Cara Promosi di TikTok

3 Cara Promosi di TikTok Dijamin FYP!

Apakah pembaca sering menonton video TikTok? Atau pembaca juga ikut recreate trend di TikTok? Konten di platform satu ini sudah dikenal sangat menghibur. Semua orang bisa membuat video dan menambahkan suara dan filter di dalamnya. Namun, apakah pembaca tahu bahwa TikTok juga bisa digunakan untuk promosi? Simak cara promosi di TikTok berikut:

Apa Itu Aplikasi TikTok?

TikTok ialah aplikasi berbasis konten video yang kini sedang hits. Sebenarnya aplikasi ini sudah dibuat sejak 2016. Namun, baru sekarang naik daun dan bahkan digunakan oleh semua kalangan usia. Konten video di TikTok memiliki durasi terpendek 15 detik dan terpanjang 60 detik.

Bukan hanya aplikasi membuat video biasa, TikTok memiliki beragam filter, animasi, dan trend yang terus up to date. Trend TikTok bahkan seringkali terbawa hingga ke platform sosial media lain. Bahkan banyak aplikasi lain yang merepost konten-konten viral dari TikTok.

Sebab penggunaanya sebagai media sosial, TikTok juga memberikan ruang untuk konten kreator. Konten kreator ini beberapa ada yang memanggilnya sebagai Seleb TikTok atau Influencer TikTok. Para kreator ini membuat konten dalam bentuk video dan mengikuti trend-trend global. Seleb TikTok banyak yang membuka layanan endorse dan paid partnership dengan produk terkenal.

Mengapa Promosi di TikTok?

Untuk menjawab alasan ini tentu sangat mudah. Platform yang sedang digandrungi oleh semua orang ini memberikan fitur membuat video singkat yang menarik. Bukan hanya itu saja, berbagai trend di TikTok juga seringkali menarik perhatian. Aplikasi ini jadi dikenal sebagai aplikasi hiburan yang bisa dimanfaatkan kreator dan dinikmati oleh penonton.

Visual menarik dan jumlah massa yang banyak membuat TikTok menjadi salah satu platform promosi yang memberikan peluang besar. Jika promosi dikemas dalam bentuk video menarik yang singkat, tentu audiens yang menonton akan penasaran.

Cara Promosi di TikTok

Untuk cara promosi di TikTok cukup beragam. Pembaca bisa memilih cara yang sesuai dengan yang diinginkan dan produk yang dipromosikan. Berikut ini 3 cara mempromosikan produk pembaca di TikTok:

1. Up to Date Trend TikTok

Untuk mampu menarik pasar di TikTok, pembaca perlu selalu up to date dengan trend terbaru dari aplikasi sosial media satu ini. TikTok selalu memiliki trend video terbaru dari waktu ke waktu. Namun seringkali trend ini tidak bertahan lama. Dengan kata lain trend ini hanya berlangsung dalam waktu singkat saja.

Trend tersebut akan digantikan dengan trend yang lebih baru. Cara promosi di TikTok ini bukan berarti mengharuskan pembaca untuk membuat trend. Bukan juga berarti pembaca menjadi fokus untuk bersaing membuat trend. Pembaca bisa mengikuti trend nya saja sambil melakukan promosi.

Misalnya, TikTok sedang diramaikan oleh drama korea Squid Game. Pembaca bisa ikut meramaikan trend tersebut. Jika pembaca ingin mempromosikan jasa MUA, pembaca bisa membuat tutorial make up pemain drama tersebut sebagai contohnya. Tapi, usahakan ikuti trend tepat waktu sebelum trend tenggelam. Serta, jangan lupakan penggunaan hashtag yang relevan.

2. Tingkatkan Engagement

Cara promosi di TikTok selanjutnya adalah dengan interaksi dengan audiens. Pembaca bisa membuat berbagai konten interaktif untuk terhubung dengan audiens. Misalnya, konten informasi produk-produk elektronik terkini dan kelebihannya. Lalu tutup konten video dengan pertanyaan agar dijawab audiens di kolom komentar.

Dengan berinteraksi dengan audiens, pembaca akan meningkatkan engagement akun pembaca. Engagement ini akan sangat bermanfaat tentunya untuk produk atau usaha yang pembaca promosikan. Selain menambah jumlah pengikut, pembaca juga bisa mendapatkan repost yang lebih banyak.

Meskipun beberapa orang tidak menyukai kontennya direpost, sebenarnya ini justru menguntungkan. Terlebih lagi untuk konten dengan isi promosi di dalamnya. Semakin banyak repost, maka akan semakin banyak orang yang melihat konten pembaca juga. Tapi, usahakan untuk memberikan ciri khas atau mark pada konten sehingga konten tersebut identic dengan merk pembaca.

3. Kolaborasi dengan Influencer

Selanjutnya, pembaca yang ingin mempromosikan dagangannya di TikTok bisa melakukan kolaborasi bersama dengan influencer TikTok. Tentunya kolaborasi ini sangat memungkinkan pembaca untuk mengeluarkan biaya lebih untuk paid partnership dengan influencer. Namun, jika memang harus mengeluarkan biaya, buat biaya ini lebih bernilai.

Caranya yaitu dengan memetakan influencer yang akan diajak berkolaborasi. Pastikan pembaca melakukan riset terlebih dahulu. Cek pasar setiap influencer, testimoni hasil, citra influencer, dan jumlah followers. Ini semua harus dilakukan agar biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Dengan memilih influencer yang tepat, pembaca bisa membidik sasaran pasar yang juga memiliki potensi untuk membeli. Namun, apabila pembaca tidak menganggarkan biaya, pembaca bisa menggunakan cara alternatif. Pembaca bisa berkolaborasi dengan influencer-influencer pemula di mana bisa pembaca dan influencer sepakati bersama kesepakatan yang saling menguntungkan.

Itulah cara promosi di TikTok yang dijamin akan menarik banyak audiens. Jika pembaca beruntung dan konten yang dibuat viral maka konten pembaca bisa menjadi konten for your page atau fyp. Ini tentu akan lebih menguntungkan lagi karena konten akan memiliki lebih banyak jumlah penonton. Menarik, bukan? Selamat mencoba.

TRENDING:  Cara Kerja Algoritma Tiktok dan Faktor yang Menentukan FYP

Check Also

6 Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang dengan Mudah Bagi Pemula

6 Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang dengan Mudah Bagi Pemula

Cara menjadi youtuber yang menghasilkan uang – Aplikasi Youtube saat ini dinilai sebagai salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *