E-CommerceShopee

Cara Menjual Barang di Shopee dan Strategi Meningkatkan Penjualan

Cara Dropship di Shopee, Solusi Bisnis Mudah dan Murah (1)
Cara Dropship di Shopee, Solusi Bisnis Mudah dan Murah (1)

Saat ini siapa saja dapat memulai bisnis dengan cara menjual barang di Shopee. Siapa yang tidak mengenal Shopee, platform belanja online ini telah begitu populer dan digunakan oleh jutaan masyarakat Indonesia. Ada banyak sekali toko online yang menyediakan berbagai barang kebutuhan. Mulai dari produk fashion, peralatan rumah tangga, dan sebagainya.

Hidup pada era digital juga menuntut kreativitas termasuk dalam menghasilkan uang. Hanya bermodalkan gadget dan koneksi internet, kamu bisa meraup jutaan rupiah dari keuntungan jualan online. Salah satu caranya yaitu memanfaatkan platform Shopee. Jangan hanya menggunakan aplikasi tersebut untuk berbelanja saja.

Sebaliknya, manfaatkan juga untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah sehingga bisa menjadi sumber pendapatan tambahan atau bahkan sumber utama. Kalau kamu belum mengetahui bagaimana caranya mendapatkan uang di Shopee, tidak perlu khawatir. Kali ini kami akan mengulas cara menjual barang di Shopee sekaligus strateginya agar penjualan tinggi.

1. Daftar Akun

Agar bisa jualan pada platform marketplace tersebut, tentu saja kamu harus memiliki akunnya terlebih dahulu. Kalau belum mempunyai aplikasinya, segera download melalui Play Store maupun App Store, menyesuaikan jenis operating system smartphone kamu. Lalu daftar dengan nomor telepon atau email dan lakukan verifikasi.

2. Mulai Jual Produk

Cara menjual barang di Shopee selanjutnya, langsung saja upload produk. Caranya masuk ke menu “Saya” pada bagian bawah beranda aplikasi. Lalu di bagian atas terdapat menu “Mulai Jual”, kemudian klik. Setelah itu kamu bisa mulai mengupload produk yang terdiri dari foto serta deskripsi dan juga harganya.

3. Membuat Profil Toko Menarik

Tidak hanya fokus pada produk, kamu juga perlu memperhatikan profil akun. Misalnya dengan membuat nama toko secara jelas sehingga konsumen akan langsung mengerti jenis produk apa yang dijual. Tambahkan juga foto atau logo dan juga alamat untuk memberikan kesan profesional.

4. Masukkan Nomor Rekening

Cara menjual barang di Shopee tidak akan berhasil jika tanpa memiliki rekening. Hal ini karena melalui rekening lah hasil penjualan toko online kamu bisa dicairkan. Jadi jangan sampai lupa memasukkan informasi rekening yang kamu gunakan. Setelah berhasil membuat akun dan toko online, selanjutnya pelajari strategi apa saja yang perlu diterapkan.

5. Melakukan Promosi Produk Melalui Berbagai Saluran

Salah satu strategi jualan di marketplace ini tentunya harus melakukan promosi atau iklan. Kamu dapat memanfaatkan berbagai platform seperti media sosial, aplikasi chat, atau bahkan website. Berjualan online di media manapun memang harus mengutamakan teknik marketing yang tepat. Gunakan Facebook atau Instagram untuk memperkenalkan produkmu kepada publik.

Kemudian kamu dapat mengajak mereka untuk bertransaksi lewat Shopee. Banyaknya kasus penipuan online terkadang membuat orang merasa enggan untuk membeli barang dari platform media sosial. Dengan adanya teknologi rekening bersama alias rekber, masyarakat cenderung lebih percaya transaksi di Shopee. Cara menjual barang di Shopee bisa promosi lewat sosmed.

Jika mempunyai modal lebih, tidak ada salahnya menggunakan fitur iklan untuk mempromosikan dagangan kamu. Apalagi Shopee juga menyediakan fasilitas ini bagi mitranya. Ketika memasang iklan, tentunya toko kamu akan lebih mudah ditemukan di halaman teratas sesuai dengan pencarian yang relevan.

Baca Juga: Cara Menjadi Star Seller Shopee

6. Menggunakan Fitur Gratis Ongkir

Salah satu fitur yang disukai oleh banyak pengguna aplikasi marketplace ini adalah tersedianya fasilitas gratis biaya pengiriman. Sebagai penjual, kamu juga perlu mengaktifkan fitur tersebut untuk mempermudah konsumen. Dengan adanya pilihan gratis ongkir, pembeli bisa menghemat uangnya ketika belanja online.

Terlebih lagi saat ini banyak sekali seller yang menjual produk dan menggunakan fasilitas free ongkir. Jadi, jangan sampai kehilangan konsumen karena fitur ini tidak aktif di toko kamu. Strategi cara menjual barang di Shopee agar penjualan selalu meningkat antara lain dengan mengaktifkan fitur free pengiriman untuk nominal pembelian tertentu.

7. Mengikuti Program Flash Sale

Flash sale adalah event paling ditunggu-tunggu oleh banyak pembeli karena banyak produk dijual dengan harga diskon. Oleh sebab itu, manfaatkan sebaik mungkin kesempatan untuk berpartisipasi pada program satu ini. Namun untuk mengikuti flash sale, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan.

Di samping itu, peserta atau penjual yang berhak ikut ke program ini ditentukan langsung oleh pihak Shopee. Tetapi kamu tetap bisa mendaftar ke program tersebut dengan kriteria yang telah ditentukan. Jika terpilih di program tersebut, kesempatan meningkatkan penjualan semakin terbuka lebar.

8. Membuka Kesempatan Dropshipper dan Reseller

Strategi menjual barang di Shopee agar transaksi selalu bertambah bisa juga dengan membuka kesempatan bagi banyak orang untuk menjadi reseller maupun dropshipper. Dengan adanya reseller dan juga dropshipper, produk kamu semakin luas jangkauan pasarnya.

Menjadi pebisnis online di era digital semakin mudah karena banyaknya dukungan teknologi. Kehadiran marketplace Shopee semakin membuka kesempatan meraih kesuksesan lewat bisnis online. Dengan cara menjual barang di Shopee, kamu bisa memperoleh untung melimpah setiap bulannya.


SEKARANG ANDA BISA MENDAPATKAN ORDERAN TIAP HARI DARI SHOPEE

Lebih Dari 2.258+ Orang Belajar Di KELAS SHOPEE

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:E-Commerce