Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser

10 Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Dengan Modal Kecil

7 min read

Jika anda saat ini sedang bingung ingin buka usaha apa? Maka anda sudah berada di blog yang tepat karena disini saya akan membahas tentang contoh usaha makanan ringan unik dengan modal kecil. Usaha makanan ringan memang menjadi usaha yang tidak ada matinya. Setiap orang pasti doyang ngemil.

Tapi biasanya orang-orang akan mencari cemilan / makanan ringan yang unik atau beda dari biasanya. Oleh karena itu kita harus lebih kreatif lagi untuk menyajikan makanan yang bisa disukai oleh banyak orang.

Tanpa berlama-lama lagi langsung aja yuk sima 10 Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Dengan Modal Kecil berikut ini:

1. Keripik Jamur

10 Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Dengan Modal Kecil 1

Cemilan keripik jamur benar-benar sangat populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Tentu saja bila anda turut serta dalam usaha keripik jamur, anda segera dapat manikmati hasil dari usaha ini. Untuk memperdalam usaha keripik jamur memang menjadi kewajiban yang bisa membuat anda jadi calon pebisnis yang sukses.

Memulai usaha keripik jamur mamapu menghasilkan keuntungan yang tinggi. Usaha pengolahan jamur menjadi makanan ringan yang diminati banyak orang ini sangat cocok dijalankan sebagai salah satu usaha yang menjanjikan. Peluang usaha ini masih sangat terbuka lebar untuk siapapun.

Selain itu persaingannya pun masih sangat sedikit sehingga peluang anda masih sangat besar sekali. Jika anda ingin membuka usaha makanan ringan keripik jamur ini. Berikut ini adalah resep untuk membuatnya.

Bahan bahan :

  • 1 kg jamur tiram putih segar
  • minyak untuk menggoreng
  • tepung beras
  • 2 butir telur ayam (dikocak)
  • tepung tapioka

Bumbu yang dilumatkan :

  • bawang merah
  • bawang putih
  • ketumbar
  • laos putih
  • garam
  • Bumbu taburan
  • 3 sdm balado bubuk
  • 1/4 ons keju bubuk

Langkah membuat :

  • Pertama persiapkan jamur tiram putih segar, lalu rendam di dalam air panas sampai 3 menit, selanjutnya potong-potong sesuai dengan selera anda.
  • Persiapkan tepung beras dan tepung tapioka untuk digabungkan, dengan perbedaan di antara 1 : 1.
  • Selanjutnya masukan jamur ke bumbu yang telah dilumatkan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, laos putih, dan garam selanjutnya masukan untuk kocokan telur, aduk adonan sampai rata
  • Jamur bisa ditempatkan ke adonan tepung selanjutnya diayak agar terpisah dengan sisi tepungnya.
  • Jamur yang telah terpisah dari tepung selanjutnya bisa dimasak.
  • Sesudah jamur 1/2 masak bisa keringkan dan didiamkan sepanjang satu hari, lalu bisa mengulang mengorengnya kembali hingga masak dan kering.
  • Keripik jamur juga sudah masak dan siap untuk dibungkus.

2. Keripik Pisang Keju

keripik pisang keju

Pisang merupakan buah yang dapat dibuat jadi berbagai olahan, seperti ceriping, keripik, salai, bolu pisang, dan lain-lain. Salah satunya olahan pisang yang paling banyak peminatnya ialah keripik pisang. keripik pisang yang dipasarkan biasanya cuman terasa renyah dan manis, tetapi untuk yang ini lain dari lainnya, yakni keripik pisang keju.

Jual keripik pisang semacam ini tentu memberikan keuntungan karena umumnya orang beli sekalian dengan jumlah banyak. Untuk memperoleh bahan baku relatif gampang, dapat di pasar tradisional, supermarket, atau langsung ke petani pisang.

3. Keripik Singkong

keripik singkong

Renyah dan gurihnya keripik singkong sangat banyak diminati berbagai kalangan. Tidak heran jika akhir-akhir ini banyak pemula atau pebisnis cemilan yang sama-sama berlomba-lomba mendapatkan untung beberapa puluh juta dari gurihnya bisnis keripik singkong.

TRENDING:  Kunjungan Profil Instagram Naik Dengan Cara Ini !!!

Seperti yang sudah anda ketahui, keripik singkong sebagai salah satu cemilan yang paling banyak diminati masyarakat. Rasanya yang renyah dan teksturnya yang paling gurih, jadikan keripik singkong sebagai salah satunya rekan asyik untuk nikmati waktu santai. Karena itu, wajar saja jika saat ini tingkat peminat keripik singkong makin hari semakin bertambah banyak.

Untuk Anda yang masih pemula dan kebingungan dalam mencari peluang usaha. Anda bisa coba memperdalam usaha keripik singkong untuk mendapatkan keuntungan yang besar tiap bulannya.

Resep Membuat Keripik Singkong

Bahan :

  • Singkong
  • Bumbu (garam dan bawang putih)
  • Soda kue
  • Bumbu seasoning taburi (balado, jagung bakar, sapi panggang, ayam bawang,
    dan lain beberapaya)

Langkah Membuat :

  1. Pilih singkong yang masih segar belum dari satu hari sesudah ditarik dari
    akarnya
  2. Kupas singkong, dan membersihkan dari kulit arinya
  3. Seterusnya potong singkong tipis-tipis, jika memang perlu gurakan serut buah atau
    slicer.
  4. Bersihkan singkong sampai bersih, lalu rendam singkong sama air panas
  5. Campur soda kue di air rendaman singkong itu (ukuran 1sdt
    untuk 1 ltr air)
  6. Biarkan air sampai dingin
  7. Basuh singkong dan keringkan
  8. Goreng singkong dengan api yang besar (perbandingan minyak dan singkong
    ialah 3:1)
  9. Jika keripik singkong telah kelihatan garing kemudian tiriskan hasil gorengan, lalu
    biarkan sampai dingin
  10. Tabur hasil gorengan keripik dengan bumbu seasosing (sesuai selera
    customer)
  11. Jika keripik telah tercampur rata dengan bumbu seasoning, karena itu keripik
    singkong siap untuk dibungkus dan ditawarkan.

4. Makaroni Gurih

10 Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Dengan Modal Kecil 4

Makaroni namanya telah dikenali oleh warga Indonesia, makaroni dapat kita temukan di pasar tradisional atau supermarket. Cemilan yang satu ini banyak disukai oleh warga baik dari anak-anak hingga dewasa. Memulai usaha makaroni gurih dapat disebut usaha yang paling menjanjikan. Makaroni gurih sebagai camilan yang mempunyai cita-rasa renyah dan nikmat tentunya.

Cemilan ini banyak disukai oleh masyatakat karena harga yang dapat dijangkau. Kemungkinan ada beberapa dari anda yang tertarik untuk memulai usaha makaroni gurih. Langkah membuat macaroni itu tidak sesusah seperti yang anda bayangkan. Yang terpenting anda dapat mengusahai cara pengolaannya, anda akan mendapaktan hasil yang bagus.

5. Tahu Crispy

contoh usaha makanan ringan serba 1000

Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Dengan Modal Kecil selanjutnya adalah Usaha tahu crispy bisa juga disebut sebagai usaha yang paling mudah untuk dikerjakan. Usaha tahu crispy pun tidak termasuk usaha yang sulit. Tahu crispy mempunyai potensi usaha yang bagus hingga pas sekali untuk dikembangkan. Menjalankan usaha tahu crispy jadi sebuah opsi usaha yang menguntungkan. Hingga tidaklah aneh jika usaha tahu crispy ini banyak ditekuni orang-orang.

Usaha tahu crispy dapat dikerjakan kapan saja seperti yang anda harapkan, karena usaha tahu crispy bukan termasuk tipe usaha musiman. Keuntungan yang didapatkan lewat usaha tahu crispy memang lumayan fanatis hingga sangat menjanjikan. Perkembangan peluang usaha tahu crispy dari sekian waktu sampai menunjukkan jika tumbuhnya tahu cispy demikian cepat hingga pantas untuk dipertimbangkan.

6. Pisang Nugget

contoh usaha makanan ringan

Usaha pisang nugget memiliki potensi yang cerah baik di kota atau desa. Untuk usaha pisang nugget lebih menguntungkan dikerjakan di desa terpencil karena belum bahkan juga tidak ada kompetitor. Apa lagi pisang nugget sebagai camilan yang paling digemari semua orang dengan rasa manis, nikmat dan gurih. Pisang nugget benar-benar cocok dicicipi saat kumpul bersama keluarga, melihat tv, saat hujan atau saat cuaca panas.

Pisang Nugget untuk Berjualan Rp 1000

Salah satu contoh usaha makanan ringan unik serba 1000 salah satunya adalah pisang nugget. Jika anda memilih untuk buka usaha pisang nugget itu merupakan langkah yang bagus. Ingat pangsa pasarnya yang paling luas dan banyak orang yang menyukai cemilan ini. Dari beberapa anak, remaja, orang dewasa dan orang lansia sekalipun. Langkah membuat pisang nugget 1000 an mudah sekali. Anda dapat menggunakan bahan dasar jenis pisang apa saja yang ada di dekat lokasi anda.

TRENDING:  7 Resiko Usaha Rongsokan yang Perlu Diketahui oleh Pemula

Sesudah bahan dasar yakni pisang sudah tersedia, saat itulah anda sudah bisa membuat pisang nugget. Langkah awal, mengambil sebuah pisang.Lalu membagikan jadi 2 sisi. Seterusnya untuk menyambung pisang buat adonan tepung. Setelah pisang dipisah dua dan dipotong lalu dimasukkan ke adonan tepung sampai rata. Selanjutnya, gulingkan pisang secara pelan-pelan pada tepung roti. Untuk memperbanyak varian dan percantik pisang nugget, anda dapat menambah toping coklat, keju, strobery, kacang dan rasa lain-lain.

7. Susu Goreng

contoh usaha makanan ringan yang menguntungkan

Cemilan susu goreng gurih mungkin kedengarannya asing untuk telinga beberapa orang. Tetapi makanan ini terkenal di Taiwan. Terutama pada street food atau beberapa pasar malam.

Agar bisa membuat susu goreng, anda harus mengentalkan susu cair lebih dulu jadi sebuah adonan kue. Selanjutnya menggorengnya sampai kering. Yuk langsung lihat resepnya.

Bahan yang dibutuhkan

Adonan isi:

  • 300 gram Susu cair uht
  • 60 gr tepung maizena
  • 50 gr gula pasir
  • 60ml air
  • 1 Sendok konsentrat vanila
  • Gula lembut seperlunya
  • Bubuk kayu manis seperlunya

Adonan Kulit:

  • 80 gr tepung terigu serbaguna
  • 20 gr tepung maizena
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sdt gula
  • 1 sdm minyak sayur
  • 110 ml air dingin

Langkah membuat

  1. Campurkan air dengan tepung maizena, aduk sampai rata dan pastikan tidak ada gumpalan. Sisihkan.
  2. panci, tuangkan susu dan gula pasir ke dalamnya. Masak dengan api yang kecil sampai gulanya larut.
  3. Masukan kombinasi maizena dan air, lalu aduk sampai mengental memakai whisk. Bila tekstur mulai mengental, tukar whisk dengan spatula dan pastikan sisi dasar adonan tidak gosong.
  4. Api matikan dan sisihkan panci. Masukkan ekstrak vanila dan aduk kembali.
  5. Persiapkan wadah dengan tutup, tuangkan adonan ke wadah. Ratakan permukaan atasnya, tutup tempat, lallu taruh dalam lemari es sepanjang dua jam.
  6. Sekarang waktunya kita mempersiapkan adonan untuk kulitnya. Campurkan tepung terigu serbaguna, baking powder, dan gula dalam mangkok. Tuangkan air dingin didalamnya. Sesudah diaduk-aduk rata, tambah minyak goreng dan aduk kembali.
  7. Persiapkan talenan, lapisi dengan plastic wrap dan tepung maizena di atasnya. Mengambil adonan susu dari dalam kulkas, potongi jadi sisi lebih kecil.
  8. Baluri permukaan susu dengan tepung maizena saat sebelum di celupkan ke adonan kulit.
  9. Panasi minyak, goreng susu yang sudah di celupkan dalam adonan kulit sampai berbeda warna cokelat keemasan.

Suguhkan di piring, tabur dengan gula lembut dan bubuk kayu manis sesuai dengan selera.

8. Cireng Mozarella

contoh usaha makanan ringan untuk anak sekolah

Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Dengan Modal Kecil selanjutnya adalah Cireng Mozarella. Kalau melihat cireng mozarella ini pasti yang terbayangkan adalah kenyal dan gurih rasanya.

Cireng yang disebut kependekan dari aci goreng ini dibuat dari tepung kanji. Berawal dari Jawa Barat, sebenarnya cireng telah populer pada zaman 80-an. Pada umumnya, adonan cireng dibuat dari kombinasi tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng.

Cireng yang kenyal bukan hanya nikmat dipadukan dengan cocolan sambal rawit dan rujak. Tetapi sekarang ada juga cireng goreng yang dikasih topping keju mozarella leleh yang lezat. Keunikannya itu jadikan cireng mozarella sebagai salah satunya usaha makanan ringan unik yang dicari banyak orang.

TRENDING:  Tambah Pendapatan dengan Bisnis Afiliasi Tanpa Modal Menjanjikan

9. Oreo Goreng

usaha oreo goreng

Cemilan nikmat yang ini demikian digemari beberapa orang dimulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Rasa oreo yang manis, nikmat dan sedap membuat cemilan ini dapat diolah menjadi berbagai bahan makanan. Satu diantara variasinya ialah oreo goreng.

Barangkali untuk yang baru pertama dengar oreo goreng akan agak aneh, Bagaimanakah cara oreo goreng dimasak, di mana struktur oreo sendiri sudah kering. Kedatangan oreo goreng memang menambahkan daftar kulineran baru yang termasuk unik dan bagus sekali. Kehadiran cemilan oreo goreng membuat kue ini dicintai beberapa orang. Hingga pecinta oreo goreng termasuk besar, hal ini membuat peluang usaha oreo goreng termasuk yang menguntungkan.

Usaha cemilan baru yang termasuk unik dan menarik ini sanggup cetak keuntungan yang fantastis. Usaha oreo goreng jadi salah satunya usaha menguntungkan yang umum dijalankan untuk siapa saja. Menarik memang dunia usaha oreo goreng di mana keuntungan yang didapat termasuk besar.

10. Keripik Sayuran

Banyak sekali cara untuk meningkatkan nilai ekonomi sayur-mayur tidak hanya dipasarkan pada saat kondisi sayuran masih segar, diantaranya dengan memproses jadi keripik. Beberapa macam sayur yang bisa anda berikan kemungkinan ketersediaanya benar-benar berlimpah di lingkungan kita hingga tidak perlu modal banyak untuk dibuat jadi usaha yang menguntungkan.

Tiap sayur mempunyai rasa uniknya, nutrisi dan struktur yang berbeda. Rupanya rumus untuk bikin keripik dari sayur tidak sesulit yang anda pikirkan. Konsepnya ialah rasa enak, bergizi, gampang diproses dan tersedianya stock yang berlimpah.

Cara Memulai Usaha Makanan Ringan Unik Dengan Modal Kecil

Sangat disayangkan sekali jika anda hanya melihat 10 Contoh Usaha Makanan Ringan Unik tanpa tahu bagaimana cara memulainya. Oleh karena itu dipenghujung artikel ini saya akan memberikan caranya.

1. Buat Perencanaan

Hal pertama dalam memulai usaha makanan ringan adalah dengan membuat sebuah rencana. Karena ini menjadi hal yang sangat penting. Anda harus benar-benar serius untuk membuat rencana bisnis karena kalau anda gagal dalam merencanakan maka anda sama saja sedang merencanakan kegagalan.

Yang harus anda rencanakan adalah mulai dari tempat, bahan baku, peralatan, hingga modal yang dibutuhkan.

2. Pelajari Cara Membuatnya

Jika anda tidak bisa membuatnya ya sama saja anda tidak akan bisa memulainya. Misalnya anda ingin membuka usaha oreo goreng, maka anda harus bisa membuatnya.

Semua yang saya sebutkan di atas bisa dikerjakan dalam sekala rumahan atau untuk anak sekolah pun bisa memulainya yang hasilnya bisa digunakan untuk uang jajan tambahan.

3. Kemas Semenarik Mungkin

Setelah anda berhasil mempelajari cara membuatnya, selanjutnya adalah dengan memberikan kemasan yang menarik. Karena kemasan yang menarik bisa meningkatkan daya jual dari produk itu sendiri.

4. Pasarkan

Untuk pemasarannya sendiri anda bisa memanfaatkan media online atau juga anda bisa membuka lapak di tempat yang ramai.

Kemajuan teknologi saat ini dapat memungkinkan anda untuk berjualan dari rumah saja. Jadi anda bisa berjualan secara online jika anda tidak memiliki tempat.

5. Mulai Sekarang Juga

Keinginan anda untuk memulai usaha tidak akan pernah terwujud jika anda hanya menginginkan saja tanpa ada tindakan untuk memulai. Jadi pelajar lagi bisnisnya, kemudian bulatkan tekad anda.

Saat pertama kali memulai usaha, mungkin yang terjadi tidak akan semulus yang anda bayangkan. Tapi jangan pernah menyerah dan teruslah berusaha.

Penutup

Sekian 10 Contoh Usaha Makanan Ringan Dengan Modal Kecil. Semoga artikel ini bisa memberikan anda inspirasi untuk memulai sebuah usaha.

Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser