Ide Bisnis dari Jagung

5 Ide Bisnis dari Jagung Sebagai Usaha Kuliner Khas Indonesia

Jagung merupakan tanaman pangan yang masuk pada kategori buah kering. Namun, anggapan jagung adalah jenis sayur sudah mendarah daging pada banyak kalangan. Terlepas dari kategorinya, banyak sekali ide bisnis dari jagung sebagai peluang usaha khususnya di bidang kuliner. Berikut ini beberapa olahan jagung yang bisa dijadikan ide bisnis keuntungan manis:

1. Nasi Jagung

nasi jagung

Indonesia merupakan negara dengan tingkat konsumsi karbohidrat tinggi. Salah satu sumber pemenuhan kebutuhan karbohidrat diperoleh dari nasi, jagung, dan jenis umbi-umbian lainnya. Pencampuran bahan-bahan tersebut juga dijadikan olahan makanan pokok pada banyak daerah di Indonesia. Salah satunya nasi jagung, pencampuran beras dan jagung yang ditumbuk lebih kecil.

Proses pengolahan nasi jagung sangat mudah. Seperti pengolahan nasi pada umumnya, hanya ditambah dengan campuran jagung tua yang dipipil dan dihancurkan. Penyajian nasi jagung tiap daerah berbeda-beda. Nasi jagung lazimnya dijadikan menu sarapan berdampingan dengan lauk tempe, tahu, ikan asin dan tumisan sayur.

Nasi jagung sebagai olahan tradisional khas Indonesia ini bisa dijadikan ide bisnis modern. Lakukan beberapa inovasi dengan menambahkan variasi pada lauk atau campuran nasi jagung dengan umbi-umbian lain. Kemas produk dengan packaging yang menarik dan simpel.

2. Jasuke (Jagung Susu Keju)

jasuke

Olahan jagung yang satu ini adalah jenis yang paling dikenal dan digemari masyarakat. Rasanya yang manis gurih membuat jasuke tergolong jenis dessert tradisional sederhana dan ekonomis. Berbahan dasar jagung dan dicampur susu bertoping keju, membuat jasuke menjadi jajanan wajib dan cemilan pengganjal perut.

Jasuke biasanya dijajakan di pinggir jalan atau pada area taman bermain. Di pusat perbelanjaan modern juga sudah banyak food court yang menjual olahan jagung ini. Pengemasan yang menarik dan pemberian variasi rasa dan toping membuat popularitas jasuke semakin menanjak.

Jasuke bisa dijadikan salah satu ide bisnis dari jagung dengan modal minim. Pengolahan yang mudah dan sumber daya yang berlimpah membuat peluang bisnis ini banyak dilirik usahawan pemula. Tekstur dan rasa yang enak di lidah membuat pasar olahan ini datang dari berbagai kalangan usia, anak-anak sampai kaum lanjut usia.

3. Lepet Jagung

lepet jagung

Panganan tradisional berbahan dasar jagung yang bisa dijadikan ide bisnis berikutnya adalah lepet jagung. Olahan kue yang biasa ditemukan di pasar tradisional ini merupakan makanan khas di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Biasa disandingkan dengan secangkir teh manis atau kopi, jajanan ini banyak diolah sendiri oleh kaum ibu di rumah.

Saat ini, keberadaannya yang mulai langka bisa menjadi salah satu alasan bisnis lepet jagung ini harus dijalankan. Selain sebagai usaha mencari penghasilan, cara ini sekaligus untuk memperkenalkan makanan tradisional pada kaum muda agar tidak punah. Tidak butuh modal besar untuk memulai usaha kuliner ini, skill memasak pas-pasan juga bisa membuatnya.

Bahan dasar yang dibutuhkan untuk mengolah lepet jagung terdiri dari jagung yang sudah disisir. Tumbuk atau tekan hingga terpisah dari kandungan airnya. Kemudian campurkan jagung tadi dengan kelapa parut, tepung maizena dan tepung terigu.

Sebagai penyeimbang rasa, tambahkan gula dan sedikit garam. Beri tambahan vanili untuk memperkuat aroma. Campurkan semua bahan hingga merata. Bungkus dengan daun pisang atau daun jagung, kemudian kukus hingga matang.

4. Tinutuan (Bubur Manado)

tinutuan

Sebagian dari penikmat kuliner berbahan dasar jagung pasti masih asing dengan nama olahan yang satu ini. Tinutuan atau yang lebih dikenal dengan sebutan bubur Manado. Memiliki tekstur seperti bubur pada umumnya, yang menjadi pembeda hanyalah warna bubur yang agak kekuningan karena berbahan dasar jagung.

Tinutuan terbuat dari campuran jagung manis, labu kuning, beras dan bermacam jenis sayuran. Makanan sehat ini cocok dikonsumsi sebagai sarapan saat musim hujan. Selain itu, olahan ini bisa dijadikan ide bisnis rumahan yang menjanjikan.

Pengolahan yang mudah dan berbahan dasar sederhana membuat bubur ini tidak sulit untuk di duplikasi. Bubur yang cocok dikonsumsi mulai dari balita hingga dewasa akan membuat target pasar lebih besar. Tidak perlu berkreasi macam-macam, cukup buat bubur jagung sederhana ditambah campuran lauk akan membuat bisnis kecil ini berjalan.

5. Jagung Titie (Keripik Jagung)

keripik jagung

Ide bisnis dari jagung berikutnya yang bisa dicoba adalah olahan keripik jagung. Jagung titie adalah makanan khas pulau Flores yang terbuat dari jagung. Bisa dikatakan jagung titie ini termasuk pada kategori makanan ringan atau camilan. Olahan jagung titie tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari karamel hingga asin.

Proses pembuatan keripik jagung ini cukup mudah. Siapkan jagung pulut yang telah dipipil. Sangrai sampai hangat kemudian geprek hingga berbentuk pipih seperti keripik atau emping. Olahan ini bisa dikreasikan dengan penambahan varian rasa baru, misalnya pedas, keju hingga coklat. Pakailah pula kemasan praktis yang mudah dibawa sebagai oleh-oleh.

Beberapa ide bisnis dari jagung di atas bisa menjadi referensi saat ingin memulai usaha dibidang kuliner. Masih banyak olahan dari jagung lainnya, baik makanan tradisional maupun modern. Coba beberapa resep dan temukan formula terbaik. Jangan ragu untuk memulai usaha, meskipun berawal dari rumahan dan bermodal minim.

TRENDING:  8 Ide Bisnis Saat Pandemi Paling Menguntungkan

Check Also

Ide Bisnis Milenial

3 Ide Bisnis Milenial Anti Ketinggalan Zaman

Pernah mendengar generasi milenial? Atau pembaca adalah salah satunya? Meskipun sering dikatakan sebagai generasi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *