dengan kebutuhan ya. 

Selain perlengkapan lighting, kamera yang jernih juga menjadi syarat mutlak jika ingin menjadi content creator profesional. Jika anda tidak memiliki modal untuk membeli kamera yang bagus, anda bisa menggunakan kamera smartphone. Perpaduan antara lighting yang tepat sudah bisa menghasilkan video yang bagus kok, coba saja. 

TRENDING:  Cara Membuat Story Instagram Aesthetic Biar Kekinian

Pelajari Cara Algoritma Tiktok Bekerja

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan untuk menjadi influencer Tiktok ialah cara kerja algoritma Tiktok. Kenapa ini sangat penting? Karena jika video anda ingin FYP, maka anda harus memenuhi kriteria video supaya masuk FYP. Emang apa saja sih kriteria video masuk FYP?

Sebenarnya dari pihak resmi Tiktok tidak membeberkan bagaimana cara kerja algoritma ini, namun ada beberapa hal yang anda perhatikan. Faktor tersebut nantinya bisa menjadikan video anda masuk FYP dan menjadi viral dengan mudah. Untuk penjelasan bagaimana cara kerja algoritma Tiktok, anda bisa membaca artikelnya disini. 

Upload Konten Secara Berkala

Tips terakhir untuk menjadi seorang influencer content creator dari NgobrolBisnis ialah mengupload konten secara berkala dan konsisten. Buatlah perencanaan konten apa saja yang ingin anda upload. Oleh karena itu, anda harus melakukan riset terhadap atensi audiens itu di konten seperti apa.

Upload lah konten di waktu yang menjadi jam FYP Tiktok. Untuk waktunya, kami telah membuatkan artikel khusus tentang jam FYP Tiktok. Anda bisa membacanya di artikel sebelumnya atau klik link dibawah ini.

Demikian adalah cara menjadi influencer Tiktok yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika anda minat di dunia perkontenan, anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menjadi influencer, karena bayarannya gede.