Ide Bisnis Milenial

3 Ide Bisnis Milenial Anti Ketinggalan Zaman

Pernah mendengar generasi milenial? Atau pembaca adalah salah satunya? Meskipun sering dikatakan sebagai generasi yang impulsif, generasi ini sebenarnya mempunyai kemampuan yang spesial. Bahkan kemampuan ini bisa diasah dan dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Lantas apa kemampuan itu dan bagaimana memanfaatkannya? Simak 3 ide bisnis milenial berikut dan hasilkan uang dari sini.

Siapa Itu Generasi Milenial?

Milenial adalah sebutan yang disematkan untuk generasi antara tahun 1990 sampai awal tahun 2000an. Di abad 21 ini, generasi milenial sudah tumbuh menjadi generasi usia produktif. Saat ini, generasi milenial bahkan mendominasi berbagai industri dan tenaga kerja. Inilah mengapa zaman sekarang juga sering disebut sebagai zamannya generasi milenial.

Karakteristik Generasi Milenial

Rentang tahun dari 1990 hingga tahun 2000an bukanlah waktu yang singkat. Bahkan, banyak perubahan masif yang terjadi dalam rentang tahun tersebut hingga saat ini. Dengan keadaan yang cukup dinamis, generasi milenial rupanya tumbuh dengan karakteristik yang terbentuk akibat kondisi ini.

Generasi milenial dikatakan sebagai generasi dengan pola pikir yang terbuka, kreatifitas tinggi, dan skill komunikasi yang baik. Beberapa sumber lain juga mengatakan bahwa generasi ini memiliki pengetahuan dan cara pandang yang lebih luas. Tumbuh di tengah perkembangan teknologi yang pesat membuat generasi milenial terbiasa dengan arus perubahan dan modernisasi.

Bukan hanya itu saja, generasi milenial juga menjadi generasi yang kelak diandalkan di bidang teknologi dan platform digital. Milenial mempunyai kemampuan adaptasi teknologi yang hebat! Karena kemampuan ini, milenial bahkan juga dikatakan sebagai generasi yang terikat dengan teknologi.

Ide Bisnis Milenial

Dengan karakteristik spesial yang dimiliki generasi ini, ada beberapa ide bisnis yang cocok dengan generasi milenial. Tentunya ide bisnis ini tidak jauh-jauh dari bidang teknologi, bisnis online, dan bisnis kreatif. Ketahui lebih lanjut ide bisnis apa saja yang cocok untuk milenial berikut ini:

1. Membuka Toko Online

 

TRENDING:  10 Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Dengan Modal Kecil

Ide bisnis yang pertama ini cukup populer. Benar! Berjualan secara online. Karakteristik generasi milenial yang melek teknologi dan kreatif cocok dengan ide bisnis berjualan online. Ide bisnis milenial ini mampu mengembangkan passion milenial dan membuat generasi ini terus berinovasi dengan kreatifitasnya.

Saat ini sudah begitu banyak marketplace dan platform yang bisa digunakan secara gratis untuk berjualan online. Generasi milenial dengan segala ide cemerlangnya sangat cocok dengan model bisnis usaha online. Karakteristiknya yang dinamis bisa membuat milenial mendominasi pasar online dan tetap bisa mengikuti trend terkini.

Usaha online ini bisa menjual apa saja. Untuk lebih ringkasnya, pembaca bisa menjadi reseller, dropshipper, atau menawarkan jastip. Tanpa perlu melakukan proses produksi, pembaca bisa fokus mengelola toko dan memasarkan produk. Bukan hanya itu saja, bahkan pembaca bisa bekerjasama dengan pengusaha UMKM setempat untuk mengembangkan bisnisnya ke platform digital.

2. Mendirikan Usaha Kreatif

Kemampuan generasi milenial di bidang teknologi dan hal yang berbau digital memang hebat. Skill ini bisa dimanfaatkan untuk membuat ide bisnis milenial di bidang usaha kreatif. Saat ini hampir semua hal memiliki bentuk digitalnya. Bahkan, sejak Covid-19 menyerang, kini undangan pernikahan digital sudah menjadi hal wajar!

Ini tentu tidak luput dari peran generasi milenial dan kreatifitasnya. Terbiasa dengan perkembangan teknologi, membuat generasi ini cepat beradaptasi dan bisa menggunakan teknologi secara optimal. Ide usaha kreatif ini bisa dilakukan dalam banyak jenis.

Ide usaha kreatif bisa dikembangkan dengan mendirikan usaha desain grafis, usaha editing, membuka jasa admin instagram, hingga usaha manajemen influencer dan seleb media sosial. Tidak ada hal yang mustahil untuk generasi ini coba lakukan. Untuk memulainya bahkan pembaca tidak perlu kebingungan karena semua ini bisa pembaca riset melalui internet.

3. Mendirikan Usaha F&B Kekinian

Ide usaha satu ini tentu tidak bisa terlepas dari generasi milenial. Food and beverage adalah salah satu industri dengan gerak sangat cepat. Selalu saja ada trend makanan dan minuman kekinian yang berbeda dari waktu ke waktu. Karakteristik milenial yang adaptif dan dinamis sangat cocok dengan industri yang serba cepat ini.

Bukan hanya mampu mengikuti dan up to date dengan trend-trend makanan terkini. Generasi milenial bahkan juga mampu menciptakan trend versinya sendiri. Jika dilakukan riset lebih lanjut, pembaca bisa melihat pola dan arah kemana trend industri F&B terus berkembang. Ini bisa dimanfaatkan menjadi peluang yang menguntungkan.

Pembaca bisa membuat variasi aneka minuman dan makanan. Pengetahuan luas yang dimiliki milenial juga bisa dimanfaatkan untuk mengkolaborasikan dua jenis makanan dari budaya atau negara yang berbeda. Mulai dari minuman sehari-hari seperti teh, kopi, susu, dan masih banyak lainnya bisa pembaca variasikan dan jadikan ide usaha dengan merk pembaca sendiri.

Itulah tiga ide bisnis milenial yang bisa pembaca coba. Buat jenis usaha sesuai passion dan skill yang dimiliki. Mampu beradaptasi dengan teknologi dan perkembangan zaman adalah kemudahan yang bisa dimanfaatkan untuk mendapat pundi-pundi uang. Tidak usah khawatir perihal pemasaran, berbagai platform dan media sosial siap membantu usaha pembaca go viral.

 

TRENDING:  15 Ide Jualan Makanan Dengan Modal Kecil Yang Harus Kamu Coba

Check Also

10 Ide Bisnis Online di Masa Pandemi yang Potensial dan Menjanjikan (1)

10 Ide Bisnis Online di Masa Pandemi yang Potensial dan Menjanjikan

Adanya pandemi COVID19 sedikit banyak berdampak di segala aspek kehidupan, termasuk dibidang ekonomi. Tak sedikit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *