10 Cara Promosikan Makanan Online Untuk Meningkatkan Branding Produk Dan Penjualan Makanan Anda

3 min read

10 Cara Promosikan Makanan Online Agar Laris Manis

Memiliki bisnis pada bidang makanan merupakan salah satu bisnis menarik yang diminati para konsumen. Pasalnya, berbagai makanan yang disajikan pasti akan menarik perhatian masyarakat apalagi makanan tersebut sedang viral. Namun, tidak sedikit dari pebisnis yang baru memulai kesulitan dalam menjual produk makanannya. Dengan demikian, kami Sosialin.com akan memberikan tips cara promosikan makanan online dengan baik dan cepat laku.

Banyak orang beranggapan bahwa memulai bisnis makanan adalah hal yang mudah untuk dijalankan. Adanya teknologi yang semakin maju, memberikan peluang besar untuk melakukan promosi secara online. Anda bisa menggunakan platform media sosial sebagai cara untuk melakukan promosi secara luas.

Ngomong-ngomong tentang jualan online terkhusus bidang makanan. Hal pertama yang harus Anda tahu adalah pesaing atau competitor. Maka dari itu, Anda harus bisa mencari cara mempromosikan makanan online atau startegi marketing agar bisnis makanan Anda mampu bersaing baik dan berjalan dengan optimal.

Bagaimana sih cara promosi makanan online yang benar dan platform media sosial apa saja yang paling efektif untuk digunakan? Nah, daripada Anda bingung, yuk simak tips dari Sosialin.com berikut ini.

Baca Juga: 3 Cara Promosi di TikTok Dijamin FYP!

10 Cara Promosikan Makanan Online dengan Tepat dan Cepat Laku

Sebenarnya berjualan makanan secara online tidak begitu susah. Asalkan Anda tau cara promosikan makanan online dengan berbagai langkah mudah.

TRENDING:  jelaskan definisi wirausaha menurut pendapatmu

Berikut kami berikan 10 cara promosikan makanan online secara tepat dan cepat laku. Diantaranya adalah:

1. Buat Makanan Yang Inovatif Dan Unik

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuka bisnis makanan adalah memastikan produk makanan yang akan dijual tersebut enak, inovatif dan unik. Anda bisa menjual makanan dengan tampilan oke dan rasa yang enak di lidah semua orang.

Selanjutnya, jika makanan sudah dirasa enak dan tampilannya menarik, Anda bisa menambahkan berbagai inovasi lain untuk menarik minat konsumen. Misalnya saja, Anda membuat produk makanan dengan varian berbeda dan belum ada yang jual sebelumnya. Atau bisa dengan produk sama namun diinovasikan, baik dari segi tampilan, cara packing dan sebagainya.

Anda juga bisa memadukan produk makanan lama dengan inovasi yang sedang viral saat ini. Sebagai contoh adalah cookies, yang mana pada masanya olahan cookies ini hanya memiliki varian rasa coklat. Tetapi pada masa modern ini, Anda bisa mengembangkan varian baru dari cookies tersebut. Diantaranya Anda bisa menambahkan berbagai macam rasa lainnya, seperti keju, matcha, strawbery, kopi dan sebagainya.

2. Berikan Foto Asli Produk

Cara kedua yang bisa Anda terapkan adalah mengirimkan foto produk makanan yang asli dan jujur. Biasanya ada beberapa orang yang suka memberikan respon negatif dari gambar yang disediakan oleh penjual, karena saat dicek dengan aslinya, gambar tersebut tidak sesuai.

Itulah mengapa pentingnya Anda memfoto produk dengan baik. Tidak jarang juga konsumen akan meninggalkan produk Anda bila terkesan foto tersebut editan. Anda bisa melakukan pengoptimalan foto produk dengan menyewa jasa foto produk agar foto produk Anda memiliki citra yang baik.

3. Buat Desain Produk Semenarik Mungkin

Setelah memfoto produk asli dengan baik, cara selanjutnya adalah membuat desain produk semenarik mungkin. Dimana Anda bisa membuat desain produk yang kekinian dan mampu menarik minat konsumen untuk membelinya.

TRENDING:  Tujuan Desain Kemasan dan Pentingnya Dalam Industri di Indonesia

Membuat desain produk juga masuk ke dalam strategi marketing produk makanan Anda. sebagai contoh biasanya cookies dikemas dalam bentuk toples. Anda bisa berinovasi dengan kemasan stand pack yang lebih praktis dan mudah dibawa kemana saja.

4. Promosikan Lewat Media Sosial Dan Internet

Strategi marketing yang bisa Anda gunakan untuk menjual makanan secara online adalah dengan memanfaatkan media sosial dan internet. Media sosial yang sangat sosialin.com sarankan adalah Instagram dan Facebook.

Kedua media sosial tersebut sudah terbukti efektif untuk menaikkan nama brand makanan dan meningkatkan penjualan. Instagram dan Facebook memiliki jenis konten visual yang relative tinggi sehingga mampu menarik minat audiens dan dapat meningkatkan engagement lebih tinggi dibanding platform media sosial yang lainnya.

Selain itu, ada internet yang bisa dijadikan opsi kedua dalam pemasaran produk makanan Anda. Internet marketing ini dapat menjangkau pasar yang lebih luas, dengan akses mudah, biaya lebih murah, dapat meningkatkan branding produk, serta meningkatkan penjualan.

5. Promosikan Dengan Pasang Iklan

Kami rasa promosi lewat media sosial dan internet tanpa diimbangi pomosi dengan pasang iklan adalah cara yang kurang efektif untuk meningkatkan penjualan produk. Fungsi iklan sendiri yaitu mempromosikan produk yang dijual dengan cara yang lebih kreatif dan unik.

Menarik perhatian konsumen tidak bisa hanya sekedar membuat akun sosial media dan memajang foto produk makanan. Namun, untuk menjangkau lebih luas banyak orang, memang sudah seharusnya Anda memasang iklan.

Anda bisa membuat tampilan foto menarik ataupun video seperti iklan di televisi dan menaruhnya pada slot iklan di media sosial seperti Instagram, Facebook, bahkan YouTube. Untuk menargetkan pasar yang lebih tepat dan akurat, Anda bisa menggunakan Google Ads.

TRENDING:  salah satu manfaat mea bagi negara-negara di asia tenggara adalah

6. Permudah Cara Pemesanan

Cara cepat agar produk makanan Anda cepat laku adalah mempermudah konsumen dalam memesannya. Mempermudah disini berarti Anda harus menyediakan produk di berbagai platform baik online maupun offline. Sehingga konsumen dapat menjumpai toko makanan Anda secara mudah dan pastinya lebih terpercaya.

Anda juga dapat mempermudah cara pesan dengan menyediakan berbagai pilihan pembayaran (payment) dan tersedia di berbagai e-commerce. Hal ini akan membuat konsumen lebih tertarik karena tanpa harus diribetkan soal pembayaran maupun aplikasi pemesanan.

7. Promo Gratis Ongkir Akan Menarik Konsumen Dari Berbagai Daerah

Cara promosikan makanan online yang paling digemari semua kalangan adalah adanya promo gratis ongkir. Cara ini merupakan cara efektif untuk mendorong pengunjung untuk membeli produk makanan Anda.

Anda bisa menambah biaya ini dalam penjualan produk makanan, apalagi jangkauan Anda sudah diberbagai daerah. Maka promo ini jadi kesempatan emas buat Anda para pebisnis online.

8. Posting Testimoni Positif Dari Pelanggan

Memposting testimoni postif dari para konsumen akan menarik perhatian calon konsumen untuk membeli produk makanan Anda. Dengan adanya testimoni ini akan membuat konsumen mempercayai produk makanan yang Anda jual benar-benar enak dan patut untuk dicoba. Sehingga calon konsumen tidak akan ragu lagi untuk check out produk makanan Anda.

9. Beri Diskon Pada Event-Event Tertentu

Cara jual makanan agar laris diserbu pembeli selanjutnya adalah dengan memberi diskon pada setiap event tertentu. Misalnya Anda menggunakan hari-hari nasional maupun hari spesial setiap bulannya. Strategi ini adalah cara paling ampuh agar calon konsumen tertarik membeli produk makanan Anda.

10. Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Konsumen

Langkah terakhir yang mesti Anda lakukan adalah memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumen Anda. Sikap ramah dan sopan yang Anda berikan kepada pembeli akan memberikan respon positif juga. Apabila mendapatkan kritikan dan masukan, sebaiknya juga dibalas dengan sikap yang lembut.

Itulah 10 cara mempromosikan makanan secara online ala Sosialin.com. Cara tersebut adalah cara paling ampuh untuk menarik minat calon konsumen untuk membeli produk makanan Anda.

Temukan beragam artikel dan tips menarik lainnya, dengan mengunjungi website kami ini setiap harinya!

barang inferior adalah barang

1. Pengenalan Surat Penawaran Barang Surat penawaran barang adalah sebuah surat resmi yang dibuat oleh pemilik usaha atau penjual sebagai salah satu cara untuk...
Andri Afrizal Hakim
3 min read

metode penyusutan aset tetap

1. Pengertian Iklan Baris Iklan baris adalah jenis iklan yang umum digunakan dalam media massa. Iklan baris memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis...
Andri Afrizal Hakim
4 min read