8 Contoh Usaha Jualan Keliling yang Simple Tapi Menjanjikan

2 min read

Contoh Usaha Jualan Keliling

Usaha jualan bisa dilakukan dengan berbagai teknik yang ampuh dan juga menyenangkan. Salah satu teknik yang paling sering digunakan adalah dengan jualan keliling. Ada berbagai contoh usaha jualan keliling yang dapat dilakukan. Usaha jualan keliling tersebut juga bisa memberikan keuntungan.

Sekarang ini banyak sekali penggiat usaha yang berkeliling untuk memasarkan usahanya. Karena, jika harus berdiam di satu tempat biasanya pelanggan yang datang hanya dari satu tempat saja. Jadi, jualan keliling adalah solusi yang tepat untuk menarik pelanggan dari berbagai daerah.

Usaha Jualan keliling

8 Contoh Usaha Jualan Keliling yang Simple Tapi Menjanjikan untuk Semua Pedagang

Berikut akan dipaparkan usaha apa saja yang dapat dilakukan dengan cara keliling. Berikut, langsung saja pemaparan selengkapnya di bawah ini: 

1. Usaha Jualan Sayur Mayur

Usaha Jualan Sayur Mayur

Untuk yang pertama yaitu ada ide usaha berjualan sayur mayur. Sepertinya, usaha satu ini sudah banyak sekali dilakukan. Sering ditemui para penjual sayur yang berkeliling desa atau kompleks. Biasanya penjual sayur keliling ini akan mulai beroperasi pada pagi hari.

TRENDING:  5 Rekomendasi PPOB Terbaik untuk Mendukun UMKM

Dalam menjual sayurannya tersebut, ada yang menggunakan gerobak, motor, atau bahkan ada yang menggunakan mobil. Sasaran dari penjual tersebut sudah pasti ibu-ibu. Penjual bisa memberikan variasi pada dagangnya, misal menambah bahan makanan lain yang sudah pasti dibutuhkan.

2. Usaha Jualan Makanan Ringan

Usaha Jualan Makanan Ringan

Contoh usaha jualan keliling yang selanjutnya yaitu dengan menjual makanan ringan. Banyak sekali penjual makanan ringan yang berkeliling untuk memperoleh pelanggan. Hampir di setiap sudut, pasti ditemui penjual makanan ringan yang menggunakan motor dalam berjualan.

Untuk jenis makanan yang disajikan pun tergolong jajanan ringan. Seperti telur gulung, basreng, cireng, batagor, serta makanan yang lainnya. Ide usaha ini sangat menjanjikan dan memberikan banyak keuntungan. Apalagi, jika penjual berkeliling di sekitar sekolah. Sudah pasti anak-anak akan menyukainya.

3. Usaha Jualan Buah-Buahan

Usaha Jualan Buah-Buahan

Pada contoh yang berikutnya yaitu dengan menjual buah-buahan segar. Memang ada yang melakukan ide jualan ini, namun jarang sekali yang melakukannya. Karena, resiko buah cepat busuk sangat mungkin terjadi. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba.

Pasti sering ditemui juga penjual buah-buahan yang menjajakan dagangannya menggunakan kotak dari kaca yang mirip akuarium. Buah yang terlihat pun sangat segar dan menggiurkan lidah. Tak heran, jika banyak yang membeli buah potong ini.

4. Usaha Jualan Perabotan

Usaha Jualan Perabotan

Ada juga contoh usaha jualan keliling yang berhubungan dengan perabotan rumah tangga. Usaha ini dapat dilakukan dengan menggunakan motor maupun mobil. Tentunya perabotan yang disediakan adalah perabotan yang sering dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga.

TRENDING:  Pengertian Agribisnis: Manfaat, Komponen, Ruang Lingkup, dan Contoh

Penjual perabotan ini biasanya berkeliling desa sambil berteriak agar banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Ada juga penjual perabotan yang menggunakan sistem kredit. Banyak ibu-ibu yang sudah pasti tergoda untuk membeli peralatan dengan sistem kredit tersebut.

5. Usaha Jualan Es

Usaha Jualan Es

Apabila ingin berjualan keliling yang simple, maka bisa melakukan usaha jualan es. Biasanya penjual es keliling banyak yang meliriknya. Apalagi, jika penjual es tersebut berkeliling di siang hari saat cuaca sedang panas. Sudah pasti banyak yang membeli es tersebut.

Untuk jenis es yang dijual bisa es krim, es potong, maupun jenis es lainnya yang tidak perlu membuatnya dalam waktu yang lama. Bisa juga penjual es tersebut stand by di beberapa sekolah. Namun, dapat juga berhenti di beberapa tempat yang ramai pengunjung.

6. Usaha Jualan Pakaian

Usaha Jualan Pakaian

Ide yang selanjutnya yaitu usaha berjualan pakaian. Mungkin, jarang sekali yang melakukan jualan pakaian dengan cara berkeliling. Namun, bisa juga dicoba dan mungkin menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk dilakukan. Karena, masih jarang yang melakukannya.

Semua jenis pakaian dapat dijual dengan cara berkeliling. Apalagi, jika jenis pakaian yang dijual adalah pakaian untuk wanita. Sudah pasti akan laku keras dan banyak peminatnya. Penjual pun akan memperoleh keuntungan yang tidak sedikit dari hasil jualannya.

TRENDING:  10 Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Dengan Modal Kecil

7. Usaha Jualan Bubur Ayam

Usaha Jualan Bubur Ayam

Jika sedang bingung untuk usaha jualan keliling yang seperti apa, maka bisa mencoba jualan bubur ayam. Banyak sekali pedagang bubur ayam yang memilih berkeliling untuk memasarkan dagangannya. Biasanya penjual bubur ayam akan berjualan dari pagi hari hingga siang hari.

Karena, pada pagi hari banyak yang memilih bubur ayam sebagai pilihan untuk sarapan. Namun, ada juga yang pada siang hari masih memilih bubur ayam untuk makan siang. Jenis bubur ayam yang dijual bisa dalam versi Jakarta atau Bandung.

8. Usaha Jualan Seafood

Usaha Jualan Seafood

Terakhir, ada contoh usaha jualan keliling yang sangat menjanjikan yaitu jualan seafood. Jenis jualan ini sepertinya banyak menarik pembeli juga. Karena, jarang sekali yang menjual seafood dengan cara berkeliling. Selain itu, pasti ada juga yang malas ke pasar untuk membeli seafood.

Namun, penjual juga harus tetap menjaga kualitas dagangannya. Jualah seafood yang masih segar dan tidak bau juga. Jangan sampai pembeli menyesal karena seafood yang dibelinya sudah dalam keadaan yang tidak segar.

Jadi, itulah 8 contoh usaha jualan keliling yang dapat dilakukan saat ini. Semua ide jualan di atas terbukti memberikan keuntungan. Namun, hal penting yang harus diperhatikan adalah cek terlebih dahulu kualitas kendaraan yang akan digunakan. Supaya, tidak menghambat dalam proses berjualan.