ArtikelIde Bisnis

15 Ide Jualan Makanan Dengan Modal Kecil Yang Harus Kamu Coba

Banyak yang ingin memulai untuk jualan makanan tapi bingung mau jualan apa? Nah, di postingan kali ini saya akan membagikan ide jualan makanan dengan modal kecil. Dimana Anda tinggal memilih mana yang ingin Anda mulai.

Tidak dapat disangkal, usaha kuliner masih menjadi satu diantara usaha yang banyak disukai karena tingkat kesuksesannya yang tinggi sekali. Apa lagi jika dapat pilih jenis makanan yang pas, bukan mustahil usaha Anda akan melesat saat itu juga sama seperti yang telah dirasakan banyak pebisnis kulineran sukses sekarang ini.

Walau sekarang ini usaha kulineran atau ide jualan makanan sangat tinggi kompetisinya, tetapi bila kita dapat menentukan jenis makanan yang pas untuk dipasarkan, dengan trick marketing yang bagus, dan semangat yang tinggi, bukan mustahil usaha itu akan cepat sukses.

Ide Jualan Makanan Dengan Modal Kecil (1)

Ide Jualan Makanan Online

Berikut ini adalah beberapa ide jualan makanan yang bisa Anda jual secara online:

1. Kue Kering

Jika dahulu kue kering cuman ramai dibeli mendekati hari Raya seperti Idul Fitri dan Natal, Tapi tidak dengan sekarang ini. Sekarang, kue kering banyak dicari sebagai cemilan karena, lebih bertahan lama dibanding dengan roti atau kue tart atau cake.

Anda bisa jualan kue kering seperti nastar, putri salju, lidah kucing, kastengel, egg-roll, dan yang lainnya. Kamu bisa juga bereksperimen dengan paket/kemasannya. Bila umumnya kue kering dikemas dengan topeles biasa, kamu dapat memakai jar yang jauh lebih murah.

2. Frozen Food

Sekarang ini frozen food makin disukai oleh warga Indonesia karena tahan lama dan gampang untuk diproses. Maka, jika konsumen setia ingin makan praktis tetapi enak dan tahan lama, frozen food ialah opsi yang tepat.

BACA JUGA  Cara Memulai Bisnis Kuliner Yang Tepat Untuk Pebisnis Baru!

Frozen food yang biasa dibeli konsumen setia ialah nugget, kentang goreng, sosis, siomay. Tetapi, seiring waktu berjalan, frozen food juga makin banyak variasinya. Misalnya risol mayo, cireng isi, kebab, dan lumpia goreng. Baik makanan yang pas untuk dijadikan lauk (nugget, sosis) atau makanan ringan (risol mayo, cireng isi), dua-duanya sama mempunyai kesempatan yang besar dalam jualan makanan online.

3. Keripik

Siapa yang tidak doyan keripik? Cemilan ini benar-benar pas untuk rekan kerja, menonton, atau membaca buku. Disamping itu, makanan ini tahan lama untuk di simpan dalam waktu yang lama.

Agar semakin dapat berkreatifitas dalam rasa dan bahan, kamu dapat membuat keripik sendiri. Sekarang ini, tidak cuma keripik kentang saja yang dicintai masyarakat. Olahan bahan lain seperti ubi dan singkong juga benar-benar dicintai. Yang terpenting bahan yang dipakai berkualitas baik serta bumbu yang dibikin pas dengan lidah orang Indonesia, pastinya keripikmu akan laris.

Kamu dapat bereksperimen dengan rasa-rasa lokal atau menyatukan rasa lokal dengan rasa yang sekarang ini sedang hits. Misalkan rasa sambal matah, atau rasa salted caramel, dan lainnya.

4. Dessert Box

Akhir-akhir ini, banyak penjual online yang jualan dessert box. Makanan penutup yang populer dengan rasa manisnya ini bisa buat lidah ketagihan. Umumnya di pasar, dessert box dipasarkan pada harga sekitaran Rp25.000 – Rp55.000, bergantung bahan dan topping yang dipakai.

Dessert box yang disukai ialah dessert box dengan rasa-rasa unik, seperti red velvet, nutella, regal biscuit, lotus biscuit, salted caramel, serta boba. Kamu dapat coba membuat sendiri untuk dijajakan ke rekan-rekan atau konsumen setia yang lain.

5. Sambal

Makan belum nikmat jika tidak didampingi dengan sambal. Sambal jadi makanan unggulan orang Indonesia. Ditambah lagi sekarang ini banyak usaha makanan online yang lebih fokus pada rasa sambalnya.

Anda dapat jadikan ini sebagai kesempatan usaha. Jual sambal botolan dalam bermacam ukuran paket. Sambal-sambal yang paling disukai oleh warga Indonesia ialah sambal matah, sambal terasi, sambal goang, dan sambal cabai ijo. Kamu dapat coba membuat sambal-sambal itu di dalam rumah. Jika kamu berasa rasa sambal olahanmu telah nikmat, kamu mulai bisa tawarkannya pada kenalanmu.

Baca Juga: Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga 

Ide Jualan Makanan Pinggir Jalan

Berikut ini adalah beberapa ide jualan makanan yang bisa Anda jajakan di pinggir jalan.

BACA JUGA  Tips Jualan Di Instagram Bagi Pemula

6. Gorengan

Jika kita bicara tentang jualan makanan yang cocok di pinggir jala, Maka gorengan adalah jenis makanan yang terlaris di pinggir jalan dan gorengan ya tidak dapat terlepas dari 3 serangkai yang paling populer ini, yakni pisang goreng, tahu bulet, dan bakwan. Makanan ini menjadi jamuan dalam tiap aktivitas, acara, atau sajian.

7. Bubur Kacang Hijau

Hampir semua kalangan menyukai makanan bubur kacang hijau dibandingkan bubur yang lain, hingga bubur kacang hijau sebagai bubur favorite. Disamping itu bubur kacang hijau mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan tinggi, dan proses pengerjaan bubur kacang hijau pun tidak susah.

8. Roti Bakar

Roti bakar sebagai usaha yang Sekarang ini telah banyak ditekuni. Usaha roti bakar ini bisa digerakkan bermodal kecil dan mempunyai potensi memperoleh keuntungan yang cukup besar. Tempat terbaik untuk jualan roti bakar ialah dipinggir jalan, wilayah dekat taman, dan tempat keramaian lain.

9. Martabak Manis dan Martabak Telur

Martabak sebagai makanan yang telah lama dikenali dan disukai oleh warga, makanan ini biasa berisi bermacam isian seperti kacang, mesis, keju dan lain lain.

Martabak telur dengan martabak manis, martabak telur ialah martabak yang dibikin berbahan dasar telur. Makanan ini umumnya dimakan dengan kuah, rasanya yang unik dan nikmat menjadi satu diantara pemicu makanan ini laku dipasaran.

10. Singkong Keju

Tipe usaha ini mungkin jarang-jarang dijalankan tetapi tidak berarti pecinta camilan ini sedikit. Konsumen setia singkong keju ini agak banyak dan bisa jadi sebagai kesempatan usaha, karena bahan yang sederhana dan proses pembuatannya cukuplah sederhana. Anda dapat membuat bermacam varian seperti rasa, singkong keju pedas, singkong keju cokelat, atau singkong keju varian Anda sendiri.

Ide Jualan Makanan Rumahan

Berikut ini adalah rekomendasi ide jualan makanan yang bisa Anda buka di rumah dengan modal kecil.

11. Jualan Nasi Uduk

Nasi uduk menjadi satu diantara jenis makanan yang paling dicintai banyak orang, khususnya mereka yang malas membuat menu makan pagi di dalam rumah. Nasi uduk mempunyai rasa yang unik dan dicintai banyak orang.

Ini pastinya menjadi kesempatan yang sangat baik untuk dijadikan sebagai ide jualan makanan rumahan. Kamu dapat jualan nasi uduk ini di depan rumah atau bahkan juga di rumah kamu sendiri.

BACA JUGA  10 Rekomendasi Jualan Makanan Yang Laku Setiap Hari

12. Bubur Sumsum

Bubur sumsum dapat menjadi salah satunya inspirasi usaha rumahan yang baik sekali. Banyak yang menyenangi olahan bubur sumsum ini. Rasanya yang manis bersatu dengan halusnya bubur sumsum jadi daya magnet tertentu.

Kamu dapat menawarkan berjualan bubur sumsum ini di halaman rumah. Beberapa tetangga akan tiba dan membeli. Apa lagi bila rumah kamu berada dari sisi jalan, bisa banyak orang yang singgah untuk beli bubur sumsum yang kamu jual.

13. Mie Ayam

Mie ayam sebagai jenis olahan mie yang digabung dengan toping swir ayam. Rasa yang manis dan mempunyai cita-rasa yang unik membuat sejumlah orang menyenangi nya. Makanan mie yang ini sering jadi buruan beberapa orang.

Berjualan mie ayam menjadi ide berjualan yang bagus. Karena menurut survei, Indonesia sebagai negara ke-2  paling besar sesudah Cina sebagai negara pengkonsumsi mie. Ini pasti akan bagus jiak Anda pakai sebagai ide jualan.

14. Telur Gulung

Telur Gulung umumnya jadi jajan beberapa anak sekolahan, tetapi walau banyak orang dewasa yang menyenangi nya loh. Rasa gurih telur bersatu dengan bumbu unik memberinya kesan dan rasa tertentu.

Telur gulung dapat menjadi satu diantara inspirasi usaha kulineran yang dapat diawali cukup dengan modal yang kecil. Kamu tidak memerlukan uang banyak cuman untuk mulai membuka usaha makanan. Karena usaha telur gulung ini tidak habiskan modal sampai 1 juta.

15. Basreng (Bakso Goreng)

Siapakah yang tidak mengenal dengan basreng atau baso goreng. Makanan dengan bahan baku bakso ini sebagai tipe makanan yang paling dekat dengan lidah orang Indonesia. Makanan ini dicintai oleh banyaknya orang.

Jualan basreng tidak memerlukan ruko untuk mulai jualan. Kamu mulai bisa berjualan basreng ini dari rumah saja. Kamu tidak memerlukan lokasi yang terlampau luas. Tetapi, walaupun dibuka dimulai dari rumah, usaha ini masih tetap jadi bisnis yang menggiurkan loh.

Penutup

Nah, itulah ide jualan makanan dengan modal kecil yang bisa kamu coba. Ide usaha di atas juga bisa kamu jalankan baik di kampung maupun saat sedang bulan puasa.

Kamu juga bisa berexperimen untuk membuat jajanan kekinian untuk di jual yang jelas pastikan makanan yang kamu jual itu sehat dan dengan bahan yang aman.

Kamu juga bisa berjualan makanan ditempat wisata yang di minati anak mudah agar jualan kamu menjadi yang terlaris di antara yang lainnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button