9 Daftar Barang Rongsok yang Laku untuk Dijual

2 min read

Daftar Barang Rongsok

Barang rongsok identik dengan sampah atau juga barang bekas yang memiliki kualitas jelek, serta sudah rusak. Sejatinya tidak semua jenis dari sampah memiliki tempat akhir di pembuangan. Terdapat daftar barang rongsok yang bisa dimanfaatkan sebagai ladang penghasil pundi-pundi rupiah.

Mungkin untuk orang awam, barang bekas atau barang rongsok adalah benda  yang tidak ada lagi kandungan nilai gunanya. Biasanya barang bekas akan memenuhi ruangan dalam rumah atau gudang, daripada seperti itu lebih baik menjualnya kepada penadah barang-barang rongsok.

9 Daftar Barang Rongsok yang Laku untuk Dijual ke Pengepul

Barang rongsok di tangan yang tepat bisa diolah menjadi barang jadi maupun semi jadi. Cara pengolahannya bisa dengan cara modern atau konvensional. Berikut beberapa daftar barang rongsok, diantaranya:

1. Kertas atau Buku

Kertas atau buku merupakan salah satu dari daftar barang rongsok yang paling laku untuk dijual. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang membutuhkan kertas atau buku guna membungkus makanan atau hal lain.

Jenis dari kertasnya bisa berupa koran, buku catatan sekolah, buku paket, dan lain-lain. Barang jenis ini bisa dijual ke warung atau toko yang menjual rujak ataupun gorengan. Untuk harga dari barang tersebut akan dihitung secara kiloan.

TRENDING:  Buruan Cek Daftar Penerima Bansos Tunai Rp. 300.000, Begini Cara Cek dan Pencairannya

2. Kardus

Sebaiknya sesudah membeli air minum, minyak goreng, ataupun mie instan, kardus kemasan dari produk itu tidak disimpan saja atau dibuang. Kardus tersebut memiliki nilai jual yang cukup mahal, dibandingkan barang rongsok yang lainnya dengan catatan tidak adanya cacat secara fisik.

Untuk kardus bekas air minum kadang bisa dijual secara per biji serta harga pada tiap daerah tidak akan sama. Apabila penjualan dilakukan kepada supplier yang tepat, maka akan mendapatkan harga 5 ribu rupiah untuk setiap kardus.

Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang cukup menggiurkan. Pasalnya, kardus kemasan ini mudah untuk ditemui di mana saja dan tidak sulit untuk didapatkan.

3. Ban Kendaraan

ban kendaraan bekas

 

Barang rongsok yang selanjutnya yaitu ban kendaraan. Ban kendaraan tersebut bisa berupa ban yang rusak sebagian bahkan rusak total. Harga ban kendaraan ini tergantung kepada kualitas dari ban tersebut. Apabila ban masih layak untuk digunakan, maka harga jualnya lebih tinggi.

Terdapat banyak tempat yang ada di pinggir jalan untuk menjual ban kendaraan, baik jenis kendaraan motor ataupun kendaraan mobil. Untuk barang ini penjualannya bisa dihitung secara per biji, harganya pun lumayan terbilang tinggi.

4. Botol Kaca

Daftar barang rongsok berikutnya yaitu botol kaca. Sebaiknya botol kaca bekas sirup atau minuman lain tidak langsung dibuang, karena botol kaca merupakan salah satu barang rongsok yang menjadi incaran tukang rongsokan.

TRENDING:  Sistem Gaji Karyawan Cuci Motor dan Alasan Memilih Usaha Ini

Botol kaca tersebut bisa saja bekas dari kecap, obat, bahkan minyak goreng. Pada umumnya, barang jenis ini bisa dijual ke tukang rongsok yang berkeliling. Sedangkan untuk harganya akan dihitung secara kiloan.

5. Pakaian Bekas

Sangat banyak pakaian bekas yang dapat dijadikan sumber uang, apabila telah tidak layak untuk dipakai. Jenis dari pakaian bekas tersebut dapat berbentuk kaos, celana, jaket, baju, kemeja, dan lain-lain.

Berbagai pakaian tersebut mempunyai nilai jual yang tentu saja berbeda tergantung pada kualitas dari produknya. Barang jenis ini bisa ditawarkan serta dijual dengan cara datang ke supplier yang tepat.

Bentuk dari perhitungan harganya dapat berdasarkan kiloan maupun satuan. Variasi harga bisa berbeda sesuai dengan situasi atau tempat penjualannya.

6. Peralatan Elektronik

Salah satu jenis dari daftar barang rongsok yang selanjutnya yaitu peralatan elektronik. Barang tersebut bisa berupa HP, DVD, TV, radio, kipas angin, dan barang lain.

Harga dari peralatan elektronik yang masih layak pakai maupun yang sudah rusak ini sangat lumayan untuk mendapatkan uang tambahan. Melakukan penjualan barang rongsok jenis ini bisa dilakukan ke penjual online maupun kepada tukang rongsok yang berkeliling.

TRENDING:  Usaha Pertanian Hidroponik yang Menjanjikan

7. Besi

Barang rongsok yang laku untuk dijual salah satunya adalah besi. Besi bisa dijual secara kiloan dan harganya pun lumayan tinggi. 

Apabila memiliki besi yang sudah tidak digunakan lagi, maka dianjurkan untuk menjualnya. Besi yang menumpuk hanya memenuhi ruangan, dan apabila dibuang akan menjadi polusi untuk tanah.

8. Kaleng

Untuk daftar barang rongsok yang laku dijual selanjutnya adalah kaleng. Kaleng tersebut bisa berupa kaleng bekas kemasan minuman ataupun makanan.

Tentu untuk menjumpai kaleng ini cukup mudah. Kaleng bisa ditemukan di mana saja dan bisa dijual, kepada tukang rongsok keliling ataupun orang yang biasa melakukan daur ulang terhadap kaleng.

9. Onderdil Motor

Barang rongsok yang akan laku untuk dijual yaitu onderdil motor. Onderdil motor seperti shockbreaker, kopling, dan rem tangan bisa memiliki nilai jual yang cukup tinggi apabila masih berfungsi dengan cukup baik.

Kalaupun tidak, masih bisa memiliki nilai jual yang lumayan untuk menambah pundi rupiah. Barang jenis ini bisa dijual ke pihak yang berada di bidang otomotif ataupun dijual secara online.

Itulah daftar barang rongsok yang bisa laku apabila dijual kembali kepada penadah barang bekas. Tentu hal ini akan lebih bermanfaat dibandingkan dengan hanya menyimpan barang tersebut atau bahkan membuangnya. Hal ini, akan menghasilkan hubungan yang saling menguntungkan antara penjual barang dan juga penadahnya.