8 Contoh Kerajinan Bahan Buatan yang Bisa Jadi Ide Bisnis

2 min read

Contoh Kerajinan Bahan Buatan

Negara Indonesia banyak melahirkan orang-orang kreatif dalam bidang seni sehingga tak heran jika banyak hasil karyanya yang mengagumkan. Beberapa orang membuat kerajinan yang berasal dari bahan buatan yang laris dipasaran. Berikut terdapat beberapa contoh kerajinan bahan buatan, antara lain:

1. Kerajinan Lilin

Dahulu membuat lilin harus menggunakan alang-alang sehingga memanfaatkan bahan yang terbuat dari alam. Namun, sekarang zaman sudah semakin canggih sehingga pembuatan lilin bisa menggunakan sumbu serat saja sehingga lebih mudah ditemukan.

Lilin yang bentuknya terlihat cantik, maka bisa beralih fungsi untuk menghias ruangan meskipun fungsi utamanya yaitu menerangi ruangan. Kerajinan yang terbuat dari lilin relatif mudah dibuat apabila dibandingkan dengan kerajinan anyaman, ukir, maupun lainnya.

Pelaku usaha bisa langsung mengukir lilin tersebut untuk menghasilkan karya baru ataupun menggunakan teknik pencairan terlebih dahulu. Teknik pencarian ini, bisa menghasilkan lilin dengan bentuk yang lebih unik dibandingkan bentuk sebelumnya.

2. Kerajinan Plastik

Sampah plastik selalu diproduksi setiap hari dan belum banyak yang mampu memanfaatkan limbahnya. Daripada dibakar begitu saja, sampah plastik ini sebenarnya memiliki nilai ekonomi jika pelaku bisnis memiliki kreatifitas untuk mengolahnya.

Contoh kerajinan bahan buatan yang terbuat dari plastik ini cukup banyak diminati pelaku usaha karena mencari bahan dasarnya tidak sulit. Bahan yang sering dipakai untuk dibuat kerajinan adalah gelas aqua, botol bekas, tutup botol, dan lainnya.

TRENDING:  6 Ide Jualan Es Paling Laris dan Kekinian

3. Kerajinan Kaca

Kaca memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan sebagai kerajinan. Pembuatan kerajinan dari bahan kaca baik yang sederhana sampai yang rumit sekalipun bisa sekali dicoba. Pilihlah bahan kaca yang mudah dibentuk agar tidak sulit nantinya.

Teknik yang bisa dipilih ketika membuat kerajinannya yaitu dengan teknik grafir, decoupage, penyemprotan pasir, dan lainnya. Kaca ini bisa dilengkapi dengan lampu-lampu kecil supaya bisa menyala ketika dalam keadaan gelap. Bagaimana, tertarik untuk membuat kerajinannya?

4. Kerajinan Kain

Memiliki keterampilan untuk bisa menjahit, harus dimanfaatkan dengan baik agar keterampilan tersebut tidak berhenti begitu saja. Berbagai kerajinan yang terbuat dari kain pun bisa digeluti oleh orang yang ahli dalam menjahit. Hasil karyanya yang cantik pun mampu memikat para pembeli.

Memulai membuat kerajinan ini tak perlu mengeluarkan banyak uang karena bahannya bisa dikoleksi dengan harga yang terjangkau. Bahkan, apabila membutuhkan kain perca pun tidak perlu membelinya karena setiap penjahit pasti memiliki kain yang sudah sisa.

Asahlah sedikit kreatifitas untuk bisa membuat contoh kerajinan bahan buatan yang bermanfaat namun juga tetap estetik. Cobalah mencari referensi produk apa yang akan dibuat sehingga lebih mudah ketika akan praktek untuk membuat produknya.

TRENDING:  3 Contoh Promosi Produk Makanan Agar Laris Manis

5. Kerajinan Gypsum

Bahan buatan ini mungkin belum banyak dilirik oleh orang karena terkesan bingung dalam membuat karyanya. Umumnya, bahan gypsum tahan terhadap air dalam kurun waktu yang cukup lama jika cairannya sudah memadat sehingga cocok sekali dipakai untuk membuat kerajinan.

Kerajinan yang terbuat dari gypsum relatif mudah untuk dibuat, karena pengguna bisa langsung memproduksinya dalam jumlah yang banyak sekaligus. Namun, pengguna juga harus membuat cetakannya terlebih dahulu sebelum membuat produknya.

Persiapkanlah terlebih dahulu bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan ini agar tidak bingung ketika sudah melakukan eksekusi. Buat pola cetakan yang beragam agar semakin banyak variannya sehingga menarik minat para pembeli untuk segera meminang produknya.

6. Kerajinan Fiberglass

Bahan utama untuk membuat contoh kerajinan bahan buatan ini adalah bahan kimia yang terdiri dari calk, katalis, dan resin. Ketiga bahan tersebut akan bereaksi ketika dicampurkan sehingga akan mudah mengeras pada waktu tertentu. Tentu peristiwa ini sangat menguntungkan untuk membuat karya.

Nantinya harus ada cetakan yang berguna untuk menampung adonan kimia tersebut supaya terbentuk karya yang mengagumkan. Kerajinan ini bisa dijadikan sebagai aksesoris, souvenirs, ataupun lainnya. Untuk membeli bahannya, bisa langsung mendatangi toko kimia.

7. Kerajinan Clay

Umumnya kerajinan yang terbuat dari clay ini bisa menggunakan tanah liat. Namun, di era modern seperti sekarang bisa diganti dengan menggunakan tepung sehingga tidak merusak ekosistem alam. Harga dari tepung tersebut pun cukup terjangkau sehingga tak akan sulit untuk membuat kerajinan ini.

TRENDING:  Peluang Usaha Jasuke dan Analisa Usahanya

Membuat kerajinan yang bahan dasarnya tepung memang mudah untuk dibuat karena tekstur dari tepung yang mudah untuk dibentuk. Memulai membentuk kerajinan ini pun tak perlu ribet karena tepung mudah sekali untuk ditemukan. Carilah tepung yang murah saja tidak masalah. Tak hanya itu saja, kerajinan clay termasuk ide bisnis dari Jepang yang bisa kamu pilih. 

8. Kerajinan Kulit Sintetis

Mengingat kerajinan yang terbuat dari kulit asli begitu mahal, maka kini mulai dikembangkan kerajinan kulit sintetis yang lebih mudah untuk digunakan. Kulit asli biasanya akan dibentuk menjadi tas, sepatu, lukisan dan lainnya sehingga nilai jualnya tinggi.

Supaya lebih murah dalam proses produksinya, pergantian kulit menjadi sintetis perlu digalakkan. Pembuatan produk tersebut menggunakan kulit buatan pun tidak akan mengurangi kualitasnya sehingga tak mengapa untuk diterapkan. Harga jual pun nantinya tidak akan terlalu tinggi.

Contoh kerajinan bahan buatan yang sudah dipaparkan di atas bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuat suatu karya yang murah dan tidak ribet. Pemanfaatan bahan buatan ini sangat membantu alam agar tetap lestari dan terjaga keasriannya.