Cara Transfer Uang Lewat Handphone yang Simpel dengan dan Tanpa Aplikasi-min

Cara Transfer Uang Lewat Handphone yang Simpel dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Transfer Uang Lewat Handphone – Di saat perkembangan teknologi semakin meningkat, wajar jika transfer uang bisa dilakukan tidak hanya melalui rekening bank saja. Hanya dengan modal handphone, Anda bisa dengan bebas melakukan transfer uang kemana saja.

Tentunya hal ini sangat memudahkan, terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas tinggi. Kondisi tersebut tidak memungkinkan Anda untuk singgah ke ATM atau kantor bank terdekat untuk melakukan transfer.

Keuntungan Transfer via Handphone

Adanya alternatif transfer yang bisa dilakukan melalui handphone ini sangat efektif dan juga simpel. Beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan adanya cara transfer uang seperti ini diantaranya adalah:

  • Lebih hemat waktu karena Anda tidak perlu jauh-jauh mendatangi kantor cabang bank atau ATM terdekat.
  • Semua aktivitas perbankan menjadi lebih praktis.
  • Bisa memantau setiap transaksi perbankan dan saldo rekening secara real time selama 24 jam secara online.
  • Dengan menggunakan cara transfer uang lewat handphone ini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Mulai dari biaya untuk pendaftaran, biaya aktivasi penggunaan fitur atau aplikasi, maupun administrasi bulanan dari pihak perbankan.
  • Dalam hal keamanan tidak perlu diragukan lagi, karena transfer melalui handphone terdapat kode verifikasi dan PIN serta sistem keamanan yang telah distandarisasi oleh pihak bank.
BACA JUGA:  Pengertian Jasa Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Jasa

Cara Transfer Uang via Handphone

Selain keuntungan yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga ikut berkontribusi dalam hal mengurangi penggunaan kertas untuk struk ATM. Adapun cara yang bisa Anda pilih untuk transfer melalui handphone adalah sebagai berikut:

SMS Banking

Cara pertama yang bisa dipilih sebagai alternatif untuk transfer uang tanpa melalui bank adalah dengan memanfaatkan SMS banking. Ini merupakan salah satu dari layanan perbankan dalam hal melakukan transaksi untuk memudahkan para nasabah bank.

Selain digunakan sebagai cara transfer uang lewat handphone, metode SMS banking ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengecek saldo rekening, membayar tagihan listrik, dan juga membeli pulsa.

Sesuai dengan namanya, alternatif transfer uang dari hp ini menggunakan fitur yang ada di hp Anda yaitu fitur SMS (short message service). Anda hanya perlu melakukan pendaftaran untuk nomor hp yang akan digunakan. Setelah aktivasi, Anda akan bisa melakukan berbagai transaksi perbankan dengan menggunakan satu nomor yang sudah terdaftar tersebut.

BACA JUGA:  10 Tulisan Orang Jualan yang Bikin Pembeli Merasa Bingung!

Setiap kali ada transaksi perbankan, Anda juga akan mendapat notifikasi melalui SMS. Memang, cara yang satu ini terkesan ketinggalan zaman dibandingkan cara transfer uang lainnya. Selain itu, Anda juga harus menghafal kode-kode tertentu dari setiap jenis transaksi.

Walaupun demikian, SMS banking masih memiliki peranan penting terutama saat koneksi internet Anda mengalami gangguan.

Mobile Banking

Cara transfer uang lewat handphone berikutnya adalah melalui mobile banking. Untuk cara yang satu ini, Anda tidak bisa menggunakan hp biasa melainkan butuh hp berbasis android untuk mengunduh layanan mobile banking.

Anda akan membutuhkan koneksi internet untuk bisa melakukan transaksi perbankan menggunakan mobile banking ini. Anda pun wajib mendaftarkan satu nomor telepon yang aktif yang bisa digunakan untuk transaksi mobile banking.

BACA JUGA:  Apa Itu Etika Bisnis dan Tujuannya

Nantinya, proses transfer yang Anda lakukan baik antar rekening maupun antar bank memiliki sifat real time. Kelebihan yang ada pada cara transfer uang lewat handphone dengan mobile banking adalah, Anda tidak perlu menghafal kode transaksi khusus.

Sebab, yang perlu dilakukan hanya login ke aplikasi mobile yang telah diunduh dan memilih jenis transaksi yang Anda butuhkan. Selain itu, setiap transaksi yang Anda lakukan juga tidak membutuhkan token atau membuka browser dan mengetikkan halaman web.

Internet Banking

Cara ketiga yang bisa Anda pilih untuk transfer uang melalui hp adalah dengan memanfaatkan fitur internet banking. Pada cara yang satu ini, Anda juga membutuhkan teknologi dan juga koneksi internet.

BACA JUGA:  Segera Daftar BLT UMKM Sekarang! Dibuka Hingga 28 Juni, Begini Cara Daftarnya

Perbedaannya dengan cara transfer uang lewat handphone yang menggunakan mobile banking adalah, limit transaksi yang ditawarkan jauh lebih besar. Namun, hal ini berbeda untuk setiap bank, tergantung dari kebijakan masing-masing bank. Selain itu, Anda juga akan membutuhkan sebuah alat kecil yang disebut dengan token.

Alat token ini berguna untuk mendapatkan kombinasi angka tertentu sebagai bentuk verifikasi pengiriman. Seperti halnya alternatif lainnya, untuk bisa memanfaatkan fitur internet banking ini Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke kantor cabang bank terdekat.

Nantinya, Anda akan mendapatkan user id, token, dan juga password login. Keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggunakan cara ini adalah, sistem keamanan tingkat tinggi yang ditawarkan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya untuk transfer uang atau melakukan transaksi perbankan lainnya secara online.

BACA JUGA:  Cara Promosi Online shop Di Instagram

Aplikasi Dompet Digital

Kebutuhan akan uang tunai sebagai alat pembayaran semakin berkurang fungsinya. Hal ini tergantikan dengan adanya dompet digital atau e-wallet yang bisa dimanfaatkan untuk membayar berbagai keperluan dan juga untuk transaksi perbankan.

Beberapa dompet digital yang bisa Anda manfaatkan diantaranya adalah OVO, Gopay, Dana, LinkAja, dan lain-lain. Cara yang satu ini cukup praktis karena Anda hanya perlu memasukkan nama dan nomor rekening bank tujuan tanpa harus menuliskan kode transaksi khusus.

Anda bisa memilih untuk melakukan pemindahan uang dengan cara transfer uang lewat handphone menggunakan SMS banking, mobile banking, internet banking, atau memanfaatkan beberapa aplikasi dompet digital yang tersedia di Google Play Store. Dengan cara ini, Anda bisa melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dimana saja tanpa harus mendatangi kantor cabang bank terdekat.

BACA JUGA:  5 Rekomendasi Email Hosting Dengan Custom Domain

Check Also

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger – Mendapatkan uang sekarang ini tidak lagi hanya bisa didapatkan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *