Ide Bisnis

Ide Bisnis Bidang Farmasi Bagi Alumni Kesehatan

Ide Bisnis Bidang Farmasi Bagi Alumni Kesehatan. Banyak sekali saat ini ide bisnis bidang farmasi, yang bisa dijalankan oleh mahasiswa alumni kesehatan di masa sekarang. Baik itu melalui penjualan secara online ataupun langsung membuka toko di rumah masing-masing ataupun di ruko. Tentu saja, konsep usaha yang akan dijalankan harus sesuai dengan bidang ilmu pengetahuan yang dimiliki, sehingga masyarakat bisa mudah mendapatkan obat yang tepat.

Macam-Macam Ide Bisnis Bidang Farmasi

Pertama, ide yang bisa dilakukan dalam berbisnis dibidang farmasi bagi alumni mahasiswa kesehatan adalah membuka usaha klinik praktik sendiri. Tentu saja, ini hanya bisa dilakukan oleh seorang bidan, perawat, ataupun doker yang telah memiliki izin untuk membuka praktek secara individu. Selain itu, ini juga usaha yang menjanjikan, walaupun telah mendapatkan pekerjaan sehari-hari di rumah sakit dan puskesmas.

Pembukaan klinik praktik seperti ini juga merupakan ide bisnis bidang farmasi yang sangat strategis serta menguntungkan masyarakat sekitar, terutama jika dalam keadaan yang sangat emergency. Mengingat saat ini, masyarakat enggan sebagian besar ke rumah sakit dan puskesmas, karena harus melalu prosedur yang cukup panjang serta akses yang jauh sekali dari rumah. Akan tetapi, untuk melakukan usaha ini, sertakan juga dengan penjualan obat dan resep.

Pilihan dari ide bisnis pada bidang farmasi yang kedua adalah membuka usaha apotek sendiri. Tentu saja, ini sangat tepat dilakukan oleh mahasiswa yang merupakan lulusan farmasi atau berpengaruh terhadap bidang obat-obatan. Akan tetapi, dalam melakukan usaha ini, juga harus disertakan dengan surat izin praktek, sehingga obat yang dijual juga bersifat original, mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan, dan tidak ilegal tentunya.

BACA JUGA  Ide Bisnis Kreatif di Dunia yang Layak untuk Dicoba

Selain menjual obat-obatan, ide bisnis bidang farmasi ini juga disertakan dengan penjualan atribut perlengkapan bayi dan orang tua. Serta, beberapa alat-alat akupuntur lainnya yang berhubungan dengan pengobatan secara herbal dan tradisional. Sebagian besar dari pemilik apotek juga menyertakan dengan penjualan kursi roda, infus, dan peralatan kesehatan lainnya, walaupun untuk melakukan bisnis ini diperlukan relasi dan modal yang sangat besar.

Ide bisnis lainnya adalah menyediakan jasa interaktif mengenai konsultasi obat-obatan dan kesehatan. Saat ini, bidan usaha start up juga telah merambah dalam dunia kesehatan. Di mana tanpa virutal, pasien bisa melakukan konsultasi kepada dokter yang bersangkutan, untuk bertanya mengenai resep obat, penyakit, dan lainnya. Layanan kesehatan ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi terpercaya yang bisa diunduh gratis.

Berikutnya, ide bisnis bidang farmasi lainnya yang bisa dicoba serta bergerak di bidang farmasi adalah menyediakan layanan seputar tentang keperawatan atau disebut juga fisioterapi. Biasanya, praktek ini disertakan juga dengan obat-obatan yang menunjang pengobatan tersebut. Pasien yang terlibata dalam konsultasi ini adalah orang tua yang sudah lansia, pasien yang mengalami kecelakaan, ataupun pasien yang mengalami penyakit kelumpuhan jangka panjang.

Ide bisnis bidang layanan kesehatan dan farmasi lainnya adalah membuka klinik kecantikan. Untuk bisnis yang satu ini, tentu saja hanya ditujukan bagi dokter yang memiliki spesialis dibidang kecantikan. Biasanya, pasien yang terlibat adalah para wanita yang ingin melakukan perawatan secara maksimal pada badan, mata, hidung, dan wajah. Setiap pengobatan yang dilakukan juga dilengkapi oleh beberapa peralatan canggih dan kosmetik resep dokter.

Terakhir, ide bisnis bidang farmasi yang bisa dicoba adalah penyedia jasa makanan sehat ataupun katering makanan gizi seimbang. Yang mana, bisnis ini sangat membantu sekali bagi masyarakat, ataupun wanita yang sedang menjalankan program diet sehat ala resep dokter. Adapun yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis ini yaitu, tetap jaga setiap bahan makanan yang diperlukan, dengan pemilihan super selektif berdasarkan 4 sehat 5 sempurna.

BACA JUGA  Ide Bisnis Kuliner yang Laris dan Mudah untuk Dibuat

Hal Utama Dalam Memulai Ide Bisnis Bidan Farmasi

Hal utama memulai bisnis ini, tentu harus mendapatkan sertifikat terlebih dahulu secara resmi dari Kemenkes sebagai bukti pengakuan bahwa telah memiliki hak layak membuka klinik kecantikan. Apalagi, wajah dan badan merupakan bagian yang sangat sensitif. Dari semua bidang usaha bidang farmasi dan kesehatan, usaha inilah yang terbilang sangat mahal, dan membutuhkan modal besar. Akan tetapi, keuntungan yang diperoleh sangat luar biasa.

Demikianlah informasi menarik seputar tentang rangkaian contoh dari ide bisnis bidang farmasi yang bisa dicoba.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button