Contoh Pembukuan Uang Kas Pengeluaran dan Pemasukan dalam Bisnis

Contoh Pembukuan Uang Kas Pengeluaran dan Pemasukan dalam Bisnis

Contoh pembukuan uang kas – Ketika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis, tentunya contoh pembukuan atas pengeluaran dan pemasukan sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. Hal ini dilakukan karena bertujuan agar perusahaan bisa membuat laporan keuangan yang lebih rapi dan tepat.

Baca Juga: 6 Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang dengan Mudah Bagi Pemula

Seperti yang Anda ketahui bahwa memang tidak hanya seorang akuntan saja yang bisa mencatat traksaksi keuangan ini, namun juga hal ini bisa dilakukan oleh siapapun yang membutuhkan pembukuan. Hal ini jelas berbeda jika Anda membuat laporan pemasukan dan pengeluaran pribadi dengan laporan milik perusahaan.

BACA JUGA:  Peluang Bisnis Es Pisang Coklat dengan Keuntungan yang Banyak

Dengan adanya laporan pemasukan dan pengeluaran ini tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan untuk membantu keputusan apa yan akan diambil oleh manajemen perusahaan tersebut.

Setelah semua yang sudah Anda ketahui diatas, Anda juga bisa memahami bagaimana cara untuk membuat laporan keungan atas setiap transaksi yang dilakukan setiap harinya. Namun, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu contoh pembukuan uang kas yang bisa Anda jadikan sebagai referensi bisnis Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Pembukuan Uang Kas?

Setiap bisnis tentunya akan membutuhkan pembukuan pengeluaran dan pemasukan. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari resiko terjadinya selisih antara keuangan bisnis dengan keunagan pribadi.

Namun, apa saja manfaat bagi bisnis Anda jika membuat pembukuan uang kas ini? Keuntungan pertama adalah Anda bisa meminimalisir resiko kehilangan suatu produk, aset, hingga uang. Kedua, Anda bisa memperoleh hasil dari jumlah pajak yang harus Anda bayarkan.

BACA JUGA:  Pengertian Saham Menurut Para Ahli dan Jenis Saham Berdasarkan Kategori

Pembukuan uang kas ini juga bisa mempengaruhi nilai dari suatu aset dan laba rugi usaha di masa mendatang. Agar Anda bisa mengetahui berapa jumlah hutang maupun piutang, maka Anda bisa menggunakan pembukuan uang kas ini.

Selain itu, Anda juga bisa mengontrol biaya operasional usaha, sekaligus memperoleh hasil kemajuan dari bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut.

Bagi anda yang memiliki banyak sekali transaksi atas pengeluaran dan pemasukan uang kasnya, maka Anda pun akan membutuhkan pencatatan yang akurat dan detail terkait dengan uang kas tersebut. Bahkan, hal ini juga bisa Anda lakukan jika memiliki kesibukan bisnis yang padat.

Anda bisa mencoba contoh pembukuan uang kas untuk bisnis Anda tersebut. Semua kegiatan pembukuan ini akan ditangani oleh professional. Dengan begitu, maka Anda sudah tidak perlu khawatir lagi tentang penggunaan dari metode persediaan, debit kredit transaksi, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan akuntansi.

BACA JUGA:  Apa Itu Bisnis Konveksi dan Tahapan Memulainya

Contoh Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan Pada Bisnis

Sebagai contoh pembukuan pengeluaran pastinya akan berisikan mengenai pengeluaran kas usaha, seperti biaya operasional, gaji karyawan, hingga bahan baku. Pada umumnya, melalui pembukuan ini maka modal usaha yang dikeluarkn bisa diketahui dengan baik. Dengan begitu, maka Anda pun bisa menargetkan strategi bisnis serta menggunakan modal usaha yang bisa menjadi omset bagi bisnis Anda.

Untuk contoh pembukuan pemasukan dibuat sebagai informasi seperti halnya catatan terpisah. Misalnya saja seperti piutang yang sudah terbayar, dan penjualan produk secara keseluruhan. Pembukuan pemasukan ini sebaiknya selalu Anda update setiap hari agar Anda bisa mengetahui keuntungan dan profit dari apa yang sudah Anda raih.

BACA JUGA:  Pengertian Proses Produksi Menurut Para Ahli, Jenis dan Faktornya

Bentuk dan Contoh Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan Harian untuk Bisnis

Bentuk contoh pembukuan uang kas berupa table ini bisa Anda terapkan pada contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan harian dan bulanan, sehingga bisa Anda gunakan sesuai dengan jenis pembukuan dan transaksi bisnis Anda tersebut.

Untuk itulah, maka contoh laporan pemasukan maupun pengeluaran bulanan serta harian Anda akan memberikan informasi yang cukup penting dalam table tersebut. Seperti halnya pada saldo yang ada disetiap transaksi sekaligus didasarkan pada kode tersebut.

Contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran keuangan harian ini bertujuan untuk memberikan informasi transaksi atas keluar masuknya kas pada suatu perusahaan. Dengan begitu, maka contoh pembukuan uang kas ini bisa Anda sesuaikan dengan kondisi dari perusahaan Anda tersebut.

BACA JUGA:  Contoh SIUP dan Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang SIUP

Berikut ini ada beberapa bentuk dari contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran harian sebuah perusahaan.

Pembukuan Skotro

Pembukuan sekontro ini merupakan pembukuan yang berisi dua halaman, diamana kedua halaman tersebut terdiri dari debet dan kredit.

Pada halaman debit transaksi masuk akan terdiri dari tanggal uang masuk, keterangan mudah dimengerti, nomor urut dan kode berdasarkan bukti masuknya uang hingga kas bertambah, dan jumlah uang yang masuk sesuai dengan tanggal.

Untuk halaman kredit transaksi pengeluaran kasnya terdiri dari tanggal pencatatan, keterangan pengeluaran yang mudah dimengerti, nomor urut dank ode pengeluaran berdasarkan tanggal, dan pencatatan jumlah uang yang dikeluarkan.

Pembukuan Camera

Contoh pembukuan uang kas selanjutnya berjenis camera atau folio dengan satu halaman saja. Untuk bisnis kecil ini sangatlah mudah dan praktis untuk digunakan. Pembukuan camera pada umumnya memiliki bentuk pembukuan transaksi yang bisa digunakan dalam pembukuan uang kas harian maupun bulanan.

BACA JUGA:  Cara Kirim uang Lewat Alfa Untuk Anda yang Tidak Memiliki Rekening Bank

Pembukuan folio ini terdiri dari tanggal pencatatan, keterangan sumber masuk uang, nomor urut dank ode bukti kas yang ada, termasuk untuk pemasukan maupun pengeluaran uang. Selain itu, jumlah penerimaan uang pad akas terakhir dimana isinya adalah jumlah dari saldo kas yang ada. Dan terakhir, jumlah dari pengeluaran kas yang sudah dilakukan.

Pembukuan Tabelaris

Sebagai salah satu contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran keurangan harian yang dibuat dalam bentuk tabelaris ini berisikan informasi secara lajur atau golongan. Informasi ini juga akan disesuaikan dengan keperluan perusahaan, dari segi pengisian yang sama dengan halaman folionya.

Dan inilah beberapa contoh pembukuan uang kas yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda, ya!

BACA JUGA:  Study Case: Laris Manis Gara-Gara Storytelling

Check Also

Cara Kirim uang Lewat Alfa Untuk Anda yang Tidak Memiliki Rekening Bank

Cara Kirim uang Lewat Alfa Untuk Anda yang Tidak Memiliki Rekening Bank

Cara Kirim uang Lewat Alfa – Dunia teknologi semakin hari semakin berkembang sehingga mempengaruhi berbagai lini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *