Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser

Tutorial Cara Retur Barang di Shopee dengan Mudah

2 min read

Tutorial Cara Retur Barang di Shopee dengan Mudah

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara retur barang di Shopee. Pengajuan retur atau pengembalian memang terkadang diperlukan oleh pembeli. Aktivitas ini biasanya dilakukan jika terdapat ketidakcocokan antara produk yang dideskripsikan dengan produk aslinya atau bahkan terjadi kerusakan, hingga pesanan tidak sampai.

Shopee memang sudah terkenal sebagai marketplace alias tempat jual beli berbagai macam produk secara online. Penggunanya baik dari sisi konsumen hingga seller (penjual) juga mencapai ratusan ribu atau bahkan jutaan. Saking banyaknya pengguna, terkadang penjual melakukan kesalahan dan mengirimkan barang yang keliru.

Semua pembeli pasti ingin mendapatkan produk yang sesuai dengan gambaran atau deskripsi dari penjual. Namun ada kalanya produk yang diterima ternyata tidak sesuai deskripsi atau bahkan cacat. Jika hal-hal tersebut sampai terjadi padamu, kamu berhak mengajukan retur barang saat belanja di Shopee. Caranya sangat mudah. Berikut ini tutorial lengkapnya.

Cara Retur Barang di Shopee

1. Masuk ke Akun Shopee Kamu

Langkah cara retur barang di Shopee pertama, kamu harus masuk atau login terlebih dahulu ke akunmu. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi marketplace tersebut di smartphone. Bisa juga login via PC atau laptop, tetapi menggunakan smartphone tentunya jauh lebih praktis. Masukkan email atau nomor handphone dan password di kotak yang tersedia.

TRENDING:  Cara Menjadi Star Seller Shopee agar Keuntungan Semakin Melimpah

2. Masuk ke Menu Pesanan

Setelah login ke akun, langkah selanjutnya masuk ke halaman akunmu. Pada antarmuka aplikasi Shopee di bagian bawah, kamu dapat menemukan beberapa menu seperti menu beranda dan notifikasi. Di pojok kanan bawah terdapat menu “Saya”. Tap pada menu tersebut dan kamu sudah masuk ke daftar pesanan.

Setelah masuk ke halaman “Saya”, langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Dikirim” yang terdapat logo truk di bawah tulisan “pesanan saya”. Kemudian disana terdapat pilihan “Ajukan Pengembalian”. Tap pada opsi tersebut. Ini merupakan langkah dasar cara retur barang di Shopee. Bagi yang belum pernah melakukan pengembalian mungkin akan sedikit bingung.

3. Ajukan Permohonan Pengembalian Barang

Langkah berikutnya, kamu harus mengisi alasan mengapa ingin melakukan pengembalian produk yang sudah dibeli lewat Shopee. Mungkin kamu memiliki beberapa daftar produk yang sedang dalam proses pengiriman. Untuk itu, harus cermat memilih dan jangan sampai salah produk. Tentukan barang mana yang hendak dikembalikan.

Di bagian bawah terdapat opsi “Ajukan Pengembalian” dan “Pesanan Diterima”. Jika memilih menu “Pesanan Diterima” artinya kamu telah mengecek barang dan tidak ada komplain atau keluhan. Nah, kalau ada komplain, cara retur barang di Shopee yang benar adalah mengklik menu “Ajukan Pengembalian”. Jangan sampai salah klik, ya.

TRENDING:  6 Cara Membuat Diskon di Shopee untuk Menarik Pembeli

4. Mencantumkan Alasan Pengembalian dan Foto Barang

Selanjutnya, mengisi alasan mengapa kamu ingin mengembalikan barang tersebut. Ada beberapa alasan yang kemungkinan mendasari pengajuan retur. Misalnya pesanan tidak sampai, produk cacat, komponen barang tidak lengkap, tidak dapat berfungsi, salah kirim ukuran atau warna, barang tidak asli alias bajakan, dan alasan lainnya.

Cara retur barang di Shopee agar diterima juga harus mengupload foto produk tersebut. Foto ini akan menjadi bukti bahwa produk yang kamu terima memang benar tidak sesuai dengan ordernya. Bisa juga menambahkan keterangan tambahan tetapi ini opsional jadi tidak wajib diisi.

Setelah itu, pilih jenis jasa pengirimannya. Pada menu ini, kamu dapat menentukan jasa pengiriman atau ekspedisi apa yang ingin digunakan. Tetapi kalau ingin fasilitas tanpa bayar alias gratis, sebaiknya pilih jasa pengiriman yang tersedia saja. Lalu masukkan nama email aktif. Kemudian tap menu “Kirimkan”.

Baca Juga: Cara Menjadi Star Seller Shopee

5. Ikuti Instruksi dan Petunjuk Retur Barang

Cara retur barang di Shopee berikutnya, ikuti instruksi dan petunjuk tentang bagaimana cara melakukan pengembalian dengan benar. Langsung saja tap pada menu “Lihat Instruksi”. Kemudian kamu akan menjumpai halaman petunjuk pengembalian secara step by step. Step yang perlu dilakukan antara lain mengisi nomor resi dan menyerahkannya pada petugas jasa pengiriman.

TRENDING:  Ketahui Cara Jualan Online di Shopee Membuahkan Hasil Sukses

Step pertama, tuliskan nomor resi sesuai yang tercantum pada paket pesanan. Kamu bisa menuliskannya pada paket kemudian menyerahkannya kepada petugas ekspedisi berdasarkan jasa yang sudah dipilih sebelumnya. Petugas tersebut akan menempelkan label pengiriman retur ke paketnya. Perlu diketahui bahwa pengajuan retur tanpa mencantumkan nomor resi tidak akan diproses.

Kamu mempunyai waktu maksimal sampai 5 hari setelah permohonan pengembalian diajukan. Jadi, pastikan resi pengiriman kamu masukkan ke pengajuan tersebut. Jangan lupa memastikan alamat pengembaliannya. Cek kembali apakah alamatnya sudah benar. Jangan sampai salah, karena jika keliru bisa-bisa paket yang ingin dikembalikan tidak diterima oleh seller.

Berbelanja secara online lewat marketplace Shopee memang menyenangkan karena sangat praktis dan tidak perlu keluar rumah. Akan tetapi salah satu risikonya yaitu terjadi kesalahan pada barang pesanan. Namun tidak perlu khawatir, dengan cara retur barang di Shopee di atas kamu tetap bisa mendapatkan produk sesuai pesanan.


SEKARANG ANDA BISA MENDAPATKAN ORDERAN TIAP HARI DARI SHOPEE

Lebih Dari 2.258+ Orang Belajar Di KELAS SHOPEE

Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser