6 Ide Konten Instagram Bisnis Agar Penjualan Meningkat

1 min read

Ide Konten Instagram

Instagram tak lagi sekedar media sosial untuk memposting kegiatan sehari-hari penggunanya. Namun kini Instagram juga bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan bisnis yang sedang dijalankan. Mempromosikan bisnis melalui Instagram merupakan cara cepat untuk mendapatkan pasar yang lebih luas. Berikut ini ide konten Instagram bisnis yang bisa membantu meningkatkan penjualan.

Memanfaatkan Feed Instagram

Untuk ide konten Instagram bisnis yang pertama bisa memanfaatkan feed Instagram untuk menampilkan konten-konten menarik. Menampilkan feed Instagram yang rapi dan eye catching bisa menarik follower baru untuk mengikuti akun Instagram tersebut. Menggunakan feed Instagram sebagai media promosi, sebaiknya buatlah feed yang selaras dengan editing yang mencerminkan produk yang ditawarkan.

Namun meskipun sedang berjualan atau berbisnis, isi feed Instagram tidak harus melulu tentang produk jualan. Bisa juga mengkombinasikan dengan berbagai konten lain yang bisa menarik interaksi pengguna Instagram lain untuk melihat dan mengunjungi akun Instagram bisnis tersebut. Berikut ini beberapa ide konten feed Instagram yang bisa dicoba:

TRENDING:  Cara Berjualan Online Di Instagram Agar Cepat Laris

Baca Juga: Cara Jago Jualan di Instagram

1. Mengunggah Info Produk

Dalam bisnis tentu harus menampilkan info produk yang sedang ditawarkan. Karena untuk mengisi feed Instagram, maka sebaiknya buat tampilan yang menarik dengan editing yang unik yang bisa mencerminkan produk yang sedang ditawarkan. Tampilkan pula informasi pendukung lain yang berkaitan dengan produk tersebut, sehingga tidak hanya sekedar foto produk saja.

2. Foto/Video Tips and Trick

Untuk membuat bisnis semakin menarik pembeli, buatlah beberapa tips and trick yang berhubungan produk yang sedang dijual. Mengunggah konten semacam ini akan menarik minat pengguna Instagram, karena tidak hanya menjual produk namun juga memberikan edukasi dan solusi dari suatu permasalahan. Konten ini juga bisa termasuk dalam soft selling agar tidak melulu terlihat sedang berjualan.

TRENDING:  5 Manfaat Memiliki Banyak Followers Instagram

3. Membuat Polling atau QnA

Untuk meningkatkan interaksi, selain menampilkan produk, coba sesekali untuk memposting polling atau QnA untuk mengetahui minat dan kebutuhan konsumen. Menampilkan konten semacam ini akan membantu mengembangkan bisnis yang dijalankan. Selain itu dengan adanya QnA dapat membantu keresahan konsumen tentang produk yang sedang ditawarkan.

Memanfaatkan Reels Instagram

Fitur terbaru Instagram yang sedang banyak digunakan saat ini adalah reels. Sebab video reels Instagram mampu menjangkau market yang lebih luas. Penggunaan reels juga lebih mudah karena video yang diunggah tidak harus seestetik ketika diunggah di feed Instagram. Berikut ini beberapa ide konten bisnis yang bisa dilakukan melalui reel Instagram:

1. Membuat Video Behind the Scene

Dengan memanfaatkan reels Instagram, bisa digunakan untuk membuat video behind the scene dari bisnis yang dijalankan. Seperti proses pembuatan produk, pengemasan, pengiriman dan lain sebagainya. Dengan mengunggah video semacam ini konsumen bisa melihat proses dan kualitas dari produk yang akan dibeli.

TRENDING:  Tips Memulai Bisnis Online

2. Membuat Video Tutorial

Tak melulu menjual produk, coba sesekali untuk memberikan video tutorial penggunaan produk yang sedang dijual. Dengan demikian calon konsumen akan mengetahui kegunaan dan cara menggunakan produk tersebut, sehingga akan menarik rasa penasaran dan keinginan untuk membeli produk tersebut. Sisipkan review singkat mengenai produk tersebut akan membuat calon pembeli semakin percaya untuk membelinya.

3. Membuat Video yang Sedang Viral

Membuat video yang sedang viral dapat membuat produk yang ditawarkan juga semakin up di Instagram. Carilah tren yang sedang berkembang saat ini di Instagram. Kemudian buatlah video dan sisipkan produk yang relevan dengan tren viral tersebut.

Menggunakan Instagram sebagai media promosi dapat membantu meningkatkan penjualan ketika sedang menjalankan sebuah bisnis. Beberapa ide konten Instagram bisnis di atas bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan. Dengan mengetahui apa saya yang sedang tren dan minat konsumen saat ini dapat membantu untuk semakin mengembangkan bisnis yang dijalankan.