Cara Menjadi Star Seller Shopee agar Keuntungan Semakin Melimpah

Cara Menjadi Star Seller Shopee agar Keuntungan Semakin Melimpah

Kalau kamu membuka toko online di Shopee, maka wajib mengetahui cara menjadi star seller Shopee. Mendapat predikat sebagai penjual star adalah salah satu strategi supaya memperoleh keuntungan melimpah dari berbisnis lewat marketplace online tersebut. Star seller alias penjual berbintang memiliki kredibilitas tinggi sehingga semakin diminati oleh calon konsumen.

Bayangkan kamu bertindak sebagai pembeli yang hendak membeli produk lewat Shopee. Sementara jumlah pelapak di platform online shopping tersohor tersebut mencapai ribuan banyaknya. Secara otomatis kamu tentunya lebih pilih seller terpercaya sebelum membeli produk tertentu bukan? Nah, pemikiran seperti ini wajib diterapkan saat menjalankan bisnis online via marketplace.

Status sebagai penjual star akan menunjukkan bahwa suatu toko kredibel sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen. Sehingga mereka tidak akan ragu saat akan melakukan order. Jadi, tips sukses berbisnis di marketplace berwarna oranye tersebut salah satunya adalah menjadi penjual berbintang. Berikut penjelasan persyaratan serta cara menjadi star seller Shopee.

Cara Menjadi Star Seller Shopee agar Keuntungan Semakin Melimpah

1. Sudah Melakukan Verifikasi KTP yang Disetujui Shopee

Pertama, syarat yang wajib dipenuhi oleh seller adalah mendaftarkan identitas diri yaitu registrasi KTP. Shopee mensyaratkan semua pelapak online agar memverifikasi KTP bagi para penjual yang menggunakan platform tersebut. Cara ini bertujuan untuk memvalidasi bahwa toko online terkait memang betul dimiliki penjual yang dapat dipercaya.

TRENDING:  5 Cara Pengembalian Barang di Shopee Anti Gagal

Cara menjadi star seller Shopee ini wajib dilakukan. Namun jika kamu belum melakukan seperti ini, segera daftarkan KTP yakni mengunggah foto kartu identitas itu. Sehingga toko onlinemu lebih terpercaya dan masuk kriteria pertama calon penjual berbintang. Tanpa melakukan langkah ini, jangan berharap memperoleh status sebagai star seller.

2. Sering Membalas Chat Konsumen Minimal 80%

Cara kedua agar toko onlinemu segera mendapat status star adalah sering membalas chat dari konsumen. Fitur chat antara penjual dan pembeli sangat bermanfaat bagi pembeli untuk menanyakan informasi seputar produk toko. Jika ada calon buyer yang mengirimkan pesan, kamu harus meresponnya.

Respon penjual kepada pembeli merupakan salah satu indikator bahwa toko online menunjukkan performa positif dan responsive. Tentunya hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Sekurang-kurangnya kamu harus merespon chat dari konsumen minimal 80% atau lebih sering. Ini menunjang status tokomu agar lebih dilirik konsumen.

3. Minimal Mendapat Penilaian Bintang 4.5

Cara menjadi star seller Shopee berikutnya adalah mendapat penilaian (rating) tinggi, sekurang-kurangnya 4.5. Rating seringkali menjadi tolok ukur ketika seorang konsumen hendak membeli barang di suatu toko. Untuk itu, pastikan kamu menjual item berkualitas dan juga berikan layanan maksimal agar pembeli mau memberi rating tinggi.

TRENDING:  Ketahui Cara Jualan Online di Shopee Membuahkan Hasil Sukses

4. Tingkatkan Penjualan Minimal 100 Unit Tiap Bulan

Syarat status penjual berbintang lainnya yaitu jika mencapai minimal penjualan hingga 100 produk per bulan. Toko yang mampu menjual produknya sampai ratusan tiap bulannya memiliki kesempatan besar mendapat status star seller. Agar jumlah penjualan tinggi, lakukan promosi lebih giat misalnya memasang iklan.

Meningkatkan penjualan memang membutuhkan berbagai macam usaha dan promosi. Mempromosikan produk salah satunya bisa melalui saluran medsos seperti Facebook. Lalu ajak konsumen untuk bertransaksi lewat aplikasi Shopee yang lebih aman karena menggunakan rekening bersama.

5. Terdapat Minimal 25 Konsumen Berbeda Tiap Bulan

Syarat dan cara menjadi star seller Shopee berikutnya yaitu melayani sekurang-kurangnya 25 konsumen berbeda tiap bulannya. Semakin bervariasi konsumennya, ini menunjukkan bahwa toko online mempunyai kinerja yang bagus. Untuk mendapatkan konsumen yang beragam, kamu perlu melakukan promosi strategis supaya menjangkau target market.

Banyaknya jumlah penjualan bukan menjadi satu-satunya tolok ukur dalam melihat performa toko online. Karena bisa saja satu konsumen membeli produk dalam jumlah besar. Sehingga ini menjadi celah permainan demi memperoleh predikat star seller. Tetapi dengan adanya konsumen yang beragam menunjukkan bahwa pelanggan kamu adalah organik dan bukan manipulasi.

TRENDING:  Ketahui Cara Daftar Jualan di Shopee dengan Mudah

6. Penjual dengan Nol Poin Pinalti

Cara menjadi star seller Shopee wajib mematuhi peraturan yang berlaku. Ini bertujuan agar tidak diberi poin penalti yang pastinya dapat mengurangi kredibilitas. Oleh karena itu, sebagai pelapak kamu harus mematuhi aturan dan tidak melakukan hal-hal melanggar. Berikan juga layanan terbaik bagi pelanggan dan mengutamakan prestasi. Baca Juga: Cara Menambahkan Link Shopee di Instagram

7. Tidak Melakukan Pelanggaran-Pelanggaran

Melakukan pelanggaran adalah suatu kesalahan yang wajib kamu hindari karena bisa menghambat toko mendapatkan status star seller. Bahkan bisa saja toko yang sudah mendapat predikat tersebut justru kehilangan bintangnya. Untuk itu, kamu mesti memahami jenis-jenis transaksi yang tidak diperbolehkan oleh Shopee.

Jenis pelanggaran yang dapat mencegah menjadi star seller antara lain riwayat order mencurigakan atau tidak wajar, terdapat aktivitas janggal pada akun penjual, hingga menyalahgunakan program dari Shopee untuk meraup keuntungan pribadi. Oleh sebab itu, hindari melakukan aktivitas apapun yang berpotensi melanggar aturan tersebut.

Menjalankan bisnis online di era digital semakin mudah. Apalagi dengan kehadiran marketplace seperti Shopee, siapa saja dapat memiliki toko tanpa harus mengeluarkan modal besar. Agar mendapatkan keuntungan melimpah, penuhi kriteria-kriteria dan praktikkan cara menjadi star seller Shopee.


SEKARANG ANDA BISA MENDAPATKAN ORDERAN TIAP HARI DARI SHOPEE

Lebih Dari 2.258+ Orang Belajar Di KELAS SHOPEE

Check Also

cara daftar affiliate shopee

Cara Daftar Affiliate Shopee dengan Mudah Tanpa Banyak Followers

Teknologi internet yang semakin canggih dewasa ini membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan secara online. Salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *